Kiat-kiat Membuat Septic Tank Panjang Usia

Apakah Anda membutuhkan kiat-kiat untuk membuat septic tank yang panjang usia? Septic tank berfungsi sebagai tempat penampungan kotoran padat dan cair. Keberadaannya berkaitan erat dengan kegiatan biologis seluruh penghuni rumah. Oleh sebab itu, septic tank harus dibuat dengan perencanaan dan perancangan yang tepat supaya tidak gampang penuh dan mampat. Jika keliru dalam pembuatannya, bukan tidak mungkin masa pakai septic tank tersebut akan singkat sekali.

Pada dasarnya, suatu septic tank tersusun atas pipa saluran dari kloset, bak penampungan kotoran, bak resapan, dan pipa pelepasan udara. Setiap bagian yang menyusun septic tank harus diperhatikan spesifikasinya agar sesuai dengan SNI yang berlaku. Begitu pula dengan proses pembuatannya wajib memperhatikan ketentuan yang ada serta dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, di samping septic tank Anda bakal awet, septic tank tersebut pun tidak menimbulkan bahaya.

tips-membuat-septic-tank.jpg

Di bawah ini hal-hal yang wajib diperhatikan supaya septic tank buatan Anda memiliki usia pakai yang lebih lama :

Kemiringan Pipa Saluran dari Kloset

Pipa saluran yang menghubungkan antara kloset dan septic tank berpengaruh besar terhadap kelancaran proses pembuangan limbah. Semakin besar selisih antara ketinggian kloset dan permukaan air bak penampung kotoran akan semakin baik. Setidaknya kemiringan tersebut minimal adalah 2 persen. Ini berarti setiap panjang pipa saluran sejauh 100 cm harus ada perbedaan ketinggian paling tidak 2 cm. Lebih besar selisih ketinggian tersebut akan semakin baik.

Pemilihan Pipa Saluran

Jenis pipa yang paling tepat digunakan untuk membuat saluran air kotor adalah pipa PVC. Pipa ini dipilih karena terbukti awet, tidak mudah rusak, anti karat, serta tidak tembus air. Anda bisa menggunakan pipa PVC yang berdiameter minimal 4 inci sehingga kapasitasnya per suatu waktu cukup besar. Semakin banyak jumlah toilet di rumah Anda, maka disarankan pakailah pipa PVC yang mempunyai diameter lebih besar. Sebisa mungkin bentuk saluran air kotor ini dibuat tegak lurus dengan meminimalisir belokkan. Sebab area belok atau sudut di dalam saluran pipa biasanya rawan sekali mengalami mampat.

Perhatikan Kapasitas yang Dibutuhkan

Ukuran kapasitas septic tank yang ideal untuk suatu rumah bersifat tidak tetap. Hal ini dikarenakan ukuran tersebut harus disesuaikan dengan jumlah penghuni rumah. Semakin banyak orang yang tinggal di suatu rumah, maka septic tank yang melengkapi rumah tersebut wajib dibuat semakin lebar. Misalnya ukuran septic tank yang pas untuk rumah yang dihuni oleh 4 orang adalah 1,5 x 1,5 x 2 m. Sedangkan bak endapan lumpurnya dibuat dengan ukuran 1 x 1 x 2 m.

Pastikan Bak Kuat dan Kedap Air

Limbah yang terdapat di dalam septic tank bersifat sangat berbahaya dan dapat mencemari lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, bagian dinding, dasar, dan penutup bak utama tersebut harus dibuat menggunakan bahan baku yang berkualitas tinggi supaya kokoh dan kedap air. Disarankan buatlah bak endapan dan resapan yang mempunyai dasar yang dilapisi campuran pasir dan kerikil.