Agar Rumah Kecil Terlihat Luas, Pakai 8 Trik Ini!

Nyaman tidaknya suatu rumah tidak ditentukan oleh ukuran rumah tersebut sepenuhnya. Sebab rumah yang kecil pun bisa terasa nyaman asalkan Anda mengetahui bagaimana cara menatanya dengan benar. Ukuran hanyalah persepsi. Kita dapat menciptakan rumah yang nyaman tanpa terhalangi oleh ukurannya. Rumah yang kecil bisa terlihat lebih luas dari ukuran yang sebenarnya. Inilah yang akan kita bahas kali ini.

Untuk membuat rumah kecil agar terlihat luas, kita akan memanfaatkan trik-trik memanipulasi mata. Memang bisa ya? Bisa banget! Faktanya mata kita memang bukan indera penglihatan yang sempurna. Penglihatan mata masih bisa diperdayai sehingga melihat sesuatu seolah-olah lebih besar, lebih panjang, atau lebih luas dari ukuran yang sebenarnya. Kelemahan mata inilah yang akan kita manfaatkan untuk membuat rumah kecil terlihat luas.

rumah-kecil-terlihat-luas.jpg

Berikut ini beberapa tips dan trik yang patut Anda coba!

Gunakan Cat Dinding Berwarna Cerah

Trik yang paling mudah untuk memanipulasi rumah kecil agar tampak luas yaitu menggunakan cat dinding yang berwarna cerah. Warna cerah akan membuat suatu ruangan terlihat lebih luas dari ukuran aslinya. Jika rumah Anda saat ini berwarna gelap, sebaiknya Anda segera ganti warna rumah tersebut. Gunakan warna-warna yang cerah. Contohnya seperti putih, krem, biru  laut, kuning, jingga muda, hijau pupus, pink pastel, dan masih banyak lagi.

Pasang Wallpaper Motif Garis Horizontal

Jika Anda ingin rumah tampak lebih unik dan berbeda, Anda bisa menggunakan wallpaper. Pemasangan wallpaper akan membuat rumah Anda tampak lebih berkelas. Berhubung rumah Anda ukurannya cukup kecil, Anda harus memilih wallpaper yang dapat menciptakan kesan luas di dalamnya. Kami sarankan pilihlah wallpaper dengan motif garis-garis yang membujur (horizontal). Garis-garis ini sanggup memanipulasi mata kita.

Pilih Lantai dengan Motif Garis-garis

Senada dengan pemilihan wallpaper, penggunaan lantai dengan motif garis-garis juga mampu membuat rumah Anda terlihat seolah-olah lebih luas dari ukuran aslinya. Kemudian pasanglah lantai tersebut dengan memosisikan garis-garisnya membujur yaitu kanan ke kiri, bukan depan ke belakang. Usahakan juga pilihlah lantai yang berwarna cerah dan permukaannya mengkilap. Jangan gunakan lantai yang berwarna gelap atau permukaannya doff.

Buatlah Plafon Lebih Tinggi

Satu-satunya kendala rumah yang kecil yaitu kita tidak bisa memperluas ukuran rumah secara nyata. Namun di sisi lain kita tetap bisa meninggikan ukurannya sesuka hati. Dengan membuat rumah lebih tinggi daripada ukuran normalnya, maka kita bisa menghadirkan kesan rumah yang lebih besar. Triknya yaitu Anda bisa membangun plafon dengan posisi yang lebih tinggi. Jika normalnya ketinggian plafon berkisar antara 3-3,5 meter. Anda bisa membuat plafon lebih dari 4 meter untuk menciptakan kesan rumah yang lebih lega.

Belilah Furniture Custom dan Multifungsi

Bagi rumah yang ukurannya kecil, tidak disarankan memakai furniture yang umum dijual di pasaran. Sebab pada dasarnya furniture tersebut dibuat untuk rumah yang berukuran besar. Jika Anda memaksakan diri tetap menggunakannya, interior rumah Anda akan terlihat seperti gudang yang dipenuhi oleh perabotan berukuran besar. Disarankan buatlah furniture custom dengan memperhatikan ukuran rumah Anda sendiri. Sebisa mungkin setiap furniture harus bersifat multifungsi sehingga Anda tidak perlu memasukkan terlalu banyak furniture.

Jangan Gunakan Banyak Partisi

Biarlah interior rumah Anda tetap menyatu. Penyatuan akan membuat ruangan terasa luas. Sementara ruangan yang memiliki banyak partisi akan terasa lebih sempit. Hindari memasang terlalu banyak partisi untuk membagi-bagi fungsi setiap ruangan. Buatlah ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur dengan konsep yang terbuka. Ruangan-ruangan ini tidak perlu dipisahkan memakai partisi. Sedangkan untuk kamar tidur dan kamar mandi tentu memerlukan partisi untuk menjaga privasi di dalamnya.

Manfaatkan Kaca dan Cermin

Jangan lupakan kaca dan cermin pada saat Anda menata rumah yang ukurannya kecil. Sebab kedua benda ini terbukti sangat ampuh membuat ruangan terlihat lebih luas daripada ukuran yang sebenarnya. Kaca akan membuat ruangan yang terpisah tetap menjadi satu. Sifatnya yang transparan mampu meniadakan pembatasan dalam ruangan. Rumah pun terlihat lebih luas karena seolah-olah tidak ada batasannya. Sedangkan cermin dapat digunakan untuk menggandakan ukuran ruangan lewat pantulan yang dihasilkannya.

Buatlah Ruangan Terang-Benderang

Interior rumah yang terang juga akan terlihat lebih luas daripada rumah yang gelap. Di sini Anda bisa memanfaatkan teknik pencahayaan secara menyebar. Jangan gunakan hanya satu lampu untuk setiap ruangan. Anda bisa memasang beberapa lampu sehingga cahaya di ruang tersebut merasa ke seluruh bagian, tidak hanya terfokus di satu titik saja. Manfaatkan juga cahaya alami dari sinar matahari dengan membuat jendela kaca semaksimal mungkin.