12 Cara Manjur Mengusir Kelelawar dari Rumah, Silakan Dicoba!

Memang benar, rumah merupakan tempat tinggal yang paling nyaman. Kita pun akan merasa tenteram saat berada di dalamnya. Bahkan saking nyamannya rumah tinggal ini, tidak hanya Anda sekeluarga saja yang betah tinggal di sini, beberapa jenis binatang juga ikut-ikutan membuat sarangnya di dalam rumah. Salah satunya yaitu kelelawar. Kelelawar senang sekali bersarang di loteng atau rangka atap bangunan. Keberadaannya tentu sangat mengganggu kita sehingga mesti disingkirkan.

Kelelawar yang bergelantungan di atap membuat interior rumah tidak ubahnya seperti kebun binatang. Apalagi ketika senja sudah tiba, di mana kelelawar-kelelawar ini akan bangun dari tidurnya lalu mulai beraktivitas dan mencari makanan. Suasana rumah seketika bakal menjadi berisik sekali. Kelelawar ini akan mulai beterbangan, kemudian diikuti oleh kelelawar-kelelawar yang lainnya. Belum lagi area yang menjadi sarang kelelawar juga akan berbau busuk karena dipenuhi oleh kotoran.

Mau tidak mau, Anda harus mengusir kelelawar-kelelawar ini agar keluar dari rumah. Tetapi bagaimana sih caranya? Silakan Anda bisa mengikuti kiat-kiat dari kami di bawah ini!

cara-mengusir-kelelawar.jpg

  1. Tutuplah Jalur Keluar-Masuk Kelelawar

Biasanya kelelawar tidak berani memasuki rumah Anda melalui pintu atau jendela. Binatang ini akan mencari jalur lain agar bisa keluar-masuk rumah dengan aman. Nah, Anda bisa mencegah kelelawar-kelelawar ini supaya tidak dapat memasuki rumah lagi dengan menutup lubang yang menjadi jalan khusus baginya. Carilah bagian dinding atau atap yang sudah berlubang, kemudian tutup memakai kawat kasa. Sebaiknya Anda juga menutupi lubang ventilasi udara.

  1. Semprotkan Cairan Pengusir Kelelawar

Kini telah tersedia produk khusus yang berguna untuk mengusir kelelawar dari rumah. Produk semprotan kelelawar ini sekilas terlihat mirip seperti semprotan anti-nyamuk, tetapi ditujukan khusus untuk kelelawar. Anda bisa mendapatkannya di berbagai online store ternama. Adapun cara menggunakan semprotan anti-kelelawar ini mudah saja. Anda tinggal menyemprotkannya langsung ke arah kawanan kelelawar. Mereka pasti akan kapok dan tidak datang lagi.

  1. Bakarlah Belerang di Bawah Sarangnya

Pada dasarnya, kelelawar itu sangat tak menyukai jenis bau-bauan yang menyengat loh. Hewan ini akan cenderung menghindari atau bahkan menjadi tempat-tempat yang beraroma tajam dan menusuk hidung. Walaupun kelelawar lebih memakai gelombang suara untuk melihat kondisi di sekitarnya, namun dia tetap tidak tahan dengan bau yang menyengat. Cobalah Anda membakar belerang di bawah sarangnya. Bau belerang ini akan membekas di tempat tersebut.

  1. Manfaatkan Bahan yang Berbau Tajam

Sebenarnya belerang sudah terbukti secara efektif dapat mengusir kelelawar dari rumah, namun bila Anda kesulitan mendapatkan belerang, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan lain sebagai alternatifnya. Misalnya yaitu karbol, kamper, fenol, karbit, kayu manis, atau minyak kayu putih. Anda tinggal meletakkan bahan-bahan ini di ruangan yang menjadi sarang kelelawar. Dijamin deh tak akan ada lagi kelelawar yang tinggal di sana.

mengusir-kelelawar-dari-rumah.jpg

  1. Usirlah Menggunakan Balon yang Cerah

Mengusir kelelawar menggunakan aroma yang menyengat memang sangat efektif. Tetapi kita pun terpaksa harus merasakan dampak negatifnya. Apakah itu? Tak lain kita juga terpaksa harus mencium bau-bau yang tidak mengenakkan tersebut. Kalau mau mengusir kelelawar dengan cara yang menyenangkan, Anda dapat meletakkan beberapa balon gantung di tempat-tempat yang kerap menjadi sarang kelelawar. Pilihlah balon berwarna cerah agark kelelawar takut.

