Agar Rumah Tidak Ada Kecoa, Pakai 11 Cara Ini!

Kecoa kerap menjadi masalah yang besar di rumah. Walaupun ukurannya kecil, tetapi serangga ini memang sangat menyeramkan. Apalagi wajahnya yang tak ubahnya seperti monster. Kecoa juga mempunyai kemampuan merayap dengan sangat cepat. Saat Anda berlari mungkin masih kalah cepat dengan pergerakan serangga ini. Faktanya kecoa merupakan binatang yang sangat tangguh. Bahkan ledakan bom nuklir sekali pun tidak mempan baginya.

Kecoa senang membuat sarang di rumah untuk mendapatkan makanan. Begitu banyak sampah yang bisa dimakan olehnya. Ditambah dengan suasana rumah yang aman, kecoa pun merasa betah tinggal di dalam rumah. Kemudian mereka membuat sarang serta beranak-pinak sampai jumlahnya semakin banyak. Tapi Anda tidak boleh membiarkan kecoa-kecoa ini. Sebab kecoa dapat menularkan penyakit dari kuman, bakteri, dan parasit yang dibawa olehnya.

rumah-tidak-ada-kecoa.jpg

Jika mau, Anda bisa mengusir kecoa-kecoa tersebut agar rumah Anda tidak ada serangga yang menjijikkan ini.

Cara 1. Bersihkan Rumah Anda

Semua serangga senang tinggal dan membuat sarang di tempat yang kotor. Apalagi jika tempat tersebut gelap, lembab, dan tersembunyi pasti banyak sekali serangga yang tinggal di sana. Jika tak mau rumah Anda menjadi sarang kecoa, Anda harus rajin membersihkannya. Bersihkan setiap sudut rumah tanpa terkecuali. Khususnya di dapur yang sering menjadi sarang kecoa akibat banyaknya bahan makanan di sini. Jagalah kebersihan rumah.

Cara 2. Buanglah Sampah di Tempatnya

Jangan biarkan kecoa mendapatkan makanan di dalam rumah Anda. Serangga ini biasanya mengambil sampah yang berserakan di lantai. Dia memungutinya, lalu memakannya sampai habis. Walaupun ukuran sampah tersebut terlihat kecil bagi Anda, namun tidak demikian bagi kecoa. Kecoa akan memakan sampah sekecil apapun demi mengenyangkan perutnya. Jadi Anda harus membuang semua sampah di tempatnya. Gunakan tong sampah yang tertutup supaya kecoa tidak bisa memasukinya.

Cara 3. Simpan Makanan di Rak Tertutup

Sekali lagi kami ingatkan jangan biarkan kecoa mendapatkan makanan. Buatlah serangga ini merasa kesulitan mendapatkan makanan saat berada di rumah Anda. Salah satunya dengan tidak menyimpan makanan di meja makan, lalu menutupinya memakai tudung saji. Cara ini hanya akan mencegah lalat menyentuh makanan Anda. Tetapi kecoa masih bisa memasukinya. Lupakan cara tradisional dalam menyimpan makanan ini. Anda sebaiknya menggunakan rak makan khusus yang tertutup rapat.

Cara 4. Pastikan Rumah Tidak Lembab

Kecoa sangat menyukai tempat yang lembab. Dapur, kamar mandi, area di belakang lemari, dan tempat-tempat lembab lainnya paling disukai oleh serangga yang satu ini sebagai sarang. Bisa dibilang kalau kecoa hanya mau membuat sarang di ruangan yang memiliki kelembaban udara yang cukup tinggi. Sebab kenyataannya serangga ini tidak bisa bertahan hidup di tempat yang kering dan panas. Jadi Anda harus mengupayakan agar kondisi rumah tidak terlalu lembab. Silakan ikuti saran-saran kami di artikel sebelumnya.

Cara 5. Buat Suasana Rumah Terang Benderang

Kecoa juga tidak suka dengan tempat yang terang loh. Dia merasa terancam kalau berada di tempat yang terang. Serangga ini akan selalu mencari tempat yang gelap untuk bersembunyi. Ruangan yang gelap merupakan tempat paling nyaman baginya. Itu sebabnya, kami sarankan Anda untuk menata kembali rumah supaya suasananya tidak terlalu gelap. Buatlah kondisi rumah Anda menjadi terang benderang. Tidak perlu harus menggunakan lampu, sebab ada berbagai trik yang bisa coba untuk membuat rumah lebih terang tanpa lampu.

