Sipil
Nov2

Tips Memilih Gergaji Manual yang Bagus

Butuh tips dalam memilih gergaji manual yang bagus? Salah satu alat yang bisa digunakan untuk membantu kita dalam memotong kayu adalah gergaji. Banyaknya ragam gergaji saat ini kadang-kadang membuat kita merasa bingung sendiri untuk menentukan mana yang paling tepat. Kesulitan dalam menggergaji merupakan bukti bahwa Anda sudah keliru dalam memilihnya.

Di samping berdampak pada hasil pekerjaan yang tidak rapi, kesalahan dalam memilih gergaji juga dapat merusak alat itu sendiri. Mata gergaji menjadi lebih cepat tumpul, posisinya sering macet di tengah-tengah proses pemotongan, dan gergaji tersebut pun berisiko besar mengalami patah. Oleh sebab itu, pemilihan gergaji harus dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan kebutuhan.

tips-memilih-gergaji-tangan.jpg

Jika Anda sedang ingin memilih gergaji, ikutilah saran-saran berikut ini :

  1. Pilih Gergaji Belah untuk Membelah Kayu

Sesuai namanya, gergaji belah diperuntukkan khusus untuk membelah kayu. Jadi bila Anda ingin memotong kayu dengan arah yang searah terhadap serat kayu tersebut, maka gergaji ini merupakan pilihan yang paling tepat. Gergaji belah mempunyai mata pisau yang tajam persis terletak di posisi bawah. Hal ini membuatnya bisa memotong kayu yang berukuran panjang secara lurus. Jangan memaksakan diri memakai gergaji belah untuk memotong kayu dengan membujur karena hasilnya pasti tidak rapi.

  1. Gunakan Gergaji Potong untuk Memotong Kayu

Gergaji potong adalah gergaji yang bisa digunakan untuk memotong kayu secara membujur atau berlawanan dengan arah serat kayu. Gergaji ini memiliki mata yang tajam di bagian sisi sampingnya. Itulah kenapa, gergaji potong mampu memotong dengan sekat yang sangat tipis. Misalnya jika Anda hendak memotong kayu balok sepanjang 100 cm menjadi 5 bagian, maka panjang serpihan kayu yang terbuang tidak lebih dari 5 mm sehingga ukuran keseluruhan kayu tetap stabil.

  1. Pakai Gergaji sesuai Kegunaannya

Begitu banyak variasi gergaji menurut kegunaannya seperti gergaji kayu, gergaji tripleks, gergaji gypsum, gergaji pipa, gergaji besi, dan lain-lain. Selalu gunakan gergaji dengan model yang sesuai. Sebagai contoh, ketika Anda ingin memotong tripleks sebaiknya pakai gergaji khusus untuk tripleks, jangan menggunakan gergaji kayu biasa. Pemakaian gergaji yang sesuai ini berpengaruh besar terhadap kemudahan Anda dalam memotong material serta kualitas hasil potongannya.

Selamat mencoba!