  1. Gantunglah Hiasan dari Aluminium Foil

Selain balon, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai benda yang mengkilap untuk mengusir keberadaan kelelawar dari dalam rumah. Biasanya benda-benda yang terbuat dari aluminium foil akan terlihat berkilau ketika diterpa cahaya. Cobalah Anda memasang benda-benda ini di sekitar sarang kelelawar. Pilihlah benda-benda yang bentuknya menarik sehingga bisa sekalian digunakan untuk hiasan rumah.

  1. Pasang Cermin di Sekitar Area Sarang

Kalau mau memakai benda yang cukup ampuh dalam mengusir kelelawar, Anda bisa memakai cermin. Tak hanya kilauan cahaya yang dipantulkannya saja yang membuat kelelawar-kelelawar takut dengan cermin, tetapi bayangan yang ada di dalam cermin pun secara tidak langsung juga akan menakuti kelelawar tersebut. Anda tinggal memasang cermin yang berukuran cukup besar di dekat sarang kelelawar. Selanjutnya pasti tak akan ada lagi kelelawar di sana.

  1. Nyalakan Lampu Kelap-kelip yang Terang

Bahan lain yang bisa dimanfaatkan untuk menakut-nakuti kelelawar dengan tujuan mengusirnya sehingga kelelawar-kelelawar tersebut tak betah lagi tinggal di dalam rumah Anda yaitu lampu. Tetapi bukan lampu sembarang lampu ya. Melainkan Anda harus menggunakan lampu kelap-kelip atau lampu disko. Kerlip sinar dari lampu ini akan membuat kelelawar merasa ketakutan dan tidak nyaman tinggal di dalam rumah Anda.

cara-mengatasi-kelelawar-di-rumah.jpg

  1. Coba Manfaatkan Suara Ultrasonik

Anda juga bisa mencoba mengusir kelelawar menggunakan suara ultrasonik. Suara ultrasonik merupakan suara yang memiliki gelombang tinggi. Saking tingginya gelombang suara ultrasonik ini, manusia biasa bahkan tidak mampu mendengarnya. Selain kelelawar, lumba-lumba juga bisa mendengarkan suara ultrasonik ini. Anda bisa memanfaatkan aplikasi pada smartphone untuk membuat suara ultrasonik yang dapat menakuti kelelawar.

  1. Tangkap Memakai Lem yang Lengket

Jika upaya mengusir secara halus tetap belum berhasil, cobalah metode yang kasar. Tapi bukan berarti Anda harus meracuni kelelawar-kelelawar tersebut ya. Melainkan Anda bisa menangkap kelelawar ini, lalu melepaskannya ke hutan belantara yang jauh dari rumah. Anda bisa memakai lem yang biasa digunakan untuk menjebak burung. Oleskan lem ini di area yang sering menjadi tempat kelelawar untuk bertengger. Alhasil, kelelawar pun tidak akan bisa lari lagi.

  1. Pangkas Pepohonan di Sekitar Rumah

Cobalah perhatikan kondisi lingkungan di sekitar rumah Anda. Apakah kondisinya begitu rimbun dan dipenuhi oleh pepohonan? Jika iya, wajar sekali kalau rumah Anda akhirnya dipilih sebagai sarang para kelelawar ini. Hendaknya segera lakukan pemangkasan terhadap pohon-pohon tadi supaya kondisi rumah Anda tidak terlalu rimbun. Rumah dengan pepohonan yang rimbun juga sebenarnya berbahaya bagi kesehatan karena lingkungannya terlalu lembab.

  1. Buatlah Kandang Khusus Kelelawar

Jika Anda merepotkan seorang pencinta binatang yang tak tega kalau harus mengusir kelalawar dari rumah, maka cobalah untuk membuatkan kandang khusus untuknya. Tentunya kandang ini dibuat secara terpisah dari bangunan rumah. Anda dapat membangunnya di halaman belakang, tepat di antara pepohonan. Rumah kelelawar ini bisa dibuat memakai kayu atau bambu. Secara perlahan-lahan, kelelawar yang tadinya bersarang di rumah Anda akan berpindah tempat ke sini.