Cara 6. Bersihkan Area yang Tersembunyi

Area yang tersembunyi merupakan tempat paling nyaman bagi kecoa untuk membuat sarang. Sebab di area ini, kecoa-kecoa tersebut bisa tinggal dengan aman tanpa takut diserang oleh predatornya. Jika tidak percaya, Anda bisa mencoba membongkar sendiri tempat-tempat yang tersembunyi di dalam rumah. Contohnya yaitu area di belakang dan bawah lemari, bagian atas plafon, area di bawah tempat tidur, dan lain-lain. Tempat-tempat ini sebaiknya dibersihkan lebih sering agar tidak menjadi sarang kecoa.

Cara 7. Rapikan Gudang di Rumah

Kalau rumah Anda mempunyai gudang, Anda harus rutin membersihkan gudang tersebut. Paling tidak setiap 2-3 minggu, Anda harus membersihkan bagian dalamnya dan merapikan barang-barang yang ada di sini. Karena jika tidak, gudang pasti menjadi sarang kecoa. Gudang merupakan tempat yang paling ideal bagi kecoa karena kondisinya gelap, lembab, sepi, dan jarang dilalui manusia. Anda harus mencegah gudang menjadi sarang kecoa dengan rutin membersihkannya.

Cara 8. Semprotkan Racun Pembunuh Kecoa

Upaya pencegahan saja tidak akan berhasil apabila rumah Anda sudah menjadi sarang kecoa. Anda harus melakukan upaya yang lebih serius. Salah satunya memanfaatkan racun pembunuh kecoa yang terbuat dari bahan kimia. Produk semacam ini sudah banyak dijual di warung atau toko swalayan. Biasanya produk tersebut juga bisa dipakai untuk membasmi nyamuk dan lalat. Anda cukup menyemprotkan racun ini di area yang diduga sebagai sarang kecoa. Pasti kecoa-kecoa yang terkena semprotannya seketika akan mati.

Cara 9. Letakkan Kapur Barus di Lemari

Kecoa juga senang bersarang di lemari pakaian. Hal ini karena suasana di dalam lemari begitu gelap dan cukup lembab. Apalagi kecoa pun dapat bersembunyi di antara pakaian-pakaian Anda sehingga dia merasa nyaman. Jangan biarkan kecoa-kecoa bersarang di lemari pakaian. Sebab kecoa tersebut suka memakan kain sehingga membuat pakaian Anda berlubang-lubang. Begitu pula kotorannya yang jatuh di pakaian akan meninggalkan noda hitam. Anda bisa mencegah kecoa agar tidak bersarang di lemari pakaian dengan meletakkan beberapa kapur barus.

Cara 10. Pakailah Bahan-bahan Alami

Jikalau Anda tidak mau menggunakan racun pembunuh kecoa karena khawatir dengan efek samping yang ditimbulkannya, maka Anda bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami yang berguna untuk mengusir kecoa. Kenyataannya ada loh bahan-bahan alami yang tidak disukai oleh kecoa. Misalnya lada putih, cabai, batang sereh, daun sirih, dan cengkih. Untuk menggunakannya, Anda cukup memotong bahan-bahan ini lalu taburkan di tempat yang banyak kecoanya.

Cara 11. Manfaatkan Kecoa sebagai Pakan

Ternyata kecoa pun bisa berguna bagi kita loh. Kita bisa memanfaatkan kecoa tersebut sebagai pakan bagi binatang-binatang peliharaan kita. Biasanya burung, ayam, ikan predator, dan kura-kura doyan memakan kecoa. Lumayan banget kan. Anda bisa menghemat anggaran untuk membeli pakan bagi binatang peliharaan tersebut dengan menyelinginya memakai kecoa. Cobalah cari kecoa di tempat-tempat yang tersembunyi. Setelah ketemu, segera pukul memakai sapu lidi. Kemudian kecoa tadi bisa langsung diberikan kepada binatang peliharaan Anda.