Agar Cat Kayu Mengkilap dan Berkilau

Kami tebak sebagian besar perabotan di rumah Anda pasti terbuat dari bahan kayu, iya kan? Kayu memang material yang paling diminati untuk dibuat menjadi furniture seperti lemari, meja, kursi, dan sebagainya. Karena furniture kayu mempunyai tampilan yang fleksibel dan mudah dipadupadankan dengan berbagai elemen desain lainnya. Beruntung sekali kita tinggal di Indonesia, di mana harga kayu di sini terbilang cukup murah.

Untuk membuatnya tampak indah sekaligus melindunginya, Anda bisa mengecat furnitur kayu. Tentu Anda membutuhkan cat kayu khusus untuk keperluan mengecat kayu. Produk cat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko bangunan. Harganya bervariasi tergantung ukuran, jenis, dan kualitasnya. Biasanya sih orang-orang akan memilih cat yang berjenis glossy. Cat ini akan memberikan tampilan mengkilap pada permukaan kayu.

mengecat-kayu-agar-mengkilap.jpg

Proses mengecat kayu sebenarnya merupakan pekerjaan yang mudah. Sayangnya banyak orang yang enggan melakukannya sendiri karena takut hasil akhirnya tidak bagus. Kendala yang sering dihadapi yaitu hasil pengecatan yang tak rapi serta furniture yang tidak mengkilap seperti hasil pekerjaannya para ahli. Inilah mengapa banyak orang yang lantas meminta bantuan tenaga ahli daripada mengerjakannya sendiri.

Masalah cat kayu yang tidak mengkilap bisa diatasi menggunakan solusi berikut ini :

  1. Pastikan Anda Membeli Cat Jenis Glossy

Pada saat membeli cat di toko bangunan, Anda jangan cuma bilang ke penjualnya ingin membeli cat kayu. Tetapi sebutkan pula bahwa Anda ingin membeli cat kayu yang berjenis glossy. Secara garis besar, ada 2 jenis cat kayu yang biasa dijual di toko bangunan yaitu cat glossy dan cat doff/matte. Jika tampilan mengkilap yang Anda butuhkan, maka cat glossy adalah pilihan yang tepat.

  1. Haluskan Permukaan Furniture Kayu

Menghaluskan permukaan kayu, termasuk memperbaiki lubang-lubang kecil yang ada, merupakan bagian dari proses pengecatan yang tidak dapat ditinggalkan. Sebab upaya ini juga berguna untuk menyempurnakan hasil akhir dari cat yang Anda terapkan pada permukaan furniture. Perabotan dengan kontur permukaan yang halus mampu menyerap cat secara maksimal sehingga hasil akhirnya benar-benar sesuai harapan.

  1. Gunakan Spray Gun untuk Pengecatan

Proses pengecatan sebenarnya paling bagus dilakukan menggunakan spray gun. Alat ini memungkinkan Anda mendapatkan hasil pengecatan yang rapi dan bersih. Tapi kami menyadari bahwa dibutuhkan keahlian khusus untuk mengoperasikan spray gun. Harganya yang cukup mahal juga menyebabkan jarang sekali yang memiliki alat ini. Selain itu, spray gun dapat menyebabkan pemborosan cat.

  1. Kuaskan Cat dengan Lapisan Sangat Tipis

Cat kayu juga bisa diaplikasikan menggunakan kuas. Apabila Anda memilih cara ini, jangan lupa untuk menerapkan cat dengan lapisan yang tipis sekali. Semakin tipis lapisan cat yang Anda buat, hasilnya akan semakin rapi. Hal ini juga akan membuat hasil akhirnya tampak sempurna serta tidak belang-belang. Nantinya kita membutuhkan 3-5 kali lapisan untuk mengeluarkan warna asli catnya.

  1. Berikan Finishing dengan Pernis

Anda mungkin sudah terlanjur melakukan kesalahan saat mengecat furniture kayu? Atau Anda salah dalam membeli jenis cat kayu? Tenang saja. Anda masih dapat membuat tampilannya mengkilap. Di sini Anda memerlukan bahan tambahan yaitu pernis atau vernis. Anda bisa membeli pernis yang berwarna clear yaitu bening bersih. Selanjutnya terapkan pernis tersebut memakai kuas atau kain.