Sipil
Oct29

Tips Memilih Mesin Bor Listrik yang Bagus

Apakah Anda memerlukan tips-tips dalam memilih mesin bor listrik yang bagus? Mesin bor bisa dikatakan sebagai salah satu alat pertukangan yang penting dan wajib dimiliki oleh Anda. Alat ini akan membantu Anda dalam memasang benda-benda secara menggantung di permukaan tembok. Tidak hanya dinding dari kayu atau beton, beberapa mesin bor bahkan mampu melubangi plat besi.

Banyaknya produk mesin bor saat ini kerap kali membuat kita bingung dalam memilih mana yang paling tepat. Semua mesin tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Di satu sisi kita ingin memilih mesin bor listrik A, tetapi kebanyakan teman malah merekomendasikan mesin B. Tambah bingung lagi jika penjual di toko bangunan justru menyarankan mesin bor C karena ia sudah terbiasa menggunakannya.

tips-memilih-mesin-bor.jpg

Berdasarkan prinsip kerjanya, terdapat dua jenis mesin bor listrik yaitu cordless drill/driver dan impact drill. Cordless drill/driver bekerja dengan memutar mata bor memakai kecepatan tertentu. Jadi mesin ini hanya dapat dipakai untuk mengebor kayu dan besi. Berbeda dengan impact drill yang bekerja dengan memutar mata bor sambil memberikan gaya pukulan. Sehingga mesin ini dapat digunakan untuk membentuk lubang di tembok.

Bagi Anda yang ingin membeli mesin bor listrik yang baru, silakan ikuti saran-saran pemilihannya sebagai berikut!

  1. Perhatikan Media yang akan Dibor

Pembelian mesin bor listrik harus disesuaikan dengan media apa yang akan dilubangi menggunakan bor. Seperti uraian di atas, Anda bisa memilih cordless drill/driver jika ingin mengebor kayu atau besi. Namun bila Anda juga ingin membentuk lubang pada tembok beton, sebaiknya pilihlah impact drill. Impact drill dapat digunakan untuk hampir semua jenis permukaan bidang.

  1. Dilengkapi Berbagai Mata Bor

Mesin bor listrik biasanya dilengkapi juga dengan aneka ragam mata bor yang dapat dipakai untuk mendukung berbagai pekerjaan. Variasi mata bor tersebut meliputi bahan, bentuk, dan fungsi. Semakin banyak mata bor yang menyertainya, maka mata bor tersebut semakin direkomendasikan. Namun Anda pun tetap wajib memperhatikan kualitas dari mata bor tersebut

  1. Memiliki Fitur Pengaturan Kecepatan

Mesin bor listrik yang bagus mempunyai fitur-fitur tambahan yang dapat mendukung kelancaran proses pengeboran. Salah satunya ialah pengatur kecepatan mata bor. Perlu diketahui, fitur ini berdampak besar pada efektivitas dan efisiensi pekerjaan. Ukuran mata bor yang kecil biasanya membutuhkan kecepatan perputaran mesin yang lebih maksimum. Rata-rata impact drill sudah dilengkapi dengan fitur ini.

  1. Variasi Putaran Mata Bor

Anda juga sebaiknya mempertimbangkan mesin bor yang dapat memutar mata bornya dengan gerakan yang bervariasi. Di antaranya yaitu memutar dengan gerakan searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Keberadaan fitur ini akan membantu Anda dalam memasang serta melepaskan sekrup dari posisinya.

  1. Pilih Merk yang Terbaik

Di dalam dunia industri, merk tidak akan pernah menipu. Itulah kenapa semua perusahaan terus berjuang membangun merknya dengan teknik branding. Beberapa merk mesin bor listrik yang beredar di Indonesia dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok terbaik, kelompok bagus, dan kelompok standar. Merk mesin bor terbaik yaitu bosch, makita, hitachi, dewalt, aeg, dan metabo. Merk mesin bor yang bagus misalnya gmt, nlg, skil, maktec, dan black & decker. Sedangkan merk mesin bor standar di antaranya krisbow, kenmaster, nikkon, modern, ats, dan norita.