Sipil
Jun30

Cara Praktis Memotong Seng Tanpa Gunting

Bagaimana cara memotong seng tanpa gunting? Seng biasa dipakai sebagai material untuk membuat atap bangunan supaya layak dihuni. Keunggulan dari seng ialah bobotnya yang ringan sehingga tidak membutuhkan struktur kuda-kuda yang rumit. Pemasangan atap seng juga sangat mudah, daya tahannya cukup awet, serta memiliki pilihan variasi yang banyak. Sayangnya rumah yang beratap seng terasa panas dan bahannya pun bisa berkarat.

Dalam pemasangan atap seng, kadang-kadang kita harus memotong seng agar ukurannya sesuai dengan perencanaan. Jangan pernah memasang atap yang terlalu panjang dan tidak pas seperti rencana awal karena pasti penampilannya tidak akan bagus. Atap yang kepanjangan tentu akan terlihat aneh. Anda harus mau repot sedikit dengan memotong seng tersebut. Gampang saja sebenarnya untuk dapat memotong seng kalau kita mempunyai gunting khusus pemotong seng.

memotong-seng-tanpa-gunting.jpg

Tapi apa jadinya kalau kebetulan tidak memilikinya padahal kita harus lekas memotong seng tersebut? Tenang, Anda masih bisa mengandalkan alat pemotong lainnya kok. Cukup dengan sedikit mengakalinya maka potongan seng yang Anda inginkan sudah tersedia. Namun sebelumnya kami ingatkan bahwa tutorial ini bertujuan untuk memotong seng bukan membelah seng. Memotong berarti mengurangi ukuran panjangnya. Sedangkan kalau membelah artinya mengurangi ukuran lebarnya.

Alat dan Bahan :

  • Seng berbentuk lembaran
  • Tempat yang permukaannya datar
  • Martil, palu, bogem, atau pemukul
  • Parang atau sejenisnya

Langkah-langkah :

  1. Ambil lembaran seng yang akan dipotong ukuran panjangnya. Kemudian letakkan di atas permukaan lantai yang datar. Kalau ada, gunakan papan kayu sebagai alas dari lembaran seng tersebut.
  2. Posisikan seng secara tegak lurus dengan posisi kita berdiri. Sekali lagi kami ingatkan bahwa tujuan panduan ini yaitu memotong seng, bukan membelah seng.
  3. Gunakan parang untuk memotong seng tersebut sepanjang 5-10 cm. Caranya yakni letakkan parang di atas lembaran seng, lalu pukul dengan martil secara kuat. Otomatis, seng akan terpotong/terlukai oleh hantaman parang.
  4. Setelah terbentuk potongan seng sepanjang 5-10 cm, Anda bisa memotong lembaran seng tersebut dengan mudah. Anda cukup menarik lembaran seng ini seperti halnya sedang merobek kertas. Jangan lupa mengenakan sarung tangan supaya aman.
  5. Keluarkan kekuatan yang penuh saat merobek lembaran seng tadi sampai potongannya memanjang, dan akhirnya lembaran seng pun terpotong.