6 Cara Merawat Air Kolam Renang agar Tetap Jernih

Memang terasa menyenangkan kalau kita mempunyai rumah yang memiliki fasilitas-fasilitas yang lengkap. Contohnya rumah mewah yang mempunyai kolam renang pribadi. Penghuninya pasti akan semakin betah tinggal di dalam rumah  tersebut dengan adanya kolam renang ini. Kita bisa berenang sepuasnya sepanjang hari tanpa harus takut terganggu oleh orang lain. Sebuah kesempatan yang sangat langka, bukan?

Memiliki kolam renang sendiri memang terasa mengasyikkan. Namun di sisi lain kita harus mau repot merawatnya agar kondisinya senantiasa bersih dan airnya pun selalu jernih. Kenyataannya merawat kolam renang cukup sulit. Tidak mudah untuk menjaga kondisi air di kolam tersebut. Apalagi jika kolam Anda berada di lingkungan outdoor. Anda harus siap mengatasi segala permasalahan yang timbul akibat kotoran, polusi udara, dan sinar matahari.

air-di-kolam-renang-jernih.jpg

Solusi-solusi di bawah ini patut Anda coba!

Membersihkan Kolam Renang

Perawatan dasar yang mungkin sudah diketahui oleh semua pemilik kolam renang, mau tidak mau Anda harus membersihkan kolam renang secara berkala. Tapi kami akan mengingatkan Anda sekali lagi beserta kiat-kiatnya. Kalau Anda mau air di dalam kolam renang senantiasa bersih dan jernih, maka Anda harus rutin membersihkan kolamnya. Anda bisa menggosok dan menyikat seluruh permukaan kolam tersebut secara merata. Kemudian bilas sampai bersih. Lakukan tugas ini paling tidak setiap 2 minggu sekali.

Menyapu Air agar Bebas Kotoran

Kedengarannya memang agak aneh ya. Tetapi kolam renang memang perlu disapu untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang ada di dalam air. Di sini kita tidak menggunakan sapu yang biasa dipakai untuk membersihkan lantai, melainkan sapu berbentuk jaring. Jaring ini dilengkapi tongkat yang panjang sehingga memungkinkan Anda dapat menjangkau area di tengah kolam yang lokasinya jauh. Lakukan proses penyapuan ini setidaknya 2 kali sehari, terutama bila kolam renang Anda berada di luar.

Menyedot Debu yang Terlarut di Air

Anda tidak dapat mencegah partikel-partikel debu memasuki kolam renang. Luasnya ukuran kolam renang membuat Anda tidak kuasa melakukannya. Partikel debu ini akan jatuh ke dalam kolam sedikit demi sedikit hingga lama-kelamaan jumlahnya pun akan semakin banyak. Hal ini mengakibatkan kondisi air di kolam pun menjadi kotor akibat tercemar oleh debu. Tugas Anda yaitu menghilangkan debu-debu ini. Anda bisa memakai vacuum cleaner khusus untuk air guna menyedot kotoran dari dalam kolam renang.

Memasang Filter Air

Selain membersihkan air dari debu secara manual, Anda juga bisa menggunakan bantuan filter air. Prinsip kerjanya kurang lebih sama seperti filter air pada akuarium. Air dari kolam renang akan disedot masuk ke dalam filter ini kemudian mengalir melalui media penyaring. Hasilnya berupa air yang bersih dan bebas dari kotoran. Semua partikel kotoran akan tertahan di dalam media penyaring. Nah, bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk membersihkan kolam, kami sarankan pasanglah filter air yang memadai.

Mencegah Alga Tumbuh di Air

Salah satu masalah terbesar bagi kolam renang yang terletak di outdoor yaitu ledakan populasi alga. Alga/ganggang hijau ini memang mudah tumbuh di genangan air. Bibitnya sendiri dibawa oleh udara, kemudian jatuh di kolam renang. Alga pun tumbuh semakin banyak. Kondisinya akan semakin subur apabila air di kolam mendapatkan sinar matahari secara langsung. Populasi alga di dalam air mengakibatkan warna air kolam renang menjadi kehijau-hijauan sehingga kelihatan jorok. Anda bisa mencegah tumbuhnya alga dengan menanam pepohonan di sekeliling kolam renang untuk menghalangi pancaran sinar matahari.

Memakai Obat-obatan Kimia

Memang tidak dipungkiri untuk menjaga kondisi air di kolam renang supaya tetap jernih, kita tidak bisa terlepas dari penggunaan obat-obatan kimia. Bahan-bahan ini berfungsi untuk membuat warna air menjadi jernih, mengendapkan kotoran, mematikan mikroorganisme, menghilangkan alga, serta membunuh lumut. Dengan takaran penggunaan yang tepat, obat-obatan ini tetap aman digunakan untuk kolam renang.

Adapun obat-obatan yang biasa digunakan pada kolam renang di antaranya :

  1. Kaporit bubuk 60% untuk menjernihkan warna air dan membunuh mikroorganisme.
  2. Kaporit bubuk 90% untuk menjaga kondisi air yang sudah jernih agar tetap jernih.
  3. Granuler 90% untuk mempertahankan warna air yang sudah jernih.
  4. Soda ash untuk menyeimbangkan tingkat keasaman (pH) air.
  5. Silika untuk membersihkan kerak pada permukaan kolam renang.
  6. Tawas untuk mengendapkan partikel-partikel kotoran yang terlarut di dalam air.
  7. Trusi untuk membunuh lumut sekaligus membuat warna air menjadi lebih jernih.
  8. HCl untuk menghilangkan lumut dan menjernihkan air yang warnanya keruh.
  9. PAC untuk mengendapkan partikel-partikel kotoran pada air yang keruh atau berwarna hijau.