Sipil
Dec24

Cara Pasang Vinyl Dinding dengan Mudah

Butuh panduan untuk memasang vinyl di dinding? Ada banyak ide yang bisa Anda aplikasikan untuk mendekorasi interior rumah. Salah satu di antaranya yaitu menghias dinding menggunakan bahan pelapis berupa vinyl. Dibandingkan dengan wallpaper, vinyl mempunyai karakteristik tersendiri yang unik dan khas sehingga mampu menciptakan penampilan yang berbeda.

Vinyl merupakan bahan pelapis yang terbuat dari PVC (Polyvinyl Chloride) dan berbentuk lembaran. Vinyl tersedia dengan warna, corak, dan ukuran yang beragam. Beberapa motif vinyl yang paling populer antara lain kayu, batu, dan porselen. Pada dasarnya, proses pemasangan vinyl mirip seperti wallpaper dinding. Atau boleh dikatakan lebih gampang lagi mengingat bentuk vinyl yang berupa lembaran-lembaran kecil akan memudahkan kita dalam menempelkannya ke permukaan dinding.

cara-pasang-dinding-vinyl.jpg

Jika Anda saat ini sedang ingin memasang vinyl dinding sendiri, ikuti panduan dari Arafuru sebagai berikut :

Alat dan Bahan :

  • Cutter
  • Double tape
  • Lakban kertas
  • Lembaran vinyl
  • Kain majun

Langkah-langkah :

  1. Siapkan permukaan dinding yang akan dilapisi vinyl terlebih dahulu. Caranya yaitu Anda bisa membersihkan permukaan dinding tersebut menggunakan kain lap. Bila kondisi permukaan dinding cukup kotor, ada baiknya Anda mencucinya menggunakan spons dan air sabun. Biarkan dinding yang telah dibersihkan ini selama beberapa saat agar benar-benar kering.
  2. Periksa keadaan vinyl yang akan dipasang pada dinding. Pastikan bentuk dan ukuran semua lembaran vinyl tersebut sudah presisi dan sama. Jika ditemukan lembaran vinyl yang ukuran atau bentuknya berbeda dari yang lain, Anda bisa menyamakannya dengan memotong vinyl tersebut memakai cutter. Untuk mempersingkat waktu pengerjaan, Anda bisa memotong 3-5 lembaran vinyl sekaligus.
  3. Ambil lakban kertas. Tempelkan lakban kertas tersebut pada seluruh permukaan dinding secara merata. Pastikan lakban kertas ini menempel dengan benar dan tidak ada gelembung udara yang tercipta di sela-selanya. Nantinya lembaran vinyl yang sudah dilapisi double tape akan ditempelkan di permukaan lakban kertas ini sehingga ikatannya lebih kuat dibandingkan langsung ditempelkan di permukaan dinding.
  4. Ambil double tape dan lembaran vinyl. Tempelkan double tape di sisi bagian belakang lembaran vinyl. Tempelkan double tape tersebut secara merata di seluruh bagiannya.
  5. Sekarang saatnya untuk memasang lembaran vinyl yang telah dilapisi double tape pada permukaan lakban kertas yang telah terpasang di dinding. Jangan lupa untuk menekan bidang tempelan memakai kain majun agar vinyl bisa merekat dengan kuat. Ulangi langkah kerja ini hingga seluruh permukaan dinding tertutupi oleh lembaran vinyl.

Selamat bekerja!