11 Resep agar Rumah Wangi dan Bebas dari Bau Tak Sedap

Rumah tinggal yang nyaman akan membuat kita merasa betah berada di dalamnya. Desainnya tidak harus mewah. Asalkan suasana di rumah tersebut terasa nyaman, maka Anda tidak perlu risau lagi dengan desainnya. Tugas Anda selanjutnya ialah membuat rumah Anda benar-benar terasa nyaman, baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang bertamu. Sebagai pemilik rumah, kadang-kadang kita tidak sadar kalau udara di dalam interior berbau tidak sedap.

Udara yang berbau kurang sedap ini baru tercium manakala Anda pulang dari perjalanan jauh atau pulang dari tempat yang kondisinya asri. Tiba-tiba Anda mencium aroma tidak enak entah dari mana datangnya. Beberapa saat kemudian bau tak sedap tersebut menghilang secara tiba-tiba. Ini merupakan tanda awal kalau rumah Anda sebenarnya memiliki aroma yang tak sedap. Cuma memang Anda tidak terlalu menyadarinya. Jadi Anda harus segera mengatasinya.

Masalah bau tak sedap di dalam rumah Anda harus ditangani secara serius. Sehingga tak hanya Anda sekeluarga saja yang betah tinggal di dalamnya, tetapi siapa saja yang datang ke rumah juga bakal merasa nyaman. Lagi pula Anda pasti akan merasa malu sendiri ketika tamu Anda mencium bau yang kurang sedap tersebut. Anda harus segera menyingkirkan bau yang kurang enak tadi. Bahkan jika memungkinkan, Anda perlu membuat udara di rumah berbau wangi.

tips-agar-rumah-wangi.jpg

Kiat 1. Bersihkan Rumah Anda secara Rutin

Kondisi rumah harus bersih kalau Anda ingin udaranya tidak berbau busuk. Rumah yang bersih memastikan tidak ada kotoran sebagai sumber penyebab bau. Bersihkanlah rumah setiap saat tanpa mengenal waktu. Ketika Anda mempunyai waktu luang meskipun sebentar, segera ambil sapu lalu bersihkan lantai rumah Anda. Jangan lupa bersihkan juga bagian plafonnya. Khusus untuk pekerjaan mengepel lantai bisa Anda lakukan 1-2 kali per hari. Kalau mau lebih efisien, Anda bisa membersihkan lantai menggunakan vacuum cleaner.

Kiat 2. Sediakan Ventilasi Udara yang Cukup

Tahukah Anda, udara yang bersih merupakan pengharum ruangan alami yang paling mantap. Hal ini tidak terlepas dari kesan yang mampu diciptakan oleh udara bersih tersebut. Udara bersih dapat membuat pikiran dan perasaan kita menjadi segar. Kita akan merasa begitu rileks saat menghirup udara yang segar tersebut. Jadi Anda harus memastikan bahwa rumah Anda sudah dilengkapi dengan ventilasi udara yang memadai. Sehingga udara bersih bisa memasuki rumah dengan leluasa. Begitu pula dengan udara kotor di dalam rumah bisa keluar dengan mudah.

Kiat 3. Pastikan Tidak Ada Kotoran Apapun

Pada dasarnya kotoran merupakan penyebab utama munculnya bau busuk di rumah Anda. Kotoran tersebut mengeluarkan bau busuk karena terdapat banyak sekali kuman dan bakteri di dalamnya. Aktivitas kuman dan bakteri inilah yang menjadi sumber asal-muasal bau tidak sedap tersebut. Anda harus memastikan rumah bebas dari kotoran supaya tidak mempunyai bau yang menyengat. Biasakan untuk langsung membersihkan kotoran yang Anda lihat di rumah.

Kiat 4. Jauhkan Tempat Sampah dari Rumah

Anda tentu mempunyai tempat sampah di rumah, kan? Bahkan jumlahnya sendiri lebih dari satu. Tanpa Anda sadari bau busuk bisa datang dari tempat sampah tersebut. Banyaknya kotoran di dalam bak sampah ini membuatnya baunya menumpuk menjadi satu, lalu mengalir ke seluruh bagian rumah. Supaya aman, Anda sebaiknya meletakkan tempat sampah jangan di dalam rumah, melainkan di lingkungan luar. Bahkan kalau perlu jauhnya cukup jauh dari rumah agar aromanya tidak tercium. Jangan ada satu pun tempat sampah di dalam rumah.

