Solusi
Mar29

8 Cara Menghilangkan Rayap di Lemari Pakaian

Bagaimana cara menghilangkan rayap di lemari pakaian? Kami tebak sebagian besar lemari yang Anda miliki dibuat dari bahan kayu. Lemari kayu memang mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan material lainnya. Selain dari pesona alami yang dipancarkannya, lemari ini juga begitu kuat, kokoh, dan tangguh. Maka tak heran kalau ada banyak sekali orang yang lebih memilih membeli lemari kayu daripada lemari berbahan baku material lainnya.

Akan tetapi, lemari pakaian dari kayu rentan sekali terhadap serangan rayap. Gangguan dari serangga kecil ini bahkan mampu membuat lemari Anda seketika hancur akibat keropos. Rayap senang menggerogoti kayu untuk memperoleh makanannya berupa selulosa. Serangannya berlangsung secara perlahan-lahan tetapi begitu masif. Tanpa terasa serangan rayap yang semula sempit kian meluas sehingga mengakibatkan lemari Anda tidak kokoh lagi.

menghilangkan-rayap-di-lemari-pakaian.jpg

Rayap yang menyerang lemari pakaian wajib ditangani setepat mungkin. Jangan biarkan rayap-rayap ini berpesta ria menyerang lemari pakaian kepunyaan Anda. Lakukan upaya pencegahan semaksimal mungkin guna menghilangkan semua rayap tersebut agar lemari Anda tidak rusak. Anda bisa mencoba melakukan beberapa cara supaya rayap-rayap ini hilang tak bersisa. Kami berikan panduan serta tips dan triknya khusus untuk Anda.

Cara 1. Menggunakan Asam Boran

Asam boran adalah bahan kimia yang biasa digunakan sebagai bahan baku obat pembasmi serangga. Anda bisa membelinya di toko kimia terdekat. Oleh karena itu, asam boran sangat ampuh dipakai untuk membasmi rayap. Anda bisa memasukkan asam boran ke dalam botol semprotan agar mudah digunakan. Untuk mengaplikasikannya, Anda cukup menyemprotkan cairan ini tepat ke arah lokasi sarang rayap.

Cara 2. Menyetel Suhu Dingin

Rayap sebenarnya hanya bisa bertahan hidup di tempat yang lembab. Serangga ini tidak tahan kalau harus dipaksa tinggal di tempat yang kondisinya ekstrem seperti ruangan yang terlalu dingin. Jadi Anda bisa memanfaatkan AC untuk mengatasi serangan rayap. Cukup Anda atur saja suhu perangkat pendingin ini ke angka yang paling kecil. Niscaya rayap yang tinggal pada lemari di ruangan yang sangat dingin tadi bakal mati.

Cara 3. Memakai Garam Dapur

Garam dapur ternyata efektif juga loh dimanfaatkan untuk menghilangkan rayap. Bumbu yang terasa asin ini mampu menyebabkan rayap seketika lemas dan mati. Anda hanya perlu mencampurkan semangkuk garam dan setengah liter air bersih. Kemudian aduklah sampai tercampur rata. Cairan garam inilah yang selanjutnya dapat Anda siramkan ke sarang rayap hingga semua koloni yang tinggal di dalamnya musnah tak tersisa.

Cara 4. Memanaskan dengan Matahari

Ingat bahwa rayap sebenarnya termasuk serangga yang sangat lemah. Daya tahannya buruk sekali sehingga tidak tahan terhadap kondisi suhu yang ekstrem. Begitu pula dengan cahaya matahari, rayap akan langsung mati apabila terus diterpa sinar mentari secara langsung yang sangat panas ini. Anda hanya perlu memindahkan lemari pakaian yang terserang rayap tadi ke tempat terbuka untuk menjemurnya selama 3-5 hari.

Cara 5. Manfaatkan Air Tembakau

Tembakau mengandung nikotin yang bersifat racun. Racun inilah yang juga dapat Anda pakai untuk meracuni rayap-rayap di lemari supaya mati. Air rendaman daun tembakau sangat ampuh membunuh serangga dalam waktu yang singkat. Cobalah rendam segenggam daun tembakau kering di dalam semangkuk air hangat selama 8-10 jam. Lalu buang ampasnya. Air rendaman ini lantas bisa Anda masukkan ke botol semprotan.

Cara 6. Mengandalkan Kapur Sirih

Kapur sirih biasa digunakan sebagai salah satu bahan pokok untuk menginang. Kapur sirih memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjadi pembasmi serangga-serangga pengganggu, termasuk rayap. Cara menggunakan kapur sirih sebagai penghilang rayap yaitu Anda perlu menumbuknya terlebih dahulu hingga berubah menjadi serbuk. Barulah kemudian serbuk kapur sirih ini bisa ditaburkan ke dalam sarang rayap.

Cara 7. Menggunakan Kapur Ajaib

Dinamakan sebagai kapur ajaib karena kapur ini berbeda dengan kapur-kapur kebanyakan. Jika biasanya kapur berfungsi sebagai alat tulis, tetapi lain halnya dengan kapur ajaib. Kapur ajaib mempunyai manfaat sebagai insektisida terutama untuk membasmi serangga-serangga kecil seperi semut, rayap, dan kecoa. Caranya masih sama seperti di atas. Anda harus menumbuk kapur ajaib supaya menjadi bubuk, lalu menaburkannya ke seluruh sarang rayap.

Cara 8. Menyuntikkan Racun Rayap

Saat ini sudah ditemukan racun rayap dengan berbagai merek. Biasanya racun ini berbentuk alat injeksi. Sehingga nantinya Anda menggunakan racun tersebut dengan jalan menyuntikkan ke dalam kayu. Maka secara otomatis, racun ini pun akan menyebar luas di dalam pori-pori kayu. Rayap yang sudah terlanjur memakan kayu tersebut akan langsung mati. Sedangkan rayap lainnya akan menjauhi lemari kayu yang sudah beracun ini.