Sipil
Sep19

Ini Dia Jenis-jenis Batako dan Karakteristiknya

Apa sajakah jenis-jenis batako yang ada di pasaran? Batako, bahan bangunan ini biasanya dipakai untuk membangun dinding sebagai alternatif dari batu bata. Penggunaan batako dinilai lebih efektif karena memiliki ukuran yang besar dan bertekstur halus.

Berdasarkan bahan pembuatnya, batako dapat dibedakan menjadi dua jenis. Di antaranya ialah batako press dan batako putih. Batako press merupakan batako yang terbuat dari campuran pasir dan semen, lalu dicetak memakai mesin press. Sedangkan batako putih yaitu batako yang dibuat dari tras dan berwarna putih kecoklatan.

Batako Press

jenis-jenis-batako.jpg

Batako Press

Batako press dibuat dari semen portlan dan pasir kasar yang dicampur secara merata, lalu dipress menggunakan cetakan khusus. Ukuran batako press yang dijual di Indonesia biasanya memiliki panjang 35-40 cm, lebar 7-10 cm, dan tinggi 17-20 cm. Harga batako press yang dibuat mesin cenderung lebih mahal ketimbang batako press manual karena memiliki struktur yang lebih padat, kokoh, dan rapi.

Salah satu kelebihan batako press yang paling menonjol adalah bentuknya yang rapi dan presisi. Dinding yang dibangun dengan batako ini pun lebih cepat selesai karena ukurannya yang besar. Batako press juga bersifat kedap air sehingga potensi air merembes melalui pori-pori dinding semakin berkurang. Tak kalah pentingnya, pemakaian batako press hanya memerlukan rangka beton yang lebih sedikit. Dari segi ekonomi, harga batako press relatif stabil dengan jumlah ketersediaan bahan bangunan yang terjamin.

Namun kekurangan batako press yang pertama adalah harganya lebih mahal jika dibandingkan bahan pembuat dinding lainnya. Pemasangannya pun harus dilakukan secara cermat agar tidak timbul retak rambut pada dinding berbahan batako. Dinding batako tidak boleh dipasangi paku sebab batako seringkali keropos di bagian dalamnya. Rumah yang mempunyai dinding dari batako juga akan terasa lebih panas dan lebih bising.

Batako Putih

gambar-batako-putih.jpg

Batako Putih

Batako ini dinamakan batako putih karena warnanya keputih-putihan. Ada pula yang menyebutnya batako tras sebab batako ini memang terbuat dari tras. Tras adalah tanah hasil pelapukan batu-batu kapur di gunung. Batako tras yang banyak beredar di pasaran umumnya memiliki ukuran panjang 25-30 cm, lebar 7-10 cm, dan tinggi 15-18 cm. Yang membedakan dari proses pembuatan batako press yakni setelah batako tras dicetak sempurna kemudian batako tersebut dibakar untuk meningkatkan kekuatan strukturnya.

Faktor harga masih menjadi daya tarik utama dari pemilihan batako putih. Harga batako ini sedikit lebih murah dibandingkan dengan batako press. Pemasangannya pun terbilang lebih sederhana dan mudah dikerjakan.

Sayangnya, batako putih termasuk material yang gampang pecah karena rapuh. Dinding yang dibuat dari batako putih juga memiliki risiko besar akan mengalami keretakan di kemudian hari. Batako ini pula cepat menyerap air, dengan demikian saat musim penghujan maka rumah akan terasa lembab. Pemakaian batako putih memaksa anda untuk menggunakan rangka beton yang lebih banyak.