Sipil
Mar15

Penjelasan : Metode Pelaksanaan Jalan Paving

Metode pelaksanaan jalan paving terdiri atas pekerjaan-pekerjaan yang saling terangkai satu sama lain. Dimulai dari tahap persiapan awal, pekerjaan tanah, perkerasan jalan, sampai dengan pekerjaan akhir. Semua langkah kerja ini harus dilaksanakan dengan benar untuk dapat menghasilkan jalan paving yang berkualitas terbaik.

metode-pelaksanaan-jalan-paving.jpg

Dan berikut adalah tahap-tahap pelaksaan jalan paving ala Arafuru selengkapnya :

Tahap 1 : Persiapan Awal

Sebelum proses pembuatan jalan paving dilakukan, Anda perlu membersihkan dan mengamankan area kerja terlebih dahulu agar proses penyetelan lapangannya lebih mudah. Kemudian lakukan pengukuran lokasi untuk menentukan tata letak area kerja yang dilanjutkan dengan pemasangan patok pembatas. Setelah itu, periksa kelengkapan material bahan bangunan yang akan dipakai untuk membuat jalan paving ini. Disarankan pula untuk mengambil foto area kerja dari keempat arah mata angin sebagai dokumentasi.

Tahap 2 : Pekerjaan Tanah

Hamparkan pudel sedemikian rupa untuk menormalisasikan kondisi jalan, lalu padatkan dengan mesin wales bertenaga 6-8 ton. Buatlah galian tanah sebagai tempat untuk memasang kanstin, kemudian pasang kanstin tersebut dengan benar. Langkah berikutnya siramlah lapisan urugan pasir setebal 5 cm yang ada di bawah paving dengan menggunakan air secukupnya supaya timbunannya kian memadat.

Tahap 3 : Perkerasan Jalan

Anda bisa memakai bahan baku berupa paving block K-300 yang memiliki ketebalan 8 cm untuk membuat jalan. Paving-paving tersebut lantas dipasang menggunakan metode tertentu untuk menghasilkan jalan yang memiliki susunan yang rapi. Jangan lupa untuk memotret gambar pelaksanaan pembuatan jalan paving ini sebagai dokumentasi. Proses selanjutnya ialah pekerjaan pembangunan bahu jalan yang mempunyai lebar 1 meter di sebelah kanan dan kiri jalan. Setelah itu, kerjakan pula pemadatan paving serta bahu jalan memakai mesin pemadat.

Tahap 4 : Pekerjaan Akhir

Setelah tahap-tahap pelaksanaan pekerjaan jalan paving ini telah selesai, area kerja tersebut perlu dibersihkan terutama dari sisa-sisa material yang tidak terpakai. Semua alat-alat kerja juga perlu dicek kelengkapannya, dibersihkan, lalu disimpan kembali di tempat yang aman. Potret beberapa foto yang memuat hasil pekerjaan jalan paving ini dari berbagai sisi pengambilan. Terakhir, bersama dengan petugas pemantau, Anda bisa melaksanakan pemeriksaan lapangan secara menyeluruh.