Kiat 5. Jagalah Kebersihan Kamar Mandi

Kamar mandi juga bisa menjadi biang kerok bau tak sedap di dalam rumah Anda. Hal ini tidak terlepas dari fungsi kamar mandi itu sendiri. Ruangan ini berguna sebagai tempat untuk membersihkan diri. Sehingga tidak heran kalau ruangan ini sebenarnya sangat kotor. Apalagi jika Anda tidak membersihkannya setiap saat. Untuk mencegah kotoran menumpuk di kamar mandi, sebaiknya Anda perlu menjaga kebersihan ruangan ini. Tanamkanlah pada seluruh penghuni rumah supaya membersihkan kamar mandi setelah selesai menggunakannya.

Kiat 6. Bersihkan Dapur Setelah Selesai

Selain kamar mandi, Anda juga harus menaruh perhatian yang tinggi terhadap dapur. Dapur juga bisa menjadi sumber penyebab bau menyengat di dalam rumah. Di dalam ruangan ini, Anda biasanya mengolah berbagai bahan masakan. Dari mulai bahan yang segar, mentah, mengandung banyak air, berbau menyengat, dan sebagainya. Tanpa Anda sadari, bau-bau bahan makanan tersebut akan menyebar ke seluruh ruangan sehingga membuat rumah Anda pun berbau tak sedap. Anda harus segera membersihkan dapur setelah selesai memasak.

Kiat 7. Jemurlah Kasur Seminggu Sekali

Salah satu kebiasaan baik orang pada zaman dahulu adalah menjemur kasurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Dengan menjemur kasur tersebut, maka kondisinya akan menjadi bersih, kering, dan bebas dari kotoran. Kasur terhindar dari risiko terkena jamur atau lumut sebab kondisinya sama sekali tidak lembab. Sebaiknya Anda meniru kebiasaan baik ini, terutama jika di rumah Anda masih ada anak kecil yang mengompol. Jemurlah kasur-kasur di rumah setidaknya seminggu sekali, sembari dipukul-pukul agar debunya hilang.

Kiat 8. Gunakan Wewangian dari Bahan Alami

Kalau mau memiliki rumah yang wangi, Anda membutuhkan bahan-bahan khusus yang bisa menghadirkan aroma wangi tersebut. Tenang saja. Anda bisa kok memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menghadirkan aroma wangi ini. Beberapa wewangian alami khas Indonesia dapat digunakan untuk keperluan ini. Contohnya yaitu bunga melati, daun pandan, batang sereh, biji kopi, dan sebagainya. Cukup letakkan saja semangkuk bahan tersebut di salah satu ruangan, maka seisi rumah pun akan langsung beraroma harum mewangi.

Kiat 9. Tanam Tumbuh-tumbuhan Berbunga

Bagi Anda yang suka sekali dengan tanaman, Anda bisa memanfaatkan tanaman untuk menciptakan rumah yang wangi dan bebas bau busuk. Anda hanya perlu menanam jenis-jenis tanaman yang memiliki aroma wangi. Biasanya tumbuh-tumbuhan yang berbunga indah dan wangi paling cocok untuk kebutuhan ini. Di antaranya yaitu tanaman melati, mawar, anggrek, cempaka, kenanga, dan sedap malam.

Kiat 10. Pakailah Bahan Pembersih Kimia

Bagi Anda yang tidak terlalu mempermasalahkan dengan pemakaian bahan-bahan kimia untuk membersihkan rumah, Anda juga bisa menggunakan produk pembersih kimia sekaligus yang memiliki kemampuan mengharumkan ruangan. Biasanya produk ini dipakai untuk mengepel lantai agar tidak amis serta memiliki bau harum yang alami. Anda bisa memanfaatkan produk tersebut untuk mengatasi masalah rumah yang berbau busuk. Gunakan secukupnya sesuai dengan takaran yang direkomendasikan.

Kiat 11. Jangan Simpan Benda Berbau Tajam

Jangan pernah menyimpan benda-benda yang berbau tajam di dalam rumah. Kalau pun Anda tetap ingin menyimpannya, buatlah ruangan khusus yang terpisah dari bangunan utama agar rumah Anda terhindari dari aroma tak sedap tersebut. Beberapa contoh benda-benda yang memiliki bau menyengat yang sangat tajam yaitu buah durian, buah jengkol, terasi, ikan asin, tempoyak, tape, buah nangka, tauco, dan pemutih baju.