5 Tips Memasang Wallpaper di Ruangan yang Sempit

tips-memasang-wallpaper.jpg

Wallpaper adalah bahan pelapis yang bisa digunakan untuk menghiasi dinding. Tidak hanya menutupi permukaannya, wallpaper ini juga bisa membuat dinding menjadi lebih menarik. Penampilan dinding menjadi lebih hidup dan atraktif berkat adanya wallpaper yang menghiasi. Bahkan wallpaper ini pun mampu menyembunyikan cacat yang sebelumnya ada di wallpaper. Inilah alasannya mengapa banyak orang yang menyukainya.

Bagi pemilik rumah mungil kadang-kadang suka merasa galau sendiri. Ukuran ruangan yang terbatas acap kali menyulitkannya untuk berkreasi. Di satu sisi Anda tertarik untuk memasang wallpaper di salah satu ruangan di dalam rumah, namun di sisi lain merasa takut kalau suasana ruangan menjadi terlalu ramai, sesak, atau penuh setelah dipasangi wallpaper. Beberapa kiat berikut ini semoga bisa membantu Anda!

  1. Wallpaper Berwarna Metalik

Sering kita merasa bingung sendiri mau memilih wallpaper yang warnanya apa. Hal ini karena ada begitu banyak pilihan wallpaper berwarna menarik di luar sana. Tapi untuk ruangan yang sempit, Anda harus memilihnya dengan bijaksana. Wallpaper berwarna metalik seperti emas atau perak bisa menjadi pilihan yang sangat tepat karena dapat meneruskan cahaya sehingga ruangan tampak lebih luas. Padukan warna tersebut dengan corak putih atau hitam agar ruangan terlihat bersih.

  1. Motif yang Ukurannya Besar

Ruangan sempit memang sepatutnya tidak didominasi oleh warna-warna yang gelap. Ruangan ini akan terlihat lebih luas apabila dihiasi dengan warna cerah. Khusus untuk pemilihan gambar coraknya, pastikan Anda memilih wallpaper dengan motif yang besar. Misalnya Anda bisa menerapkan wallpaper dengan gambar tumbuh-tumbuhan atau burung. Ukuran gambar yang besar akan menghadirkan ilusi dinding ruangan yang lebih besar. Sebaliknya Anda perlu menghindari wallpaper dengan motif kecil-kecil.

  1. Boleh Memakai Motif Kecil, Asalkan

Motif kecil tidak selamanya buruk untuk ruangan yang berukuran kecil. Motif ini bisa Anda pertimbangkan karena menciptakan suasana yang sangat menenangkan. Oleh sebab itu, desain wallpaper dengan motif kecil hanya boleh diaplikasikan di kamar tidur atau kamar mandi saja. Sebab jika wallpaper ini dipasang di ruang tamu atau ruang keluarga, maka detail motifnya menjadi tidak terlihat. Justru yang ada ruangan tampak terlalu ramai dan membingungkan.

  1. Kombinasikan dengan Cermin

Anda tidak perlu memasang keempat dinding ruangan dengan wallpaper. Berkreasilah dengan cara yang unik untuk menimbulkan kesan yang berbeda. Cermin merupakan aksen yang bekerja baik untuk ruangan sempit. Anda bisa mengombinasikan antara penggunaan wallpaper dan cermin di ruangan ini. Pasanglah wallpaper di salah satu sisi dinding, kemudian pasang pula cermin di dinding yang berlawanan sisinya. Hal ini akan membuat ruangan tampak lebih luas sekaligus atraktif.

  1. Aturan di Kamar Tidur

Khusus untuk kamar tidur yang ukurannya kecil, Anda tidak boleh memakai wallpaper di keempat dindingnya. Wallpaper sebaiknya dipasang hanya di dinding belakang headboard tempat tidur saja. Kemudian warnai ketiga sisi dinding yang lainnya dengan cat yang berwarna senada dengan warna wallpaper. Trik ini akan membuat dinding yang ditempeli wallpaper menjadi focal point yang indah. Ruangan pun tidak akan terasa sempit.