Sipil
Sep8

Panduan Memasang Rumput Sintetis Paling Lengkap

Anda sedang berniat untuk memasang rumput sintetis? Rumput sintetis adalah rumput buatan manusia. Bahan yang digunakan biasanya berupa serat silikon atau bahan lain sesuai dengan perusahaan masing-masing. Setelah diproses sedemikian rupa, bahan tersebut akhirnya membentuk suatu matras yang wujudnya menyerupai hamparan rumput. Pokoknya tampak segar saat dipandang deh. Rumput sintetis merupakan pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang menginginkan hunian asri tapi tidak mempunyai banyak waktu untuk merawatnya.

Bisa Anda perhatikan pada gambar terlampir berikut ini bahwa rumput sintetis tidak ubahnya terlihat seperti rumput alami. Rumput ini memang terbukti sangat berguna untuk memperindah lingkungan tempat tinggal. Selain dipasang di interior, rumput sintetis juga boleh banget dipasang di eksterior. Anda bisa membeli rumput sintetis di TokoTanaman.com sebab harga di sana tergolong miring dibandingkan dengan toko-toko online lainnya. Pilihan ragamnya pun sangat banyak dengan kualitas pasti nomor satu.

cara-memasang-rumput-sintetis.jpg

Pada prinsipnya, proses pemasangan rumput sintetis tidak ubahnya seperti memasang lantai kayu. Anda bisa menempelkan rumput tersebut ke permukaan lantai beton yang menjadi alasnya menggunakan lem atau paku. Untuk pemasangan di area interior, sebaiknya pasanglah rumput sintetis memakai lem agar hasilnya lebih rapi. Berbeda dengan pemasangan rumput sintetis di eksterior disarankan menggunakan paku supaya lebih kuat, tidak gampang terlepas, serta tahan terhadap segala kondisi cuaca.

Bagi Anda yang sudah membeli rumput sintetis, silakan ikuti panduan pemasangannya dengan langkah-langkah berikut ini!

  1. Mulailah dengan mengukur lantai ruangan yang akan dipasangi karpet rumput sintetis. Setelah itu, Anda bisa membeli rumput sintetis di www.tokotanaman.com sesuai ukuran tersebut yang dilebihkan sedikit untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan pengukuran atau kesalahan pemotongan.
  2. Rumput sintetis paling baik dipasang di atas lantai semen. Jika belum ada, silakan Anda bisa membuat lantai semen dengan mengikuti petunjuk di sini. Permukaan lantai yang dibuat harus betul-betul rata. Lantai yang tidak rata akan mengakibatkan hamparan rumput sintetis menjadi bergelombang dan tidak bagus.
  3. Bersihkan seluruh permukaan lantai yang telah dibuat tersebut agar bebas dari kotoran dan debu. Kondisi lantai juga harus dipastikan sudah benar-benar kering, khususnya bila Anda berencana memasang rumput sintetis menggunakan lem sehingga bisa menempel kuat. Jangan lupa Anda pun perlu mengelap permukaan bagian belakang rumput sintetis sampai bersih dan kering.
  4. Letakkan rumput sintetis tepat di atas permukaan lantai dengan posisi yang pas dengan menghamparkannya. Cobalah mengatur peletakan rumput sintetis tersebut supaya benar-benar pas sesuai ruangan serta tidak ada bagian yang bergelombang. Biarkan rumput sintetis ini tetap terhampar begitu saja selama 3-5 jam untuk mengantisipasi ukurannya memanjang/mengecil akibat pemuaian. Setelah itu, bagian pinggiran karpet yang berlebihan bisa dipotong menggunakan gunting yang tajam.
  5. Kini waktunya untuk menempelkan rumput sintetis ke lantai secara permanen. Sekali lagi kami sarankan untuk pemasangan di interior bisa menggunakan lem. Kami biasanya memakai lem kayu untuk menempelkan rumput sintetis. Oleskan lem tersebut di permukaan bagian belakang rumput sintetis, lalu segera letakkan di atas lantai. Atur posisinya sedemikian rupa supaya rapi.
  6. Sementara itu, bila Anda ingin memasang rumput sintetis di eksterior seperti taman, carport, teras, dan lain-lain, silakan bisa menempelkannya memakai paku. Gunakan paku usuk dari baja biar tidak mudah berkarat. Paku-paku ini sebaiknya dipasang pada jarak 30 x 30 cm sehingga rumput sintetis tersebut bisa tertempel kuat dan tidak gampang lepas.