Sipil
Feb15

Pedoman Praktis, Cara Membuat Ubin Teraso

Butuh bantuan untuk membuat ubin teraso yang benar? Ada banyak sekali material yang dapat digunakan untuk menutupi lantai bangunan. Salah satu di antaranya adalah ubin teraso. Yap, bahan ini biasanya dipakai untuk menciptakan ruangan yang bernuansa klasik, sederhana, dan tradisional. Istilah teraso berasal dari kata terrazzo, di mana terra berarti bumi.

cara-membuat-ubin-teraso.jpg

Pada dasarnya, bahan yang digunakan untuk membuat ubin teraso mirip seperti ubin tegel. Hanya saja permukaan lantai ini diberikan pelapis berupa campuran marmer dan karang sehingga strukturnya lebih keras. Di pasaran, kebanyakan lantai teraso tersedia dalam ukuran 20 x 20 cm, 30 x 30 cm, 40 x 40 cm, dan 50 x 50 cm.

Lantai teraso mempunyai kelebihan pada pilihan variasinya yang cukup banyak. Sayangnya pemasangan lantai ini cukup merepotkan karena harus dipoles terlebih dahulu untuk mengkilapkan permukaannya. Selain itu, pori-pori pada ubin teraso yang cukup besar menjadikannya gampang kotor sehingga perlu dibersihkan secara rutin.

Bagi Anda yang merasa penasaran bagaimana proses pembuatan ubin teraso dilakukan, simak pedoman praktisnya berikut ini!

Bahan yang dibutuhkan :

  • 2 kg bijih teraso
  • 1 kg semen putih
  • 2 kg semen blau
  • 2 ons mell
  • 2 kg pasir ayak
  • pewarna secukupnya
  • air secukupnya

Alat yang digunakan :

  • Cetakan ukuran 30 x 30 x 5 cm
  • Ember
  • Cetok

Cara membuat :

  1. Letakkan cetakan di tempat yang bersih dan memiliki permukaan rata.
  2. Masukkan bijih teraso ke dalam cetakan secukupnya. Jangan lupa padatkan dan ratakan tumpukan bijih teraso tersebut.
  3. Buat adukan yang terdiri dari semen portland, mell, dan air di dalam ember. Lalu aduk-aduk supaya tercampur rata. Pastikan adukan ini agak kental dan tidak terlalu cair supaya mudah digunakan.
  4. Tuangkan adukan di atas ke dalam cetakan. Pastikan semua volumenya terisi penuh. Diamkan cetakan selama 30 menit agar mengering.
  5. Buatlah adukan kedua yang terdiri atas semen blau, pasir ayak, dan air. Pastikan Anda mengaduknya sampai tercampur merata juga ya! Karakteristik adukan kedua yang diharapkan adalah kental.
  6. Adukan kedua tadi juga diaplikasikan ke dalam cetakan. Anda bisa menekan-nekan adukan di dalam cetakan supaya adukan kedua ini terserap ke dalamnya.
  7. Adukan ubin teraso yang ada di dalam cetakan akan mengering sempurna dalam waktu 24 jam. Keesokan harinya Anda sudah bisa menerapkan pewarna dan pengkilap supaya tampilan ubin teraso semakin indah.

Selamat mencoba!