Sipil
Feb9

Pengertian Struktur Bangunan Bentang Lebar

Apa itu struktur bangunan bentang lebar? Apakah fungsi dan kegunaan dari prinsip struktur bangunan ini? Bagaimanakah tingkat kerumitan, masalah, serta teknik pemecahan masalah di dalam bangunan bentang lebar? Sebutkan pula contoh-contoh struktur bentang lebar, baik yang ada di Indonesia maupun dunia!

pengertian-struktur-bentang-lebar.jpg

Pengertian

Bangunan bentang lebar adalah bangunan yang memungkinkan pemakaian ruang bebas kolom yang selebar dan sepanjang mungkin. Menurut tingkat kerumitan strukturnya, terdapat dua macam bangunan bentang lebar yaitu bangunan sederhana dan bangunan kompleks. Bangunan bentang lebar sederhana dibuat berdasarkan teori dasar tanpa pengembangan apapun. Sementara itu, pendirian bangunan bentang lebar kompleks dilakukan melalui modifikasi dari teori awal dan penggabungan beberapa sistem struktur bentang lebar.

Fungsi utama dari pendirian struktur bangunan bentang lebar ialah menciptakan ruangan bebas kolom yang cukup luas. Dengan tidak adanya tiang-tiang kolom, suatu ruangan akan terasa lebih lapang dan bebas. Biasanya aplikasi struktur bangunan ini banyak diterapkan di gedung stadion, gedung teater, gedung auditorium, gedung exhibition, dan gedung pameran.

Pembagian struktur bentang lebar menurut Schodek (1998) bisa dikelompokkan menjadi 5 bagian sistem struktur antara lain :

  1. Struktur rangka batang dan rangka ruang
  2. Struktur furnicular berupa kabel dan pelengkung
  3. Struktur plan dan grid
  4. Struktur membran berupa pneumatik, tent, dan net
  5. Struktur cangkang

Sedangkan menurut Sutrisno (1989), struktur bentang lebar bisa dipisahkan menjadi 3 bagian yaitu struktur ruang, struktur permukaan bidang, serta struktur kabel jaringan. Struktur ruang terdiri atas struktur rangka batang (konstruksi bangunan petak) dan struktur rangka ruang. Sementara itu, struktur permukaan bidang meliputi struktur lipatan, struktur cangkang, struktur membran, dan struktur pneumatik. Begitu pula dengan struktur kabel jaringan, struktur ini mencakup hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan kabel dan jaringan.

Tahukah Anda, struktur-struktur yang menyusun bangunan bentang lebar ini mempunyai tingkat kerumitan yang berbeda-beda. Penyebab utama dari kerumitan tersebut bukan lain adalah gaya yang bekerja pada masing-masing struktur tersebut juga tidak sama. Jadi perhitungan gaya total ini perlu dilaksanakan dengan cermat sehingga tercipta sebuah bangunan yang aman dan nyaman dihuni.