Agar Rumah Wangi, Bagaimana ya Caranya?

Siapa pun pasti berharap rumahnya wangi. Bukan wangi seperti di toko parfum ya, melainkan wangi alami dari udara yang bersih dan segar. Rumah juga bebas dari aroma yang tidak sedap. Cuma rumah kadang-kadang mengalami masalah. Misalnya sirkulasi udara yang tidak lancar, kondisi interiornya terlalu lembab, atap yang bocor, rembes pada dinding dan lantai, atau bau tidak sedap dari luar. Hal ini membuat suasananya menjadi tidak nyaman.

Anda tentu tak boleh ambil diam dengan suasana rumah yang berbau tidak sedap. Solusi yang jitu harus segera diambil untuk mengatasinya. Bukan hanya Anda sekeluarga yang merasa tidak nyaman berada di tempat yang berbau busuk, tetapi orang lain yang kebetulan sedang bertamu ke rumah Anda pun akan merasakannya pula. Akibatnya tidak ada orang yang betah berlama-lama tinggal di rumah Anda.

agar-rumah-wangi.jpg

Bagaimana ya caranya mengusir bau busuk tersebut dan menjadikan rumah Anda mempunyai aroma wangi?

Rutin Bersihkan Rumah

Apa penyebab rumah Anda berbau tidak sedap? Salah satunya yaitu banyaknya kuman dan bakteri yang ikut tinggal di dalamnya. Mikroorganisme ini juga mengeluarkan bau busuk. Karena jumlahnya sangat banyak, maka baunya pun tercium begitu tajam. Anda harus rutin membersihkan rumah untuk membasmi kuman dan bakteri ini. Berikan perhatian yang berlebih pada kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

Gunakan Produk Pembersih

Kita beruntung tinggal di zaman yang modern sebab sekarang sudah banyak produk pembersih kimia yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah secara efektif. Tidak hanya mampu membunuh kuman dan bakteri, tetapi produk-produk ini juga memiliki aroma wangi yang menyegarkan. Anda bisa memilih aroma jeruk nipis, lemon, cemara, atau apel. Silakan Anda bisa menggunakan produk semacam ini.

Bersihkan Kamar Mandi Setiap Saat

Sumber bau tidak sedap di rumah biasanya berasal dari kamar mandi. Entah itu karena lantai yang kotor, kloset tidak disiram, atau tumpukan pakaian-pakaian kotor. Semua ini akan menciptakan bau busuk yang sangat menyengat sehingga menyebar ke ruang-ruang yang lainnya. Maka dari itu, Anda harus memberikan perhatian penuh terhadap kondisi kamar mandi. Bila perlu, Anda bisa membersihkannya setiap saat.

Buanglah Sampah di Tempatnya

Biasakan untuk hidup bersih setiap saat. Dimulai dari yang kecil. Misalnya membuang sampah di tempatnya. Kami sarankan Anda menyiapkan beberapa tempat sampah untuk menampung sampah kering dan sampah basah. Anda bisa meletakkan tempat sampah kering di dalam rumah. Sedangkan tempat sampah basah wajib diletakkan jauh di luar rumah. Jangan pernah membuat sampah di sembarang tempat.

Bukalah Pintu dan Jendela

Suasana rumah yang lembab dapat menyebabkan aromanya tidak sedap. Kondisi ini biasanya disebabkan karena sirkulasi udara yang tidak lancar. Udara yang pengap akan mengakibatkan aroma rumah menjadi tidak segar. Anda harus mengatasinya dengan memperbaiki sirkulasi udara di dalam rumah. Salah satunya yaitu membuka pintu dan jendela agar udara bisa bergerak dengan lancar.

Pasang Kipas Angin

Anda juga bisa memanfaatkan kipas angin untuk membuat sirkulasi udara di rumah menjadi lancar. Tidak hanya suasananya menjadi sejuk, namun pergerakan udara juga akan membuat suasana rumah Anda lebih segar. Kami sarankan pakailah kipas angin yang dipasang di langit-langit. Anda dapat menggantungkannya di tengah-tengah ruangan. Nyalakan kipas ini untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan.

Pakailah Pewangi Ruangan

Saat ini juga sudah banyak tersedia produk khusus yang berguna sebagai pewangi ruangan. Asalkan memilihnya secara bijaksana, Anda tidak perlu takut memakainya. Sebab ada pula produk pewangi yang terbuat dari bahan-bahan yang bersifat ramah lingkungan serta aman untuk kesehatan. Anda bisa menggunakan pewangi ruangan yang bisa menyemprot sendiri secara otomatis agar hasilnya lebih maksimal.

Manfaatkan Bahan-bahan Alami

Jika Anda tetap tidak mau menggunakan pewangi ruangan kimia karena takut dengan efek sampingnya, maka Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami. Untungnya tanah di Indonesia begitu subur sehingga banyak flora yang tumbuh di sini. Dari sekian banyaknya tumbuh-tumbuhan yang ada, beberapa di antaranya memiliki aroma wangi yang menyegarkan. Contohnya seperti jeruk nipis, daun jeruk purut, bunga melati, daun pandan, batang sereh, dan lain-lain.

Tanam Tumbuh-tumbuhan

Pewangi yang paling ampuh mengusir bau tidak sedap yaitu udara segar yang dihasilkan oleh pepohonan. Udara ini begitu kaya akan kandungan oksigen sehingga aromanya begitu menyegarkan. Bisa jadi bau busuk yang ada di rumah Anda disebabkan minimnya kandungan oksigen di dalamnya. Oleh karena itu, Anda bisa menanami halaman depan dan belakang dengan tumbuh-tumbuhan. Pilihlah tanaman yang mampu mengeluarkan aroma wangi.

Bersihkan Selokan di Sekitar Rumah

Rumah selalu dilengkapi dengan selokan di sekitarnya. Selokan ini dibuat sebagai saluran air untuk mencegah terjadinya banjir. Air hujan atau air siraman akan mengalir melalui selokan ini lalu berlanjut ke sungai. Sayangnya sampah sering memenuhi selokan yang membuat alirannya menjadi terhambat. Kuman dan bakteri pun berkembang biak di sini yang mengakibatkan timbulnya bau tidak sedap. Anda harus rutin membersihkan selokan di sekitar rumah.