Sipil
Jan26

Rumus Cara Menghitung Volume Galian Tanah Pondasi

Pekerjaan galian tanah dilaksanakan setiap kali kita hendak membuat pondasi bangunan. Namun sebelum pekerjaan ini dimulai, kita perlu melakukan estimasi terlebih dahulu. Salah satunya adalah menghitung volume galian tanah pondasi yang akan dibuat. Bagaimanakah rumus penghitungannya?

volume-galian-pondasi-tanah.jpg

Pondasi adalah struktur yang menjadi dasar penopang berdirinya suatu bangunan. Ketepatan pembuatan pondasi berpengaruh besar terhadap kekokohan bangunan di atasnya. Oleh karena itu, pembuatan pondasi harus disesuaikan volumenya dengan kebutuhan landasan yang diperlukan oleh bangunan tersebut.

Pada dasarnya, penghitungan volume galian tanah bisa dilakukan menggunakan rumus volume balok atau prisma tergantung bentuk pondasi yang direncanakannya. Ada kalanya suatu pondasi dibuat balok sempurna dengan ketinggian yang lurus. Tetapi untuk pondasi di tanah yang labil perlu ketinggian yang dibentuk miring layaknya prisma yang berpenampang trapesium.

Untuk dapat lebih memahami penjelasan di atas silahkan perhatikan gambar dari Arafuru di bawah ini!

A. Pondasi Berbentuk Balok dengan Penampang Persegi

cara-menghitung-galian-tanah.jpg

RUMUS :

V = P x L x T

Keterangan :

V = volume pondasi (m3)

P = panjang pondasi (m)

L = lebar pondasi (m)

T = tinggi pondasi (m)

B. Pondasi Berbentuk Prisma dengan Penampang Trapesium

rumus-menghitung-pondasi.jpg

RUMUS

V = (La + Lb) x P x T : 2

Keterangan :

V = volume pondasi (m3)

La = lebar atas pondasi (m)

Lb = lebar bawah pondasi (m)

P = panjang pondasi (m)

T = tinggi pondasi (m)

Contoh Soal

  1. Diketahui Pak Andi berencana membuat galian tanah berbentuk balok untuk pondasi rumahnya. Pondasi tersebut memiliki ukuran panjang 200 m, lebar 0,5 m, dan tinggi 1 m. Berapakah volume galian tanah yang harus dikerjakan oleh Pak Andi?

    Penyelesaian :

    V = P x L x T = 200 x 0,5 x 1 = 100 m3

    Jadi, volume galian tanah tersebut adalah 100 m3

  2. Pak Prasetya ingin mendirikan sebuah rumah tinggal. Namun mengingat kondisi tanah yang dimilikinya cukup labil, ia pun berinisiatif untuk membuat pondasi rumah yang mempunyai penampang trapesium dengan sisi tinggi yang miring. Rencananya galian tanah untuk pondasi tersebut bakal dibuat dengan ukuran panjang 300 m, lebar atas 0.6 m, lebar bawah 0.5 m, dan tinggi 1 m. Hitung volume dari galian tanah tersebut!

    Penyelesaian :

    V = (La + Lb) x P x T : 2 = (0,6 + 0,5) x 300 x 1 : 2 = 165 m3

    Jadi volume galian tanah tersebut adalah 165 m3