5 Solusi agar Lantai Kamar Mandi Tidak Licin Lagi

Kita semua tahu kalau kamar mandi merupakan ruangan yang selalu basah. Hal ini tak terlepas dari fungsi kamar mandi itu sendiri sebagai ruangan untuk membersihkan diri. Kamar mandi dilengkapi dengan air. Kita membutuhkan air pada saat mandi, membasuh muka, menggosok gigi, mencuci pakaian, dan lain-lain. Karena sering disirami air, maka permukaan lantai kamar mandi pun selalu basah. Akibatnya lantai menjadi licin.

Kamar mandi dengan lantai yang permukaannya licin tentu membahayakan para penghuni rumah. Bayangkan jika ada salah satu anggota keluarga kurang hati-hati saat berada di dalam kamar mandi, dia akan terpeleset akibat lantai yang licin. Kasus ini biasanya menimpa anak-anak dan orang dewasa yang memang kurang awas terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya. Anda tidak boleh membiarkan lantai kamar mandi begitu licin.

kamar-mandi-tidak-licin.jpg

Beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasinya antara lain :

  1. Ganti Lantai Kamar Mandi

Kamar mandi seharusnya menggunakan lantai khusus. Jenis lantai yang digunakan berbeda daripada lantai untuk interior. Lantai ini memiliki tekstur atau bergelombang. Tujuannya untuk memperbesar gaya geseknya sehingga tidak licin. Jika Anda memiliki anggaran yang cukup, sebaiknya gantilah lantai di kamar mandi. Saat ini sudah banyak tersedia ragam pilihan keramik yang bergelombang dan bertekstur.

  1. Pasang Karpet Anti Selip

Mengganti lantai di kamar mandi memang membutuhkan biaya yang besar. Apabila budget Anda terbatas, kami sarankan gunakan karpet anti selip saja. Karpet ini dapat difungsikan sebagai pijakan kaki saat Anda berada di dalam kamar mandi. Anda bisa memasang karpet ini di seluruh area ruangan atau memasangnya hanya di sepanjang lintasan keluar masuk kamar mandi.

  1. Bersihkan Lantai secara Rutin

Salah satu penyebab lantai kamar mandi terasa licin yaitu permukaannya kotor. Ada banyak lumut yang tumbuh di permukaan lantai tersebut sehingga membuat teksturnya menjadi begitu licin. Ketika Anda melangkah di kamar mandi, sebenarnya kaki Anda memijak lapisan lumut. Anda harus menghilangkan lapisan lumut ini agar lantai tidak licin. Satu-satunya jalan keluar yaitu membersihkan lantai secara rutin.

  1. Buatlah Jendela Ukuran Besar

Lantai kamar mandi memang selalu basah. Namun Anda bisa mengatasinya agar lantai menjadi cepat kering kembali. Caranya yaitu membuat jendela yang ukurannya cukup besar. Buatlah jendela pada posisi yang tepat sehingga memungkinkan sinar matahari dapat memasuki ruangan secara maksimal. Gunakan kaca buram untuk membuat jendela tersebut. Anda bisa membuka jendela saat kamar mandi sedang tidak dipakai.

  1. Memasang Exhausted Fan

Jika Anda kurang yakin membuat jendela di kamar mandi, maka Anda bisa mengambil solusi lain untuk mengatasi kelembaban di ruangan tersebut. Anda dapat memasang exhausted fan untuk menurunkan kelembaban udara di dalam kamar mandi. Tingkat kelembaban udara yang sangat tinggi menjadi salah satu penyebab mengapa lantai ruangan ini begitu licin. Cobalah pasang exhausted fan dengan kemampuan yang memadai.