Sipil
Jun8

Cara Menyambung Kabel Listrik yang Benar

Bagaimana cara menyambung kabel listrik yang benar? Pada saat suatu kabel mengalami kerusakan atau ukurannya terlalu pendek kita perlu menyambungnya. Walaupun kelihatannya sepele, pekerjaan ini tetap membutuhkan perhatian yang serius. Faktanya masih banyak orang yang melakukan kesalahan ketika menyambung kabel secara asal-asalan.

Kesalahan dalam penyambungan kabel listrik memang tidak langsung terlihat begitu saja. Awalnya kabel tersebut kelihatan bagus dan tampak aman. Tetapi lambat laun, ketika kualitas isolatip yang membungkusnya menurun, pada saat itulah bahaya yang besar tengah mengintai.

cara-menyambung-kabel.jpg

Biar Anda tidak melakukan kekeliruan lagi dalam menyambung kabel, ikuti saran-saran berikut ini :

Sambung Kabel di Posisi yang Berjauhan

Pada umumnya suatu kebel terdiri dari dua kabel atau lebih yang menyusun di dalamnya. Setiap kabel tersebut menghantarkan arus listrik yang jenisnya berbeda-beda. Apabila arus listrik ini saling bertemu, maka terjadilah hubungan arus pendek yang dapat membahayakan siapa pun di sekitarnya.

Anda sudah benar selama ini tetap memisahkan kabel-kabel tersebut dengan isolatip yang berbeda. Namun jika jarak kedua sambungan kabel ini berdekatan dan lama-kelamaan isolatip pelindungnya berubah sifat menjadi semi konduktor, kemungkinan besar akan menyebabkan timbulnya percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran. Yang benar, potong masing-masing kabel yang akan disambung ini di posisi yang cukup berjauhan.

Anda bisa memotong kabel tidak dalam posisi yang sejajar lagi, melainkan berbeda letaknya. Satu kabel dipotong dengan ukuran yang panjang serta satunya lagi dipotong pada posisi yang pendek. Dengan memotong kedua kabel ini berbeda ukuran diharapkan jarak kabel yang dikupas cukup jauh sehingga keamanannya lebih terjamin.

Gunakan Isolatip yang Khusus

Kebanyakan orang membungkus sambungan kabel menggunakan solasi biasa atau lakban. Beberapa orang ada pula yang juga memakai double tape. Bahkan uniknya, ada lho yang berani-beraninya membungkus sambungan kabel ini dengan plastik maupun kresek. Padahal kebiasaan-kebiasaan ini sangat lah berbahaya sehingga harus ditinggalkan sesegera mungkin.

Sangat direkomendasikan melindungi sambungan kabel memakai isolatip yang ditujukan khusus untuk kabel listrik. Karakteristik isolatip ini berbeda dengan solasi yang umum dijual di warung karena penampangnya bisa melar. Jadi ikatan yang terbentuk pun menjadi lebih kuat.

Adapun cara menggunakan isolatip ini yaitu isolatip tersebut harus ditarik sampai ukurannya melar terlebih dahulu. Barulah kemudian lilitkan isolatip tepat ke sambungan kabel dengan posisi yang rapi. Tidak perlu terlalu banyak lilitan, cukup sekitar 3-5 lilitan saja. Jangan lupa memeriksanya secara teliti sebelum listrik dinyalakan kembali.