6 Tips agar Jendela Tidak Tembus Pandang

Jendela menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah rumah. Jendela berfungsi sebagai jalur keluar masuknya udara serta sarana bagi sinar matahari agar bisa memasuki rumah. Oleh sebab itu, rumah yang dilengkapi dengan memadai mempunyai suasana yang nyaman. Kondisi interiornya tampak terang dengan udara yang menyegarkan. Rumah juga tidak terlalu lembab karena sirkulasi udara di dalamnya dapat bergerak secara lancar.

Pada dasarnya, jendela dibuat menggunakan kaca dan kayu. Kaca yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran tertentu ini lantas dibingkai menggunakan kayu di sisi-sisinya. Setelah itu, jendela tersebut dipasang pada kusen. Kaca dipilih bukan tanpa alasan. Sifat kaca yang mampu meneruskan cahaya dengan baik menjadi pertimbangan utamanya. Pemakaian jendela kaca akan mengoptimalkan sinar matahari yang masuk. Penghuni rumah pun bisa melihat kondisi luar melalui jendela tadi.

jendela-tidak-tembus-pandang.jpg

Sayangnya karakteristik utama kaca yang berwarna bening ini di sisi lain juga menimbulkan permasalahan tersendiri. Salah satunya yaitu privasi rumah menjadi tidak terjaga dengan baik. Orang-orang di luar bisa melihat kondisi interior dengan mudah melalui jendela kaca yang transparan. Hal ini tentu membuat perasaan Anda menjadi tidak nyaman. Anda menjadi resah sendiri kalau ada seseorang yang mencoba mengintip dari jendela.

Tapi tenang, Anda tetap bisa membuat jendela yang tidak tembus pandang menggunakan kiat-kiat di bawah ini!

Kiat 1. Tutup Menggunakan Gorden

Ini merupakan tips dasar yang semua orang pasti sudah mengetahuinya. Tapi kami takut Anda melupakan solusi yang satu ini. Ya, gorden mampu membuat jendela menjadi tertutup dengan seketika. Anda hanya perlu membeli sebuah gorden yang menarik, lalu memasangnya pada rel yang sesuai. Pandangan dari jendela pun menjadi terhalang oleh gorden dan privasi rumah lebih terjaga. Selain itu, desain ruangan juga menjadi semarak dengan adanya gorden.

Kiat 2. Lapisi dengan Stiker Kaca

Stiker juga dapat digunakan untuk membuat kaca menjadi tidak tembus pandang. Tapi Anda harus menggunakan stiker yang memang diperuntukkan buat kaca ya biar hasilnya bagus. Tak perlu bingung di mana membelinya. Sebab Anda bisa mendapatkan stiker kaca ini lewat online di www.alatperabotan.com. Pilih stiker kaca mana yang Anda inginkan. Usahakan motifnya sesuai dengan desain rumah keseluruhan. Berikutnya tinggal tempelkan saja deh.

Kiat 3. Warnai Memakai Cat Khusus

Kalau Anda tidak mau repot, warnai saja jendela tadi menggunakan. Tentu bagian yang perlu diwarnai adalah permukaan kacanya. Di sini Anda bisa memakai cat khusus untuk kaca supaya hasilnya bagus. Pilih cat yang tidak benar-benar menutupi kaca, tetapi hanya mengurangi daya transparansinya saja. Lakukan proses pengecatan kaca jendela dengan hati-hati. Kuaskan cat tersebut dengan lapisan yang tipis tetapi berulang-ulang agar hasilnya rapi.

Kiat 4. Ganti dengan Kaca Es

Jika Anda mempunyai anggaran khusus untuk renovasi jendela, tidak ada salahnya mengganti kaca biasa dengan kaca es. Sesuai namanya, kaca ini memiliki penampilan yang buram seperti kaca biasa yang terlapisi oleh embun. Hal ini membuat kaca tersebut menjadi tidak tembus pandang namun tetap bisa dilewati oleh cahaya dengan baik. Anda yang berada di dalam rumah atau orang lain yang ada di luar tidak bisa melihat dari kaca es yang tampak berkabut ini.

Kiat 5. Ganti dengan Kaca Film

Alternatif lainnya adalah kaca film. Kaca film juga dapat digunakan untuk memberikan fungsi privasi pada penghuni rumah. Kaca ini tidak benar-benar berwarna transparan, melainkan ada lapisan film di tengah-tengahnya yang membuatnya berwarna. Disarankan pilihlah kaca film yang tampak elegan sehingga dapat mendukung desain rumah tersebut. Misalnya seperti kaca film yang berwarna kehitam-hitaman akan memberikan kesan rumah yang modern.

Kiat 6. Pahat Menjadi Relief

Ini merupakan teknik lanjutan untuk membuat jendela yang tidak tembus pandang sekaligus artistik. Dibutuhkan tenaga yang sangat terampil untuk bisa memahat kaca. Itu sebabnya, Anda membutuhkan bantuan dari pengrajin profesional untuk membuatnya. Meski harganya mahal tapi sebanding dengan hasilnya. Buatlah relief yang menarik dari kaca jendela tersebut. Rumah Anda pun menjadi tampak lebih berseni dengan adanya kaca yang memiliki relief.