Sipil
Aug14

Cara Pemasangan Wiremesh yang Tepat

Bagaimana cara pemasangan wiremesh dilakukan? Wiremesh adalah bahan bangunan berupa besi polos/ulir yang terbuat dari bahan wirerod. Selanjutnya material ini dibuat menjadi lembaran-lembaran dengan kotak 15 x 15 cm serta panjang 5,4 x 2,1 m dan tebal 4-10 mm. Wiremesh ini biasanya dipakai sebagai tulangan dalam pengecoran lantai bangunan.

Tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengenal wiremesh. Hal ini terutama disebabkan oleh maraknya penggunaan behel yang dirakit sendiri untuk pengecoran dibandingkan dengan wiremesh. Namun bagi para profesional, bisanya mereka lebih memilih wiremesh. Ini karena wiremesh memiliki beberapa kelebihan seperti proses pembangunan menjadi lebih cepat, mudah, dan tidak memerlukan tenaga yang terlalu banyak.

cara-pemasangan-wiremesh.jpg

Apabila ditinjau dari faktor kekuatan, dapat dibuktikan bahwa wiremesh jauh lebih kuat. Sebagai contoh pada saat Anda berniat untuk melakukan pengecoran menggunakan behel polos yang mempunyai ketebalan 10 mm. Perlu diketahui, nilai tp atau mutu yang dimiliki oleh besi boton polos adalah 24. Berbeda dengan wiremesh yang nilai tp-nya lebih dari 40.

Begitupun dari segi harganya, wiremesh mempunyai keunggulan pada harganya yang lebih murah. Bahkan bisa mencapai separuh harga daripada behel. Rata-rata jika kita membuat behel sepanjang 1 m, maka dana yang perlu dikeluarkan ialah Rp 99 ribu. Sementara itu, biaya yang perlu dikeluarkan untuk pengadaan wiremesh hanyalah sekitar Rp 50 ribu/m.

Terdapat beberapa jenis wiremesh yang tersedia di pasaran. Di antaranya yaitu wiremesh lembaran yang memiliki ukuran 2,1 x 5,4 m dengan diameter besi sekitar 4-10 mm serta wiremesh rol/gulungan yang berukuran 2,1 x 5,4 m yang berdiameter 4-7 mm.

Langkah-langkah pemasangan wiremesh :

Secara prinsip, pemasangan wiremesh ini tidak jauh berbeda dengan pemasangan besi beton yang dipakai untuk tulangan plate. Namun wiremesh memiliki kelebihan yaitu penggunaannya lebih praktis karena bentuknya sudah teranyam. Anda hanya perlu mengukur wiremesh tersebut sesuai dengan luas bidang yang telah diperhitungkan dengan matang, lalu potong sesuai ukuran tersebut. Tetapi jika ukuran luasannya ternyata masih kurang, Anda cukup menambahkan wiremesh dengan overlap kurang lebih 15 cm.

Dalam pemasangan wiremesh, Anda harus benar-benar memperhatikan diameter wiremesh yang akan dipasang dengan kebutuhannya. Jangan sampai ukuran diameter tersebut tidak tepat walaupun hanya berselisih 1 mm saja. Ini dikarenakan tingkat kekuatan wiremesh akan jauh berbeda bila ukurannya tidak sesuai dengan perencanaan. Hindari juga menggunakan wiremesh yang sudah berkarat.