Sipil
Nov13

Cara Menyambung Pipa PVC yang Benar

Bagaimana cara menyambung pipa PVC yang benar? Pada proses awal pendirian suatu bangunan, instalasi saluran air bersih merupakan salah satu tahap yang wajib diperhatikan dengan serius. Proses ini harus dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah yang benar agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Kerusakan pada sambungan pipa air bersih tersebut tentu dapat memicu terjadinya kebocoran yang sangat mengganggu. Begitu pun jika kebocoran ini tidak lekas diperbaiki, maka bersiap-siaplah akan timbul masalah yang serius di dalamnya.

Oleh sebab itu, proses pembuatan instalasi air bersih harus dilakukan secara cermat, hati-hati, dan sesuai aturan. Terlebih pada titik-titik sambungan pipa PVC yang digunakan. Jangan pernah sembarang menyambungkan pipa PVC ini karena kualitasnya pasti tidak akan maksimal. Pastikan seluruh rangkaian dalam sambungan ini mempunyai kualitas yang bagus, kuat, tahan lama, dan anti bocor.

cara-menyambung-pipa-air.jpg

Untuk mendapatkan hasil sambungan pipa PVC yang bagus, simak panduan dari Arafuru berikut ini!

Alat dan Bahan :

  • Pipa PVC
  • Sambungan pipa PVC
  • Lem khusus untuk pipa PVC
  • Ampelas halus
  • Kain lap yang bersih

Langkah-langkah :

  1. Siapkan pipa PVC dan sambungannya yang sesuai. Selalu gunakan lem khusus yang bersifat tahan air untuk menyambung pipa-pipa tersebut. Ampelas bisa dipakai untuk membersihkan bagian ujung pipa sekaligus membuat permukaannya menjadi lebih kasar sehingga memiliki daya cengkeram yang lebih kuat.
  2. Ambil lah pipa yang ingin disambung. Gosoklah bagian ujung permukaannya memakai ampelas. Gerakkan ampelas secara memutar searah dengan jarum jam sebanyak 3-5 kali. Jangan terlalu kuat menekan ampelas karena bisa membuat dimensi pipa menjadi semakin tipis. Ingat, kita hanya ingin membersihkan dan mengasarkan permukaan pipa menggunakan ampelas tadi. Setelah itu, bersihkan permukaan ujung pipa ini memakai kain lap.
  3. Ambil sambungan pipa PVC. Bersihkan bagian dalamnya menggunakan kain lap yang bersih. Pastikan pula kondisi seluruh bagian di dalamnya telah benar-benar kering. Cek sekali lagi untuk memastikan sudah tidak ada debu dan kotoran di dalam sambungan pipa tersebut.
  4. Ambil lem khusus untuk pipa PVC. Oleskan cairan lem ini ke seluruh permukaan ujung pipa PVC. Kemudian oleskan pula cairan lem tersebut ke permukaan ujung bagian dalam sambungan pipa PVC. Anda tidak perlu meratakan lapisan lem tersebut karena justru akan mengurangi daya rekatnya.
  5. Sesaat setelah bagian ujung pipa dan bagian dalam sambungan pipa sudah dilapisi dengan lem, sambungkanlah keduanya. Caranya yaitu masukkan bagian ujung pipa ke dalam sambungan pipa, lalu tekanlah sekeras mungkin agar keduanya menyaut dengan kuat. Tahan posisi tersebut selama beberapa saat hingga lapisan lem mengering serta pipa dan sambungannya telah menyatu secara sempurna. Ulangi langkah-langkah di atas untuk menyambung pipa PVC dan sambungan pipa PVC yang lain.

Selamat mencoba!