3 Cara agar Stiker Glow in The Dark Tahan Lama

Stiker glow in the dark adalah stiker yang mampu bersinar di dalam kondisi yang gelap. Hal ini membuat stiker tersebut sangat unik dan menarik. Beruntung sekali karena stiker glow in the dark juga tersedia dalam produk wall sticker. Kini Anda bisa menggunakan stiker dinding glow in the dark untuk menghiasi desain rumah. Dijamin rumah Anda pasti akan langsung menjadi perhatian berkat adanya stiker glow in the dark yang menghiasinya.

Stiker glow in the dark dapat memendarkan cahaya di dalam kegelapan. Disebut berpendar sebab cahayanya tidak terlalu terang, tetapi lembut sehingga lebih nyaman saat dipandang. Menariknya adalah stiker glow in the dark sama sekali tidak membutuhkan baterai untuk bisa melakukan kemampuan tersebut. Kurang lebih prinsip kerjanya mirip seperti panel surya. Stiker ini memiliki kemampuan untuk menyimpan cahaya.

stiker-glow-tahan-lama.jpg

Makanya stiker glow in the dark bisa menyala di dalam kondisi yang gelap meskipun tidak menggunakan baterai. Stiker ini bisa menyimpan cahaya loh. Artinya Anda harus menyinari stiker glow in the dark terlebih dahulu untuk mengisi cahaya ke dalamnya. Proses ini dikenal dengan istilah recharge. Cahaya yang terkumpul ini lantas akan dikeluarkan sedikit demi sedikit sampai habis. Jadi proses recharge harus dilakukan berulang-ulang.

Bagaimana cara mengisi ulang cahaya ke dalam stiker glow in the dark? Anda cukup menjemur stiker ini di tempat terbuka agar terkena cahaya matahari secara langsung. Ada baiknya Anda juga memasang stiker ini di tempat-tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari sehingga tidak perlu melepas dan memasangnya lagi. Namun jika Anda terpaksa memasangnya di ruang yang tidak terkena cahaya matahari, pasanglah lampu ultraviolet sebagai gantinya.

Durasi waktu yang diperlukan untuk melakukan recharge stiker glow in the dark dipengaruhi oleh kekuatan sumber cahaya pengisinya. Jika Anda menjemur stiker ini pada waktu siang hari saat matahari bersinar terik, Anda mungkin membutuhkan waktu beberapa menit saja. Lain halnya dengan lampu ultraviolet (UV), Anda perlu memperhatikan tenaga lampu tersebut dan jaraknya dengan posisi stiker. Semakin besar tenaga lampu dan semakin besar jaraknya dengan stiker, maka proses recharge-nya akan berlangsung lebih cepat.

Perlu Anda pahami, stiker glow in the dark tidak mempunyai pengaturan sakelar on/off. Hal ini berarti cahaya yang sudah diperoleh stiker glow in the dark dan disimpan di dalamnya, akan langsung dilepaskan pada saat itu juga. Karena jumlah cahaya yang masuk lebih besar daripada cahaya yang keluar, maka stiker ini masih bisa memendarkan cahaya selama beberapa waktu meskipun sudah tidak disinari lagi. Adapun cahaya yang paling maksimal dipendarkan oleh stiker ini di waktu 0,01 detik setelah recharge.

Selama memendarkan cahaya, jumlah cahaya yang berada di dalam stiker glow in the dark akan terus berkurang dan lama-kelamaan habis. Hal ini membuat intensitas cahaya yang dikeluarkan oleh stiker glow in the dark juga akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Stiker yang baru di-recharge akan memendarkan cahaya paling terang. Kemudian lambat laun akan meredup dan akhirnya tidak menyala sama sekali.

Jika Anda ingin stiker glow in the dark yang sudah dimiliki bisa menyalam dalam waktu yang lebih lama, silakan ikuti kiat-kiat di bawah ini!

  1. Pilih Stiker Berbahan Strontium Aluminate

Tahukah Anda, ada dua jenis produk stiker glow in the dark yang dijual di pasaran menurut bahan bakunya yaitu stiker zinc sulfide dan stiker strontium aluminate. Kedua stiker ini sama-sama mampu menyimpan cahaya kemudian memendarkannya. Tetapi kemampuan stiker strontium aluminate jauh lebih baik daripada stiker zinc sulfide. Stiker ini sanggup memendarkan cahaya 10 kali lebih terang dan 10 kali lebih lama daripada stiker berbahan zinc sulfide. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya membeli stiker glow in the dark yang terbuat dari strontium aluminate.

  1. Pasang di Tempat yang Terkena Cahaya Matahari

Matahari adalah sumber tenaga yang paling kuat di alam semesta ini. Lagi pula cahaya matahari bisa kita dapatkan secara cuma-cuma. Ada baiknya jika Anda ingin menghiasi rumah menggunakan glow in the dark, pasanglah stiker tersebut di tempat-tempat yang bisa terkena sinar matahari secara langsung. Anda bisa memasangnya di teras, dinding samping, area pekarangan, atau sudut ruangan yang berlawan dengan jendela. Sinar matahari akan mengisi cahaya secara maksimal ke dalam stiker glow in the dark sehingga Anda bisa menikmatinya lebih lama.

  1. Gunakan Lampu UV Besar dan Pasang di Posisi Tepat

Anda harus melakukan recharge cahaya kalau ingin stiker glow in the dark bisa tetap menyala. Tapi kadang-kadang kita terpaksa memasang stiker ini di sudut ruangan yang tidak dapat menerima sinar matahari demi alasan estetika. Sebagai pengganti sinar matahari, Anda bisa memanfaatkan lampu UV. Lampu ini juga dapat mengisi ulang cahaya ke dalam stiker glow in the dark. Anda bisa memasang lampu UV yang memiliki besar kalau ingin proses recharge lebih optimal. Gantungkan lampu tersebut tidak jauh dari posisi stiker sehingga proses recharge bisa lebih cepat.