Sipil
Jan6

Pengertian VOID dan Fungsinya

Pada kontruksi bangunan, pengertian VOID adalah ruangan kosong yang terletak di tengah-tengah antara lantai atas dan lantai bawah. Ruang VOID berfungsi sebagai pengatur sirkulasi udara supaya temperatur di interior bangunan tetap terjaga kelancarannya. Di samping itu, keberadaan VOID juga memungkinkan cahaya matahari sanggup memasuki ruangan yang ada di dalam bangunan walaupun tidak dilengkapi dengan jendela.

Adanya VOID penting untuk mendukung kenyamanan dan kesehatan suatu bangunan, terutama untuk bangunan yang tidak memiliki jarak cukup dengan bangunan-bangunan di sekelilingnya. Bangunan-bangunan yang saling berhimpitan ini tentu mustahil apabila dibuatkan jendela di samping kanan dan kiri. Hanya bagian depan rumah saja yang masing memungkinkan untuk dibangun jendela yang ideal. Oleh karena itulah VOID diciptakan sebagai solusi atas permasalahan tersebut.

pengertian-void.jpg

Kebanyakan VOID dibangun pada konstruksi berlantai lebih dari tiga tingkatan. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa VOID juga bisa dibuat di bangunan yang mempunyai satu lantai. Tetapi syaratnya ialah bangunan tersebut harus memiliki dinding dan plafon yang berukuran lebih tinggi daripada biasanya.

VOID untuk bangunan berlantai satu hendaknya tidak dihiasi dengan ornamen-ornamen tertentu seperti lampu gantung, kristal, dan sebagainya. Alasannya untuk mencegah timbulnya kesan interior yang terasa lebih pendek dan lebih sempat. Sebaliknya, jika bidang vertikal pada interior bangunan tersebut dibiarkan kosong, maka bakal memunculkan kesan lebih luas dan lebih lapang.

Di bawah ini manfaat-manfaat VOID bagi suatu bangunan :

1. Bisa Membuat Taman di Interior

Berkat VOID, Anda bisa membuat taman di dalam rumah. Anda tidak perlu khawatir tanaman-tanaman yang dipelihara bakalan mati karena kebutuhan akan cahaya mataharinya tetap tercukupi dengan baik. Bahkan adanya VOID juga dapat membebaskan Anda berkreasi sepenuhnya lantaran Anda bisa membuat taman di ruangan manapun.

2. Tidak Perlu Lampu di Siang Hari

Tidak sedikit pemilik rumah yang menyalakan lampu di siang hari karena kondisi di dalamnya minim cahaya. Padahal jika mereka mau berinvestasi dengan VOID, lampu di rumah tidak perlu menyala lagi ketika siang. VOID membuat cahaya matahari bisa leluasa masuk ke rumah sehingga membuat interior tampak terang. Dijamin tagihan listrik bulanan Anda akan menurun drastis.

3. Menyejukkan Udara di Dalam Rumah

Yap, salah satu fungsi utama VOID ialah memperbaiki perputaran sirkulasi udara di dalam rumah. Interior seketika akan terasa lebih sejuk dibandingkan dengan sebelumnya apabila telah didukung oleh VOID. Ini artinya Anda tidak memerlukan lagi kipas angin maupun AC karena rumah sudah terasa sejuk. Dengan kata lain, penghematan energi pun dapat berjalan lebih efektif.

4. Memudahkan Komunikasi Antar Lantai

Biasanya komunikasi yang berlangsung di bangunan bertingkat sangat sulit dilakukan terutama untuk lantai bawah dengan lantai di bagian atasnya. Hal ini disebabkan ukuran pelat lantai yang tebal sulit sekali ditembus oleh gelombang suara. Sehingga para pemilik harus naik terlebih dahulu untuk berbicara dengan penghuni di lantai atas, ataupun sebaliknya. Keberadaan VOID mendukung kelancaran komunikasi sebab suara dari bawah bisa didengar oleh penghuni di lantai atas dan sebaliknya.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Pembuatan VOID

Dalam membangun VOID, Anda harus memperhatikan posisi penempatan VOID tersebut. Periksa arah kedatangan sinar matahari untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk ke interior bangunan. Pastikan jumlah sinar matahari yang masuk tidak terlalu banyak karena bakal mengakibatkan ruangan menjadi silau.

Caranya Anda bisa menyesuaikan ukuran VOID dengan intensitas cahaya yang dibutuhkan. Apabila ukuran VOID terlalu kecil, maka ruangan tidak tersinari dengan baik. Sebaliknya, jika ukuran VOID terlalu besar, tentu ruangan bakal terlihat silau dan terasa panas.

Disarankan pula untuk membuat VOID berdasarkan desain bangunan yang diinginkan. VOID yang bergaya tradisional umumnya dihiasi dengan material-material alami seperti batu alam, kayu, dan dedaunan. Sedangkan bila Anda menginginkan desain VOID yang bergaya modern, cobalah untuk memilih material yang tegas, sederhana, dan terbarukan.