Sipil
Mar6

Wajib Tahu! Ini Dia Bagian-bagian Tangga

Bagian-bagian tangga terdiri atas pondasi tangga, ibu tangga, anak tangga, pagar tangga, pegangan tangga, dan bordes tangga. Seluruh bagian ini saling mendukung satu sama lain guna membentuk bidang tumpuan yang aman sebagai media naik-turun lantai bangunan. Jadi pengertian tangga adalah struktur yang berfungsi untuk menghubungkan dua tingkat vertikal yang mempunyai jarak tertentu.

bagian-bagian-tangga.jpg

Berikut ini penjelasan lengkap tentang masing-masing bagian tangga tersebut di atas.

1. Pondasi Tangga

Pada tangga, kegunaan pondasi ialah sebagai landasan agar posisinya tidak mengalami pergeseran atau penurunan. Jenis pondasi yang biasanya diterapkan yaitu pondasi batu kali, pondasi tapak, maupun kombinasi dari keduanya. Di atas pondasi ini atau pangkal tangga kemudian dibangun balok anak untuk mendukung pelat lantai sehingga struktur lantai tidak terlalu banyak menahan beban tangga yang terpusat ini.

2. Ibu Tangga

Ibu tangga bisa dibilang merupakan bagian yang paling krusial dari struktur tangga. Fungsinya adalah menyokong dan mengunci anak-anak tangga. Selain bisa dibangun secara terpisah, ibu tangga juga dapat dibuat menyatu dengan konstruksi bangunan di sekitarnya.

3. Anak Tangga

Anak tangga berguna sebagai tumpuan kaki pada saat kita menaiki atau menuruni tangga. Dimensi semua anak tangga harus dibuat sama persis agar langkah kaki terasa nyaman ketika memijak di atasnya. Idealnya ukuran anak tangga untuk rumah tinggal adalah 80 cm, bangunan umum yaitu 120-200 cm, dan ruang yang jarang dilalui yakni 60-70 cm. Anak tangga dibuat secara menerus tersambung ke atas dengan bentuk susunan yang dapat disesuaikan selera pribadi.

4. Pagar Tangga

Bagian tangga yang berfungsi untuk melindungi pengguna dari risiko terjatuh disebut pagar tangga. Bagian ini diletakkan di samping kanan dan kiri tangga dengan memasangnya tepat di atas ibu tangga. Pagar tangga bisa dibuat dari berbagai material yang dibentuk sedemikian rupa supaya kokoh dan indah.

5. Pegangan Tangga

Ini merupakan bagian tangga yang dipakai untuk bertumpu tangan sehingga seseorang merasa lebih aman. Pegangan tangga umumnya berbentuk batang yang dipasang di sepanjang anak tangga. Kedudukan bagian ini didukung oleh tiang-tiang yang ditanamkan ke dalam ibu tangga. Pegangan tangga yang berbentuk bulat atau oval biasanya memiliki diameter 4-5 cm, sedangkan ukuran pegangan berpenampang kotak yaitu 4 x 6 cm.

6. Bordes Tangga

Bordes adalah pelat datar yang terletak di antara susunan anak-anak tangga. Gunanya ialah sebagai tempat untuk beristirahat sebentar. Ukuran standar bordes antara lain 80-100 untuk bangunan tinggal dan 120-200 cm untuk bangunan umum.