3 Cara Memasang Rak Kayu ke Dinding

Ciptakanlah rumah yang bernyawa, maka Anda akan merasa nyaman tinggal di dalamnya. Ada yang banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat rumah Anda mempunyai nyawa. Salah satunya yaitu meletakkan aneka barang ke dalamnya. Guna menghemat ketersediaan ruangan, Anda bisa memanfaatkan area kosong yang terdapat pada dinding. Cobalah memasang rak-rak dinding di beberapa sudut ruangan.

Seiring dengan meningkatnya popularitas tren desain industrialis, rak kayu kini semakin disukai untuk digunakan sebagai rak dinding. Apalagi rak kayu yang tampilannya mengusung konsep unfinished. Kesan industrialis yang kokoh terlihat semakin nyata berkat adanya rak kayu yang satu ini. Selanjutnya tinggal kreativitas Anda sendiri untuk memadukan rak dinding tersebut dengan barang-barang yang bisa menegaskan keberadaannya.

cara-memasang-rak-kayu.jpg

Tidak sulit kok untuk memasang rak kayu ke dinding. Bahkan karena saking mudahnya, Anda pun dapat mengerjakannya sendiri. Proses pemasangan rak kayu ini bisa bermacam-macam sesuai dengan desainnya. Ada rak yang harus dipasang menggunakan sekrup, paku, atau lem. Tetapi apapun cara pemasangan rak kayu tersebut, metode yang digunakan kurang lebih sama saja. Anda harus melakukannya dengan benar.

Di bawah ini merupakan berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk memasang rak kayu ke permukaan dinding!

SEKRUP

Kami merekomendasikan Anda untuk memasang rak dinding menggunakan sekrup. Alasannya karena proses pemasangannya yang mudah dan menghasilkan tampilan yang rapi. Selain itu, Anda pun dapat melepaskan rak tersebut nantinya kalau sudah merasa bosan. Biasanya seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan merasa bosan dengan rak tersebut. Jika Anda memakai sekrup untuk pemasangannya, rak ini gampang dilepaskan tanpa merusak dinding.

Untuk memasang rak kayu memakai sekrup, Anda membutuhkan alat tambahan yaitu mesin bor. Gunakan saja bor listrik yang mudah dioperasikan. Sebelumnya Anda perlu menentukan posisi pemasangan rak tersebut, di mana menurut Anda yang paling ideal. Lalu bersihkan permukaan dinding di posisi tadi. Selanjutnya Anda tinggal memasang sekrup menembus ke rak kayu dan menancap ke struktur dinding sehingga terpasang dengan kuat.

PAKU

Paku juga bisa diandalkan sebagai alat untuk mencengkeram rak kayu agar dapat terpasang ke dinding. Di sini Anda bisa memakai paku besi atau paku beton. Apabila Anda sudah mencoba memasangnya dengan paku besi, tapi paku tersebut melengkung saat ditancapkan ke dinding artinya struktur dinding Anda sangat kokoh. Jadi Anda membutuhkan paku yang lebih kuat lagi yaitu paku beton. Paku beton ini berwarna hitam dan memang sangat kuat.

Kurang lebih metodenya sama seperti proses pemasangan rak kayu memakai sekrup. Cuma kita hanya menggunakan martil dan paku di sini. Mulailah dengan menentukan posisi yang baik untuk dipasangi rak kayu. Setelah itu, bersihkan area tersebut memakai kain lap yang basah. Lalu tandai titik-titik lokasi di mana paku akan ditancapkan. Mintalah bantuan orang lain untuk memegangi rak kayu. Barulah kemudian Anda bisa memasang paku memakai martil.

LEM

Lem mempunyai keunggulan yaitu proses aplikasinya yang gampang sekali dan sangat praktis. Anda juga bisa menggunakan lem apabila dinding yang akan dipasangi rak kayu sudah ditutupi oleh keramik. Hindari memakai sekrup atau paku untuk kasus tersebut karena berisiko akan merusak dinding keramik. Tapi sayangnya, kekuatan yang dimiliki oleh lem tidak terlalu kuat. Sekuat apapun daya rekat lem, masih jauh lebih kuat sekrup maupun paku.

Jenis lem yang cocok digunakan sebagai bahan perekat rak kayu adalah lem kayu. Masyarakat kita juga mengenal lem ini dengan sebutan lem putih atau lem kuning. Permukaan dinding yang akan diolesi lem kayu wajib dibersihkan terlebih dahulu. Usapkan kain yang lembab ke permukaan dinding tersebut, lalu keringkan menggunakan kain lap. Berikutnya Anda bisa mengoleskan lem ke permukaan dinding dan bagian rak yang akan ditempelkan. Tunggu selama 3-5 menit. Lantas, rak tersebut bisa ditempelkan ke dinding.