Panduan Cara Pemasangan Genteng Aspal

Bagaimana cara pemasangan genteng aspal yang benar? Ada banyak sekali pilihan material yang dapat digunakan sebagai atap bangunan. Salah satu di antaranya adalah genteng aspal. Genteng aspal bukanlah material untuk atap rumah. Genteng ini sudah banyak dipakai, baik pada rumah tradisional maupun rumah yang bergaya modern. Ciri-ciri genteng aspal yaitu tersusun atas aspal, berbentuk lembaran, dan memiliki bobot yang ringan.

Genteng aspal menjadi salah satu alternatif genteng terbaik untuk atap rumah selain genteng dari tanah liat, metal, atau beton. Kelebihannya adalah dapat merespons panas dengan baik, meredam suara bising, serta tahan terhadap air hujan. Terdapat 2 jenis profil genteng aspal yang beredar di pasaran yaitu genteng aspal datar dan genteng aspal bergelombang. Apakah perbedaan antara kedua jenis genteng aspal tersebut?

cara-pemasangan-genteng-aspal.jpg

Genteng aspal berprofil datar memiliki kandungan yang terdiri dari serat fiberglass dan butiran bebatuan menyerupai pasir yang telah berglazur. Pemasangan genteng aspal datar ini biasanya mengandalkan tumpuan dari papan multipleks. Sedangkan genteng aspal dengan profil yang bergelombang dibuat dari campuran serat organik, resin, dan bahan mineral aditif. Genteng ini dipasang dengan bertumpu langsung pada gording, tanpa reng, dan memakai pengikat dari paku atau sekrup.

Berikut ini langkah-langkah pemasangan genteng aspal yang akan memandu Anda!

  1. Anda bisa memulainya dengan memasang reng terlebih dahulu sebagai rangka atap bangunan. Jarak maksimal antara reng satu ke reng lainnya adalah 40,5 cm dihitung dari masing-masing as reng.
  2. Pasang multipleks tepat di atas reng menggunakan paku atau sekrup. Pastikan Anda memasangnya dengan benar agar menghasilkan susunan multipleks yang rapi. Fungsi papan multipleks ini sebagai tumpuan.
  3. Pasanglah pelapis underlayer di atas papan multipleks. Anda bisa menggunakan bahan pelapis underlayer dari geotextile apabila kemiringan atap sekitar 15-90 derajat. Tetapi jika kemiringan atap antara 1-15 derajat, Anda bisa memakai pelapis underlayer waterproofing membrane jenis torching dengan ketebalan minimal 2 mm.
  4. Pasang awalan genteng aspal yang dinamakan starter. Starter ini berfungsi untuk menutupi celah-celah di antara genteng aspal yang umumnya tampak jelas kalau dilihat dari bawah.
  5. Setelah starter sudah dipasang, genteng-genteng aspal dipasang secara bertahap. Pasanglah lembarangenteng tersebut satu per satu dimulai dari area bawah terlebih dahulu dan berderet secara horizontal. Kemudian berlanjut ke bagian atasnya.
  6. Khusus di area bubungan/nok, atap genteng perlu dipotong menjadi tiga bagian dengan batasan nat/parit dari atas ke bawah. Setelah itu, setiap daun di bagian nat tersebut dipotong sudut. Pemasangannya dilakukan dengan cara ditumpuk.
  7. Agar hasilnya baik, pemasangan genteng aspal harus dilaksanakan secara tepat dan rapi. Pastikan Anda telah memasangnya sesuai perencanaan desain yang ada serta ketentuan yang telah disyaratkan oleh pihak pemilik.