5 Tips Memilih Wallpaper untuk Ruang Tamu

Ruang tamu menjadi ruangan pertama yang dilihat oleh orang-orang yang bertamu ke rumah kita. Jadi kesan yang ditampilkan oleh ruangan ini berpengaruh besar terhadap desain rumah secara keseluruhan. Rumah akan terasa nyaman apabila suasana di dalam ruang tamu pun terasa nyaman. Oleh sebab itu, Anda harus menata dekorasi ruang tamu ini sebaik-baiknya. Salah satunya bisa dilakukan dengan memasang wallpaper.

Wallpaper adalah kertas pelapis yang bisa digunakan untuk menghiasi dinding. Wallpaper ini mempunyai gambar motif/corak di permukaannya yang membuatnya lebih menarik. Apabila dibandingkan dengan cat tembok, wallpaper memiliki tampilan yang jauh mengesankan. Anda bisa menciptakan suatu desain dengan sangat mudah hanya menggunakan wallpaper. Mau ruangan yang bergaya minimalis, romantis, atau natural pun pasti bisa.

memilih-wallpaper-ruang-tamu.jpg

Anda bisa mencoba mempertimbangkan penggunaan wallpaper untuk ruang tamu. Tak hanya menarik dan sesuai desain yang ingin diciptakan, ruang tamu menjadi tampak berbeda. Kesan mewah dan mahal pun langsung terasa kuat berkat adanya wallpaper. Apalagi jika wallpaper yang digunakan bisa mendukung desain rumah yang hendak dibangun. Di sinilah pentingnya pemilihan wallpaper yang dilakukan secara tepat.

Arafuru akan berbagai bagaimana cara memilih wallpaper untuk ruang tamu.

Tips 1. Tentukan Konsep Desainnya

Anda bisa memulainya dengan menentukan konsep desain ruang tamu seperti apa yang ingin diciptakan. Apakah ruang tamu bergaya modern, tradisional, colorfull, industrialis, khas eropa, atau konsep yang lainnya? Hal ini penting sekali karena akan menjadi dasar penentuan langkah selanjutnya. Usahakan Anda memilih konsep ini dengan matang dan sesuai desain rumah secara keseluruhan. Jangan pernah keluar dari pakem awal.

Tips 2. Perhatikan Ukuran Ruangan

Anda juga perlu memperhatikan ukuran ruang tamu yang hendak didesain. Apakah ruang tamu tersebut ukurannya cukup luas atau sempit? Perhatikan pula ukuran ketinggian plafon. Ruang tamu yang luas hampir bisa dihiasi dengan wallpaper apa saja. Ukurannya yang luas membuat wallpaper apapun bekerja bagus di sini. Namun untuk ruangan yang sempit, usahakan pilih wallpaper yang memiliki motif berukuran besar. Hindari pemakaian wallpaper bercorak rumit, kecil-kecil, atau terlalu ramai.

Tips 3. Sesuaikan Warna Wallpaper

Dalam memilih warna untuk ruang tamu, Anda harus mengawalinya dengan memilih warna lantai, kemudian perabotan, dan setelah itu dinding. Warna lantai dan perabotan harus dipilih pertama kali sebab sulit untuk diganti-ganti. Berbeda dengan warna dinding yang bisa diganti dengan mudah menggunakan cat atau wallpaper. Itu sebabnya, Anda harus menyesuaikan pemilihan warna wallpaper dengan warna lantai dan perabotan yang telah dipilih sebelumnya.

Tips 4. Wallpaper Corak Garis-garis

Jika dipilih dengan baik, wallpaper mampu membuat ruang tamu yang berukuran sempit menjadi indah layaknya ruangan-ruangan di apartemen. Berbagai kesan bisa ditampilkan oleh wallpaper. Kesan ruangan yang lebih tinggi bisa terasa dengan pemakaian wallpaper bercorak garis-garis vertikal. Sedangkan garis-garis horizontal dapat menciptakan ruangan yang terasa lebih luas. Anda juga bisa menyatukan dua dinding yang bersebelahan lewat pemakaian garis yang tak terputus.

Tips 5. PahamiKelompok Warna

Secara garis besar, warna bisa dibagi menjadi dua kelompok yaitu warna hangat dan warna dingin. Kelompok warna hangat mencakup warna merah dan turunannya seperti cokelat dan jingga. Warna ini mampu menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan. Sedangkan kelompok warna dingin terdiri dari warna biru dan turunannya. Misalnya seperti putih dan hijau. Warna dingin akan membuat suasana ruangan tampak lebih luas daripada ukuran yang sebenarnya.