8 Cara Terampuh agar Rumah Aman dan Bebas dari Ular

Fungsi utama rumah adalah sebagai tempat untuk berlindung dari segala marabahaya yang ada di lingkungan luar. Cuma di sini Anda bisa mendapatkan perasaan aman yang begitu kuat. Keamanan Anda sekeluarga benar-benar terjamin ketika berada di dalam rumah. Termasuk risiko dari serangan ular pun nyaris tak ada. Kami katakan nyaris tidak ada karena sebenarnya Anda masih dapat diserang oleh ular yang berhasil memasuki rumah.

Banyak orang yang merasa takut terhadap ular. Hal ini tidak terlepas dari perilaku ular yang memang dapat menyerang manusia. Bukan cuma menggigit atau melilitkan tubuhnya, tetapi ular pun dapat menyuntikkan racun yang sangat mematikan. Bahkan beberapa jenis ular juga bisa memakan manusia dalam kondisi bulat-bulat. Oleh sebab itu, binatang melata yang satu ini sudah semestinya harus Anda waspadai. Jangan sampai deh ada ular di dalam rumah.

agar-rumah-aman-dari-ular.jpg

Untuk memastikan rumah Anda tidak ada ularnya, Anda bisa menerapkan kiat-kiat di bawah ini!

  1. Usirlah Semua Tikus dari Rumah

Ular memasuki rumah Anda karena ingin mencari makanan. Apa makanannya? Yakni tikus yang tinggal di dalam rumah Anda. Tikus-tikus tersebut menarik perhatian ular untuk nekat memasuki rumah walaupun jalurnya cukup sulit dilewati. Nah, supaya tak ada lagi ular yang tertarik memasuki rumah, tugas Anda yang pertama yaitu mengusir semua tikus tersebut. Silakan ikuti kiat-kiat dari kami pada artikel sebelumnya.

  1. Pelihara Binatang Premangsa Ular

Anda juga harus menakut-nakuti ular supaya tidak berani memasuki rumah. Caranya yaitu peliharalah binatang yang menjadi predator bagi ular. Ada cukup banyak hewan yang secara alami memangsa ular. Di antaranya yaitu burung elang, burung hantu, kucing, musang, hingga anjing. Anda bisa memelihara binatang-binatang ini. Berikan makan secukupnya agar insting memburu ularnya tetap terjaga.

  1. Tutup Semua Celah dan Lubang

Pastikan ular tidak dapat memasuki rumah Anda. Caranya dengan menutup semua lubang atau celah-celah yang ada di rumah. Lubang ini akan menjadi jalan masuk bagi ular. Contohnya antara lain lubang ventilasi udara, lubang saluran pembuangan air, serta lubang pembuangan asap. Tentu lubang-lubang tersebut tak boleh ditutup rapat karena Anda masih membutuhkannya. Tutup saja lubang ini memakai kawat ram agar ular tidak bisa melintasinya.

  1. Bangun Pagar Pelindung Rumah

Fungsi pagar tidak hanya sebagai pelindung rumah dari pencuri saja, melainkan hewan buas pun bisa dicegah agar tidak memasuki rumah menggunakan pagar ini. Hendaknya Anda membangun pagar yang memenuhi kaidah-kaidah yang direkomendasikan agar funginya maksimal. Buatlah pagar yang kokoh, aman, dan tidak dapat dipanjati oleh ular. Anda bisa membangun pagar yang cukup tinggi yang dilengkapi kawat berduri.

  1. Manfaatkan Racun Khusus Ular

Ular merupakan binatang yang cukup sulit diracuni sebab mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam mendeteksi bahan makanan yang aman baginya. Untungnya saat ini sudah tersedia racun yang diramu secara khusus untuk meracuni ular. Anda bisa menggunakan racun tersebut untuk membinasakan semua ular yang terlihat kerap berkeliaran di sekitar rumah Anda.

  1. Tanam Tumbuhan Pengusir Ular

Cara mengusir ular yang alami adalah menanam tumbuh-tumbuhan yang ditakuti oleh ular. Tanaman yang mempunyai duri atau daun yang tajam sangat ditakuti oleh ular sebab bisa melukai tubuhnya. Tak ada ular yang berani berkeliaran di sekitar tanaman tersebut. Kalau pun dia memaksakan diri, maka tubuhnya akan penuh dengan luka. Silakan Anda menanam tumbuh-tumbuhan ini mengelilingi rumah tepat di belakang pagar.

  1. Jagalah Rumput di Halaman

Jangan biarkan ular membuat sarangnya di pekarangan rumah Anda. Biasanya hewan melata ini membuat sarang di antara rerumputan yang rimbun. Dia akan merasa aman dan nyaman berada di tempat yang rimbun dan tertutup ini. Untuk mencegah ular membangun sarang di halaman, Anda harus rajin merapikan rumput yang tumbuh di taman. Boleh-boleh saja Anda memelihara rumput tersebut. Namun pangkaslah secara berkala agar nampak rapi dan tidak menjadi sarang ular.

  1. Rapikan Pohon secara Berkala

Selain rumput, Anda juga perlu menjaga postur pepohonan yang tumbuh di rumah. Caranya yaitu melakukan pemangkasan secara berkala. Tanaman memang harus dipangkas supaya tidak terlalu rimbun dan tidak menjadi sarang hama. Selain itu, pemangkasan juga berguna untuk merangsang pertumbuhan tanaman tersebut agar semakin subur serta memiliki produktivitas yang tinggi dalam menghasilkan buah.