Agar Rumah Tidak Ada Lalat, Apa Rahasianya?

Rumah yang ideal tidak hanya aman dan nyaman, tapi juga bersih. Kondisi rumah yang bersih akan menjamin kesehatan para penghuni di dalamnya. Rumah yang bersih bebas dari kuman dan bakteri pembawa bibit penyakit. Anda sekeluarga pun bakal merasa lebih nyaman ketika tinggal di sini. Salah satu ciri-ciri rumah yang bersih yaitu tidak ada lalat. Baik itu lingkungan interior maupun eksterior rumah bebas dari lalat.

Mengapa keberadaan lalat bisa menjadi indikator bersih tidaknya suatu rumah? Karena lalat pada dasarnya hanya akan tinggal di tempat yang kotor. Tempat sampah, kandang binatang, dan tempat-tempat jorok lainnya banyak menyediakan kotoran yang merupakan makanan bagi lalat. Oleh sebab itu, lalat menyukai tempat seperti ini. Mereka bisa hinggap dan mencari makan sesuka hatinya. Setelah itu, lalat pun akan membuang kotorannya di mana-mana.

rumah-tidak-ada-lalat.jpg

Anda harus waspada terhadap keberadaan lalat di rumah. Jangan memandang remeh serangga yang satu ini. Walaupun ukuran tubuhnya cukup kecil, tetapi lalat bisa menyebabkan masalah besar. Seluruh makanan di rumah Anda bisa tercemar oleh kotoran akibat lalat yang hinggap di atasnya. Faktanya lalat memang tidak hanya memakan makanan saat dia hinggap, namun juga mengeluarkan kotoran dan telur-telurnya. Makanan Anda pun akan tercemar.

Perlawanan harus diberikan terhadap populasi lalat yang tinggal di rumah. Silakan Anda bisa mencoba kiat-kiat dari Arafuru.com di bawah ini!

Cara 1. Semprotkan Racun Pembasmi Serangga

Jika populasi lalat di rumah Anda sudah cukup banyak, Anda harus mengambil jurus jitu untuk melawannya. Tindakan alternatif saja tidak mampu membunuh lalat-lalat tersebut. Adapun tindakan pembasmian lalat yang kami sarankan yaitu pakailah racun pembasmi serangga untuk memusnahkan lalat di rumah. Produk semacam ini banyak tersedia di toko swalayan berupa semprotan pembasmi lalat, nyamuk, dan serangga. Semprotkanlah racun ini tepat ke arah kerumunan lalat. Lakukan secara berkala sampai seluruh lalat binasa.

Cara 2. Jagalah Kebersihan Tempat Sampah

Jagalah kondisi kebersihan rumah Anda dan lingkungan di sekitarnya, termasuk kondisi tempat sampah. Walaupun namanya tempat sampah, Anda tidak boleh membiarkan kondisinya jorok. Sebab banyaknya kotoran di tempat sampah ini akan mengundang lalat untuk datang. Hal ini mengakibatkan rumah Anda lambat laun dipenuhi oleh sampah. Jagalah kondisi kebersihan tempat sampah. Caranya yaitu gunakan tong sampah yang memiliki penutup yang rapat. Lalu pisahkan antara sampah organik dan sampah nonorganik.

Cara 3. Simpan Makanan dan Minuman di Tempat yang Aman

Disarankan untuk menyediakan lemari khusus untuk menyimpan makanan. Hindari menaruh makanan di meja makan atau rak tanpa penutup. Anda harus menyediakan lemari khusus yang berguna sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman. Lemari ini dilengkapi penutup dari kaca dan kawat kasa sehingga tidak ada serangga yang bisa masuk ke dalamnya. Jangan lupa untuk segera memindahkan kembali makanan/minuman ke dalam lemari ini setelah selesai. Buatlah lalat sulit mendapatkan makanan di rumah Anda.

Cara 4. Bersihkan Lantai Secara Rutin

Anda juga perlu menjaga kebersihan lantai setiap saat. Sebab lantai merupakan bagian rumah yang paling mudah kotor. Semua makanan dan minuman yang terjatuh akan mengotori lantai. Tanpa Anda sadari makanan/minuman serta bekasnya merupakan makanan yang sangat lezat bagi lalat. Jika kondisi lantai rumah Anda kotor, maka tak heran kalau banyak lalat yang betah tinggal di dalamnya. Ada begitu banyak makanan baginya. Anda harus mencegah kondisi ini terus berlanjut dengan rutin membersihkan lantai sampai ke bagian sudut-sudutnya.

Cara 5. Buatlah Kondisi Rumah dan Sekitarnya Kering

Serangga seperti lalat, nyamuk, dan kecoa paling suka tempat yang lembab. Mereka dengan mudah akan membuat sarang serta beranak-pinak dengan cepat. Bukan tidak mungkin kondisi rumah Anda dan lingkungannya yang lembab menjadi penyebab utama banyaknya lalat di sini. Guna mengatasinya, Anda harus membuat kondisi rumah lebih kering agar kelembabannya menurun. Bagaimana caranya? Mulailah dengan memperbaiki sirkulasi udara di dalam rumah, memaksimalkan sinar matahari yang masuk, dan memangkas pohon yang terlalu rimbun.

Cara 6. Tanam Tumbuh-tumbuhan Pemakan Serangga

Kalau Anda mempunyai hobi berkebun, Anda dapat menanam beberapa tumbuhan pemakan serangga sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan populasi lalat. Di antaranya yaitu tanaman kantong semar, kincir air, venus flytrap, sarracenia, butterwort, drosera, lilycobra, dan brocchinia reducta. Sesuai namanya, tumbuhan ini memang bersifat karnivora karena memakan serangga. Anda bisa membeli bibit tanamannya di www.tokotanaman.com dengan harga yang cukup terjangkau.

Cara 7. Pelihara Binatang Pemakan Lalat

Selain tumbuh-tumbuhan, Anda juga bisa meminta bantuan para binatang untuk memakan lalat yang kebetulan berada di rumah. Anda bisa mencoba memelihara bunglon. Yap, bunglon merupakan hewan yang dapat dipelihara untuk mengatasi lalat di rumah. Serangga ini akan menangkap semua lalat yang berada di sekitarnya, lalu memakannya. Pada akhirnya keberadaan di rumah justru berguna sebagai pakan tambahan bagi bunglon.