Sipil
Feb11

Klik! Cara Memasang Plafon Triplek yang Benar

Bagaimana cara memasang plafon triplek yang benar? Tidak sedikit bahan bangunan yang bisa dimanfaatkan untuk membentuk plafon rumah. Salah satunya ialah triplek. Yap, triplek memiliki keunggulan dari segi harganya yang murah dan proses pemasangannya yang mudah. Cukup menyusun triplek di rangka sedemikian rupa, jadilah plafon sesuai yang Anda inginkan.

cara-memasang-plafon-triplek.jpg

Triplek adalah semacam papan pabrikan yang terdiri atas lapisan kayu yang direkatkan bersama-sama. Triplek seringkali disebut juga multiplek, kayu lapis, atau plywood. Karakteristiknya antara lain fleksibel, murah, ramah lingkungan, dan sederhana. Penggunaan triplek umumnya dipakai untuk membuat lantai, sekat ruangan, dan plafon.

Simak langkah-langkah pemasangan plafon dari triplek berikut ini!

Bahan-bahan :

  • Triplek
  • Kayu usuk sebagai rangka
  • Paku atau skrup
  • Cat kayu
  • Kompon atau dempul

Peralatan :

  • Gergaji
  • Palu atau martil
  • Obeng
  • Meteran
  • Penggaris siku
  • Benang ukur
  • Waterpass
  • Pensil

Cara Membuat :

  1. Periksa tingkat kerataan permukaan dinding bagian atas apakah sudah rapi atau belum. Pastikan atap rumah tidak bocor sebab musuh utama triplek ialah air. Disarankan memasang lembaran plastik di bawah atap untuk melindungi triplek dari kebocoran.
  2. Lakukan pengukuran ketinggian atau elevasi posisi plafon yang dikehendaki. Tandai batas atas dinding yang akan dipasangi rangka dan plafon menggunakan benang ukur. Cek kembali ketepatan posisi tanda-tanda tersebut memakai meteran dan waterpass.
  3. Pasang rangka plafon tepat pada tanda-tanda yang sudah dibuat sebelumnya. Usahakan kayu usuk yang digunakan mempunyai wujud yang lurus agar tidak menyebabkan permukaannya bergelombang. Sebagai tips tambahan, plafon akan tampak rapi apabila susunan tripleknya simetris antara bidang kiri dan kanan.
  4. Sebelum triplek dipasangkan pada rangka, lakukan ujicoba kekuatan rangka terlebih dahulu. Caranya yaitu menggantungkan beberapa beban dengan berat total yang sesuai dengan harapan. Bila rangka mampu menahan beban dengan baik, artinya rangka tersebut telah memenuhi syarat kelayakan.
  5. Kini saatnya memasang triplek di rangka plafon yang sudah terpasang. Pemasangannya sebaiknya dimulai dari bidang tengah kemudian menyebar ke pinggir ruangan untuk menjaga kerapiannya. Usahakan pula tidak ada celah yang terbentuk di antara kedua lembaran triplek karena akan merusak tampilannya. Setelah rampung, periksa kembali kerataan plafon tersebut untuk memastikan kebenarannya.
  6. Langkah selanjutnya yakni pekerjaan finishing. Anda bisa mengaplikasikan kompon di permukaan plafon yang cacat untuk menutupinya. Permukaan plafon yang mengalami keretakan, berlubang, timbul, ataupun tidak rata harus diratakan menggunakan kompon.
  7. Setelah kompon mengering, kini saatnya menguaskan cat sesuai warna yang Anda sukai. Klik Ide-ide Warna Cat Plafon untuk mendapatkan inspirasi warna plafon yang indah.

Memang betul, memasang plafon yang berbahan dari triplek tidaklah begitu sulit. Malahan jika mau, Anda pun dapat mengerjakannya sendiri di rumah. Yang terpenting adalah niat untuk melakukannya secara hati-hati dan sesuai dengan petunjuk yang benar. Selamat mencoba!