Agar Triplek Tahan Air, Ini Cara Jitunya!

Anda mungkin mempunyai beberapa perabotan yang terbuat dari triplek? Furniture berbahan triplek memang memiliki keunggulan yaitu harganya lebih murah dibandingkan furniture kayu. Anda sudah bisa mendapatkan furniture triplek yang berkualitas bagus dengan model terkini di kisaran Rp 300-500 ribuan. Inilah alasan utama mengapa ada begitu banyak orang yang sangat berminat terhadap furniture triplek meski sudah tahu kalau rawan rusak.

Tidak seperti furniture kayu, perabotan yang terbuat dari bahan triplek memang lebih cepat mengalami kerusakan. Musuh utamanya adalah air. Jika terkena air saja, bisa dipastikan kalau furniture tersebut akan menggelembung, mengelupas, dan akhirnya rusak. Bahkan  tingkat kelembaban yang terlalu tinggi bisa menjadi penyebab utama kerusakannya. Anda tentu tidak mau kan kalau furniture yang dibeli dari uang tabungan malah rusak cepat sekali?

agar-triplek-tahan-air.jpg

Sebenarnya ada satu langkah sederhana untuk membuat furniture berbahan triplek yang Anda miliki bisa lebih awet dan tidak cepat rusak. Kunci utamanya yaitu mengupayakan agar furniture tersebut bersifat lebih tahan air. Ingat, triplek paling tidak tahan dengan air. Namun jika Anda berhasil membuatnya menjadi lebih tahan air, maka dijamin usia pakainya bakal lebih lama. Furniture Anda tidak akan cepat rusak.

Di bawah ini upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk membuat triplek menjadi lebih tahan air!

Rendam di Dalam Oli Bekas

Oli bekas bisa Anda gunakan untuk mengawetkan kayu. Begitu pula dengan triplek, Anda bisa memanfaatkannya untuk memperkuat struktur kayu triplek. Oli bekas merupakan bahan pengawet kayu dan material turunannya yang paling murah. Bahkan Anda bisa mendapatkannya secara gratis di bengkel terdekat. Oli bekas yang sudah terkumpul lantas dipindahkan ke wadah yang berukuran lebar. Lantas rendam triplek di dalamnya selama 5-7 hari. Setelah itu, triplek yang masih basah bisa dijemur hingga kering. Setelah kering sempurna, Anda bisa menggunakan triplek tersebut.

Aplikasikan Dempul di Atasnya

Bahan dempul selain berguna untuk meratakan permukaan triplek juga dapat dipakai sebagai pelindung. Asalkan Anda mengaplikasikan dempul dengan lapisan yang cukup tebal, maka triplek menjadi lebih terlindungi. Di sini Anda bisa menggunakan dempul yang biasa dipakai untuk kayu. Terapkan dempul tersebut ke seluruh bagian triplek secara merata. Biasanya kita perlu menunggu sampai 1 jam supaya lapisan dempul ini mengering. Setelah itu, lakukan pengampelasan untuk meratakan permukaannya. Anda mungkin perlu mengaplikasikan dempul hingga 3-5 kali agar terbentuk lapisan yang rata dan rapi.

Oleskan Bahan Veneer

Anda juga bisa menggunakan veneer atau vernis untuk membuat triplek bersifat lebih tahan air. Manfaat lainnya adalah permukaan triplek menjadi tampak mengkilap jika diberi lapisan veneer di bagian atasnya. Veneer bisa dibeli di toko bangunan. Harganya cukup murah. Cara mengaplikasikannya kurang lebih sama seperti cat. Anda bisa memakai kuas, semprotan (spray gun), atau kain bola untuk mengaplikasikan bahan ini. Kami sarankan gunakan semprotan atau kain untuk menerapkan veneer ke permukaan triplek agar hasilnya lebih bagus. Dibutuhkan 2-3 lapisan veneer untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi Anda.