Sipil
Feb1

Ini Dia 5 Fungsi Saluran Drainase

Saluran drainase mempunyai peranan penting dalam pengaturan sistem penyediaan air di bidang pertanian dan tata ruang perkotaan. Secara prinsip, drainase berguna untuk membuang air dari suatu tempat. Metode yang diterapkan untuk membuang air tersebut bisa berupa pengaliran, pengurasan, pembuangan, ataupun pengalihan.

Drainase termasuk ke dalam salah satu bangunan air yang keberadaannya sangatlah krusial. Bangunan ini mampu memastikan suatu tempat tidak mengandung kelebihan air yang dapat mengganggu kenyamanannya. Sehingga tempat tersebut pun bisa berfungsi sebagaimana mestinya serta tetap aman, nyaman, bersih, dan sehat.

fungsi-saluran-drainase.jpg

Setidaknya, saluran drainase memiliki lima fungsi utama, antara lain :

1. Mengurangi Kelebihan Air

Fungsi pertama dari drainase adalah sebagai saluran pembuangan air. Drainase memungkinkan debit air di suatu tempat berkurang karena dibuang ke tempat lain yang berada lebih rendah dan tidak mengganggu. Tujuannya supaya tempat tersebut bisa berfungsi normal sebagaimana mestinya. Bayangkan apabila terdapat genangan air di suatu tempat, pasti akan cukup mengganggu aktivitas kita kan?

2. Mencegah Terjadinya Banjir

Seringkali kita mendengar suatu daerah terkena musibah banjir. Penyebabnya tidak lain karena jumlah air yang masuk ke tempat itu lebih banyak dibandingkan dengan air yang keluar. Alhasil, daerah ini mau tidak mau akan tergenangi air untuk sementara waktu sampai kapasitas air yang dibuang lebih tinggi. Salah satu solusinya yaitu memperbaiki sistem drainase tersebut, baik yang masuk maupun keluar.

3. Mengontrol Kualitas Air Tanah

Dalam kaitannya dengan salinitas, drainase berfungsi untuk mengontrol kualitas air tanah. Bangunan ini sanggup menjaga air tanah tetap bersih dengan mengendalikan ketinggian air yang menuju ke permukaan serta memperbaiki daerah yang becek. Selain itu, drainase juga dapat mencegah tercemarnya air tanah oleh buangan limbah cair. Umumnya, drainase dibuat sedemikian rupa memakai standar khusus yang membuat air didalamnya tidak bisa keluar dari saluran tersebut.

4. Menurunkan Permukaan Air Tanah

Drainase juga mempunyai fungsi untuk menurunkan permukaan air tanah. Hal ini biasanya diterapkan di daerah-daerah yang rawan banjir sehingga apabila terjadi hujan deras maka daerah tersebut tidak langsung dipenuhi air. Manfaat yang sama juga diterapkan pada area yang sedang dalam proyek pembangunan. Penurunan level air tanah berguna untuk mempermudah pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan pondasi seperti galian tanah, pengecoran tanah, dan urugan tanah.

5. Mencegah Timbulnya Kerusakan

Segala sesuatu yang berlebihan cenderung akan mengakibatkan dampak negatif. Begitupun jika kapasitas air di suatu tempat terlalu banyak, maka air bisa merusak benda-benda dan infrastruktur yang tergenang. Contohnya air yang berlebihan dapat mengelupas struktur jalan aspal, merusak permukaan jalan beton menjadi tidak rata, dan mengeroposkan bagian bawah bangunan yang terendam. Tidak hanya itu, pada lingkungan yang masih labil, keberadaan air yang terlalu banyak dapat pula menyebabkan bencana alam seperti tanah longsor, erosi, dan banjir bandang. Jadi, dengan dibangunnya sistem drainase yang baik dan benar, kejadian-kejadian buruk di atas bisa dihindari.