Agar Genteng Metal Tidak Berisik, Ini Solusinya!

Kini semakin banyak alternatif material penutup rumah yang dapat digunakan. Tak hanya atap tanah liat saja, tetapi banyak pula bahan lain yang digunakan untuk membuat atap. Contohnya yaitu genteng metal. Genteng metal memakai logam sebagai bahan bakunya. Metal memiliki sifat utama yaitu kuat dan keras. Bahan ini merupakan konduktor yang sangat baik. Metal bisa menghantarkan panas, suara, dan listrik dengan baik.

Maka tak heran, rumah yang menggunakan genteng metal biasanya akan mengalami masalah terkait dengan suhu interior yang terlalu panas atau bahkan kondisinya yang terlalu berisik. Sebab memang genteng ini mudah sekali dalam menghantarkan panas dan suara. Tinggal di dalam rumah yang berisik tentu tidak akan terasa nyaman. Anda akan susah mendapatkan ketenangan karena selalu terganggu dengan suara-suara dari luar.

genteng-metal-tidak-berisik.jpg

Masalah genteng metal yang berisik ini akan terasa semakin mengganggu ketika sedang turun hujan. Suara tetesan air di atas permukaan genteng ini bakal terdengar berisik sekali. Bahkan karena saking berisiknya, suara Anda tidak bisa terdengar oleh orang lain. Anda harus berteriak dengan kencang kalau ingin berbicara ketika sedang hujan. Anda pun merasa sangat terganggu dengan keadaan ini. Lantas, bagaimana solusinya ya?

Anda bisa memakai bahan peredam suara khusus atap untuk mengatasi permasalahan ini. Kini ada begitu banyak produk yang berfungsi sebagai bahan peredam yang dijual di pasar. Anda bisa membelinya untuk mengatasi genteng metal di rumah yang berisik. Dengan menggunakan bahan peredam ini, air hujan tidak langsung menetes mengenai permukaan genteng metal. Tapi tetesan air hujan tersebut akan mengenai bahan peredam yang berada di atas permukaan genteng. Hasilnya, genteng pun tidak akan mengeluarkan suara berisik lagi.

bahan-peredam-suara-genteng.jpg

Pada umumnya bahan peredam suara khusus untuk atap rumah terbuat dari bahan yang tahan terhadap sinar matahari dan air hujan. Bentuknya berupa lembaran-lembaran yang cukup luas sehingga memudahkan Anda dalam memasangnya. Jika diperhatikan dengan baik, Anda akan melihat bahwa lembaran bahan peredam ini sebenarnya tersusun atas beberapa material yang berbentuk heksagonal kecil yang saling tersambung, menyatu menjadi satu kesatuan.

Material peredam suara untuk atap juga sebenarnya memiliki bentuk yang menggelembung. Material tersebut terdiri dari dua lapisan yang menyatu dengan bagian kosong di dalamnya. Tujuan dari bentuk ini yaitu memaksimalkan fungsi peredaman suara dari bahan tersebut. Jadi selain bahan bakunya yang memang menggunakan material yang dapat menghambat aliran gelombang suara, desain bahan peredam suara ini pun sengaja dibuat menggelembung sehingga gelombang suara pun sulit melaluinya.

Sehingga tak mengherankan kalau bahan peredam suara khusus genteng ini mempunyai fungsi dan peranan yang baik. Bahan ini benar-benar terbukti dapat meredam suara bising dari luar. Bukan hanya suara dari aktivitas manusia dan lalu lalang kendaraan saja, bahkan suara tetesan air hujan pun nyaris tidak terdengar sama sekali. Pantas saja, beberapa studio musik pun lebih memilih menggunakan bahan peredam ini. Peredam ini dipasang di lantai dan dinding ruangan lalu ditutup menggunakan karpet atau wallpaper untuk menjaga estetikanya.