Memasang Wallpaper di Dinding yang Belum Dicat, Apakah Bisa?

Anda mungkin tertarik memasang wallpaper di dinding rumah? Alasannya karena wallpaper mempunyai pesona yang lebih menarik daripada cat dinding. Namun apa daya, dinding di rumah Anda belum dicat. Anda pun lantas mengurungkan niat untuk memasang wallpaper dinding. Akan tetapi, apakah memang wallpaper tidak dapat dipasang pada dinding yang belum dicat? Atau tidak masalah dinding yang belum dicat tersebut dipasangi wallpaper? Mari kita cari tahu jawabannya!

Ternyata wallpaper pun boleh dipasang di permukaan dinding yang belum diwarnai menggunakan cat loh. Anda juga bisa memasang wallpaper pada dinding yang belum dicat. Malahan memasang wallpaper di dinding yang belum dicat ini justru lebih bagus hasilnya. Sebab wallpaper dapat menempel di dinding yang belum dicat dengan lebih kuat dibandingkan dinding yang telah dicat tetapi sudah cukup lama. Lem perekat bahan wallpaper mampu merekat kuat di permukaan dinding ini.

memasang-wallpaper-di-dinding.jpg

Namun tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar wallpaper bisa terpasang dengan baik di dinding yang belum dicat. Di antaranya yaitu kondisi dinding harus bersih dari kotoran dan permukaan dinding tersebut tidak lembab. Persyaratan lainnya ialah permukaan dinding memiliki tekstur yang halus karena telah dilapisi dengan acian. Jangan pernah memasang wallpaper di dinding yang baru diplester sebab kasarnya tekstur dinding tersebut akan mengakibatkan wallpaper cepat rusak dan robek. Anda juga harus memastikan dinding memiliki permukaan yang rata dan tidak bergelombang.

Proses pemasangan wallpaper di dinding yang belum dicat sama saja seperti dinding-dinding yang lain. Panduan berikut ini akan membantu Anda belajar memasang wallpaper sendiri!

Bersihkan Permukaan Dinding

Anda dapat memulainya dengan membersihkan permukaan dinding yang bakal dipasangi wallpaper terlebih dahulu. Sebaiknya lakukan pembersihan secara total supaya hasilnya nanti pun optimal. Di sini Anda bisa mencuci permukaan dinding tersebut. Gunakan spons dan air sabun untuk membersihkan dinding. Usapkan air sabun ke permukaan dinding menggunakan spons dengan gerakan yang berulang-ulang sampai kondisi dinding menjadi bersih. Kemudian biarkan selama 8-10 jam sampai kondisi dinding menjadi benar-benar kering kembali.

Siapkan Wallpaper Dinding

Sembari menunggu kondisi dinding kembali menjadi kering, Anda bisa menyiapkan wallpaper yang akan dipasang di permukaan dinding tersebut. Di pasaran, ada 2 jenis wallpaper dinding yaitu wallpaper yang sudah dilengkapi perekat dan wallpaper tanpa perekat. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Wallpaper dengan perekat lebih praktis. Sedangkan wallpaper yang perlu tambahan lem perekat dapat menempel lebih kuat. Perhatikan dengan motif dan warna wallpaper tersebut. Kenali ciri-ciri wallpaper yang Anda gunakan dengan baik.

Rencanakan Pola Wallpaper

Memasang wallpaper berbeda dengan mengecat dinding. Wallpaper mempunyai motif/corak tertentu yang membuatnya istimewa. Sedangkan cat memiliki tampilan yang polos. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dalam memasang wallpaper. Rencanakan dengan baik posisi pemasangan wallpaper ini pada permukaan dinding. Usahakan motifnya dapat tampil dengan sempurna. Motif ini tidak boleh terpotong di tengah jalan meskipun nantinya Anda mungkin perlu menyambung wallpaper. Pastikan titik sambungan wallpaper tersamarkan.

Pasang Wallpaper di Dinding

Kini waktunya untuk memasang wallpaper ke permukaan dinding. Anda bisa memulainya dari salah satu sudut dinding bagian atas. Mintalah bantuan orang lain untuk memegangi ujung wallpaper yang lainnya. Tempelkan wallpaper ke permukaan dinding dengan hati-hati. Mulailah dari bagian ujungnya. Setelah ujung wallpaper ini menempel, barulah Anda bisa merapatkan sisi di sebelahnya. Terus rapatkan bagian wallpaper tersebut ke bawah sampai semuanya berhail terpasang. Untuk semakin meratakan serta memampatkan wallpaper agar dapat menempel kuat, Anda bisa merapatkan wallpaper tersebut dengan spons.

Lakukan Finishing Tahap Akhir

Sebagai finishing tahap akhir yaitu mengecek kembali hasil kerja Anda apakah sudah bagus atau belum? Apakah wallpaper tersebut telah terpasang dengan rapi atau tidak? Kalau ada bagian wallpaper yang masih belum terpasang dengan benar misalnya wallpaper yang terlipat, posisinya miring, atau wallpaper yang melembung akibat adanya udara yang terjebak di dalamnya, Anda harus segera memperbaikinya sebelum wallpaper tadi benar-benar menempel dengan kuat di permukaan dinding. Lepaskan bagian wallpaper yang dimaksud dengan hati-hati, lalu pasang lagi dengan benar.