5 Penyebab Wallpaper Dinding Cepat Rusak

Anda bisa memakai wallpaper untuk menghiasi dinding. Wallpaper akan membuat tampilan dinding menjadi indah berkat pesona yang dimilikinya. Tidak seperti dinding yang dicat biasa, dinding yang dihiasi wallpaper jauh lebih atraktif. Dinding tersebut tampak lebih hidup berkat adanya motif/corak yang menghiasinya. Ruang pun menjadi terlihat menarik dengan suasana yang nyaman sama seperti desain yang Anda harapkan.

Anda harus senantiasa merawat wallpaper dinding supaya awet dan tahan lama. Bagaimana pun segala sesuatu yang ada di dunia ini bisa mengalami kerusakan. Tetapi kita bisa menunda terjadinya kerusakan tersebut dengan memberikan perawatan secara tepat. Apalagi wallpaper merupakan penghias dinding yang harganya cukup mahal. Ditambah proses pemasangannya yang cukup rumit membuat anggaran pengadaan wallpaper begitu besar. Sudah sepatutnya Anda merawat wallpaper.

penyebab-wallpaper-cepat-rusak.jpg

Disadari oleh Anda atau tidak, kenyataannya terdapat faktor-faktor yang dapat mempercepat rusaknya wallpaper dinding. Anda boleh berbangga hati setelah berhasil memasang wallpaper ke permukaan dinding dengan benar, tapi kalau wallpaper tersebut cepat rusak, apa gunanya? Di sinilah peran penting Anda diperlukan. Sebisa mungkin hindarkan wallpaper tersebut dari hal-hal yang dapat mempercepat kerusakannya. Lantas, apa sajakah itu?

Berikut ini faktor-faktor bisa menyebabkan wallpaper dinding cepat rusak, di antaranya :

Penyebab 1. Anda Malas Merawatnya

Segala sesuatu yang dirawat dengan baik pasti akan awet dan tidak cepat rusak. Berbeda jika sesuatu tersebut jarang dirawat, tinggal menunggu waktu saja cepat atau lambat pasti bakal rusak. Begitu pula dengan wallpaper. Jangan berpikir tugas Anda sudah selesai setelah berhasil memasang wallpaper ke dinding ruangan. Justru ini merupakan awal dari tugas baru. Anda harus rajin merawat wallpaper tersebut untuk menjaga kondisinya. Setidaknya Anda harus membersihkan permukaan wallpaper setiap hari.

Penyebab 2. Dinding Tiba-tiba Berair

Wallpaper tidak bisa dipasang di sembarang tempat. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh dinding yang akan dipasangi wallpaper. Salah satunya ialah kondisi dinding tersebut harus benar-benar kering. Wallpaper sama sekali tidak boleh terkena air. Selain bisa melepaskannya, air juga bisa menyebabkan warna wallpaper tersebut luntur. Bila dinding tiba-tiba berair karena atap bocor atau dinding rembes, akibatnya wallpaper menjadi cepat rusak.

Penyebab 3. Goresan Benda Tajam

Wallpaper juga bisa mengalami kerusakan akibat goresan benda-benda tajam. Tidak jarang kita tanpa sengaja menggoreskan pisau, sudut meja, hanger pakaian, tongkat, kaca, atau benda-benda yang memiliki ujung tajam lainnya ke wallpaper sehingga menyebabkan timbulnya goresan pada beberapa bagian wallpaper tersebut. Bahkan karena tekanan yang terlalu kuat mengakibatkan wallpaper tadi sampai mengalami robek di beberapa bagiannya.

Penyebab 4. Ulah Anak Kecil

Tanpa Anda sadari, buah hati Anda juga bisa menyebabkan wallpaper yang sudah dipasang dengan rapi di rumah menjadi cepat rusak. Mereka bisa saja mencorat-coret permukaan wallpaper tersebut menggunakan pensil warna, spidol, atau crayon miliknya. Hal ini membuat penampilan motif/corak wallpaper menjadi rusak tak karuan. Sebelum masalah ini terjadi, Anda sebaiknya memberikan penjelasan kepada anak-anak supaya tidak mencorat-coret wallpaper.

Penyebab 5. Sinar Matahari Langsung

Panasnya sinar matahari dapat merusak penampilan wallpaper di rumah Anda. Akibatnya adalah rupa wallpaper tadi menjadi tampak kusam karena warnanya sudah memudar. Cahaya matahari mengandung sinar infrared dan sinar ultraviolet yang dapat membakar warna wallpaper. Perlahan tapi pasti, permukaan wallpaper yang selalu terkena sinar matahari secara langsung akan memudar sehingga kehilangan pesonanya.