Penyebab dan Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Apakah penyebab tembok mengalami retak rambut? Bagaimana pula cara mengatasinya yang tepat? Sebagai pemilik rumah, Anda harus bersabar terhadap segala kemungkinan yang dapat menimpa tempat tinggal Anda. Tidak selamanya rumah Anda tersebut selalu dalam keadaan yang bagus. Ada beberapa masalah yang bisa menimpa rumah, khususnya bagian temboknya. Contohnya yaitu tembok yang mengalami keretakan yang ukurannya kecil sekali. Masalah ini biasanya dinamakan sebagai retak rambut.

Pada dasarnya, kasus tembok yang mengalami retak rambut tidak terlalu berat. Retak rambut hanya terjadi di bagian permukaan saja. Lapisan acian atau plesteran dari tembok tersebut mengalami keretakan akibat proses pembuatannya tidak benar. Terdapat kesalahan yang dilakukan oleh pekerja pada saat mengaci atau memplester tembok. Misalnya pembuatan adukan yang kurang tepat, pelaksanaan yang salah ketika mengaplikasikan adukan ke tembok, atau penggunaan bahan baku yang berkualitas rendah.

Setidaknya ada 4 faktor utama yang menyebabkan tembok mengalami retak rambut, antara lain :

  1. Penggunaan bahan baku untuk membuat adukan plesteran atau acian mempunyai kualitas yang rendah. Akibatnya dinding yang dihasilkan mudah mengalami keretakan.
  2. Kondisi tembok belum kering dengan sempurna ketika dilakukan proses pengecatan. Sehingga kandungan air yang masih terkandung di lapisan acian terhalangi cat.
  3. Pengerjaan pengacian tembok terlalu cepat dan tidak menunggu supaya lapisan plesteran benar-benar kering. Hal ini mengakibatkan acian tidak menempel sempurna.
  4. Pembuatan adukan plesteran dilaksanakan dengan komposisi material yang asal-asalan. Hasilnya lapisan plesteran tidak menempel dengan baik.

Pelaksanaan pembuatan lapisan plesteran dan pengacian tembok harus dilaksanakan sebaik mungkin guna menghindari kemungkinan terjadinya masalah-masalah yang dapat menimpa tembok tersebut. Anda harus melakukan kedua pekerjaan ini sesuai dengan petunjuk yang pernah kami uraikan sebelumnya. Jangan pernah asal-asalan, seenak hati, atau terburu-buru dalam menyelesaikan pekerjaan sebab hasilnya pasti tidak akan maksimal.

/mengatasi-tembok-retak-rambut.jpg

Jika tembok di rumah Anda sudah terlanjur mengalami retak tembok, Anda bisa mengatasinya menggunakan langkah-langkah di bawah ini!

  1. Gosok permukaan tembok menggunakan ampelas kasar hingga lapisan aciannya bisa terlihat jelas.
  2. Kikislah lapisan acian tepat di mana retak rambut ini terlihat. Anda bisa memakai kape atau sikat besi.
  3. Bersihkan permukaan plesteran memakai kain lap basah untuk menghilangkan kotoran sekaligus melembabkannya.
  4. Gunakan wall filler, semen khusus atau semen nat untuk menutup bagian plesteran tembok yang retak.
  5. Pastikan tembok sudah tertutup dengan sempurna. Kemudian tunggu selama 24 jam supaya tembok mengering.
  6. Apabila permukaan tembok bekas tambalan tidak rata, Anda bisa mengampelasnya terlebih dahulu.
  7. Aplikasikan cat dasar ke permukaan tembok secara merata dan tipis saja. Lalu biarkan kering minimal selama 10 jam.
  8. Kuaskan cat dinding ke permukaan tembok sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Terapkan sebanyak 2 kali lapisan cat.