Sipil
Jan23

Ini Dia Tujuan Bowplank yang Sebenarnya

Tahukah Anda, apakah tujuan bowplank yang sebenarnya? Mengapa perlu memasang bowplank saat hendak mendirikan suatu bangunan? Apa pula fungsi dan kegunaan dari struktur bangunan yang bersifat sementara ini? Yuk, kita cari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang bowplank tersebut secara bersama-sama!

tujuan-bowplank.jpg

Pengertian bowplank bisa diartikan sebagai tanda-tanda yang dipasang untuk menentukan posisi pembuatan struktur-struktur bangunan. Pekerjaan pemasangan bowplank dilaksanakan pertamakali pada saat kita berniat membuat bangunan, terutama untuk proyek yang berhubungan dengan gedung bertingkat. Bowplank biasanya dibuat dari bahan papan kayu berkualitas rendah mengingat penggunaannya hanya bersifat non-permanen karena nantinya akan dibongkar.

Pada dasarnya, tujuan utama bowplank ialah menentukan titik-titik posisi, kelurusan, dan galian pondasi rumah. Bowplank berperan penting sebagai patokan dalam penentuan ketinggian, pengukuran lebar dan panjang, serta penentu titik struktur yang satu dengan yang lainnya. Di samping itu, bowplank juga bertujuan mengukur sudut bangunan supaya tidak terjadi kemiringan ketika proses pembangunan berlangsung. Adanya bowplank dapat membantu para pekerja dalam membuat bangunan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan, khususnya pada faktor ketelitian.

Suatu bowplank dapat dikatakan memenuhi persyaratan standar apabila pemasangannya dilakukan sejajar terhadap arah panjang dan lebar bangunan. Kedudukan bowplank pun harus dipastikan kokoh, tidak gampang goyang, dan posisinya tidak mengganggu/diganggu pekerjaan pembangunan. Mengingat bowplank mempengaruhi tingkat ketepatan bangunan, maka pekerjaan ini harus dilakukan secara hati-hati dan penuh perhitungan.

Syarat-syarat bowplank yang baik dan benar antara lain :

  1. Kedudukan patokan wajib kokoh dan tidak gampang bergerak.
  2. Berjarak cukup dengan area rencana pembangunan sehingga tidak mengganggu.
  3. Dilengkapi titik-titik atau tanda-tanda yang terlihat jelas dan mudah dipahami.
  4. Bagian atas bowplank harus rata dengan papan yang lain.
  5. Kedudukan bowplank juga harus seragam.
  6. Pemasangan garis benang bowplank tepat sesuai perencanaan.

Selain dari yang sudah disebutkan di atas, bowplank bermanfaat sekali untuk menentukan ukuran ketinggian peil lantai dari pemujaan tanah. Penerapan bowplank berguna pula untuk mempermudah pemasangan dinding batubata pada setiap titik as bangunan. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa bowplank membantu menghasilkan bangunan persis seperti spesifikasi yang telah direncanakan sebelumnya.