Sipil
Nov28

Cara Menghitung Kebutuhan Cor Beton Ready Mix

Bagaimanakah cara menghitung kebutuhan cor beton? Beton adalah bahan bangunan yang terbuat dari campuran agregat kasar, agregat halus, semen, dan air. Dengan menggabungkan keempat komposisi tersebut menjadi satu, maka akan didapatkan suatu struktur bangunan yang memiliki kualitas sesuai dengan keinginan. Mutu beton bergantung pada komposisi setiap bahan-bahan penyusunnya.

cara-menghitung-kebutuhan-cor-beton.jpg

Cor Beton

Dahulu kala, adukan cor beton untuk bangunan dibuat secara manual menggunakan tenaga manusia. Sayangnya, pembutan beton dengan teknik ini menyita waktu yang cukup lama. Mutu beton yang dihasilkannya pun tidak jelas karena komposisi bahan-bahan yang digunakan terkadang tidak diukur dengan tepat. Namun berkat kemajuan zaman dan kejelian terhadap potensi bisnis, saat ini sudah banyak orang yang menyediakan adukan cor beton siap pakai dengan truk mixer khusus. Tentunya, hal ini sangat mengefektifkan proses pembuatan bangunan, khususnya untuk proyek pengerjaan pengecoran beton.

Jadi jangan heran ya bila dalam menuliskan perumusan RAB (Rencana Anggaran Biaya) untuk cor beton, beberapa orang lebih suka menyatakannya dengan satuan truk. Misalnya jumlah kebutuhan cor beton untuk pembuatan pelat lantai adalah sekian truk. Perlu diketahui ada dua model truk mixer yaitu truk besar dan truk kecil. Kapasitas muatan maksimal pada truk besar mencapai 7 m³, sedangkan untuk truk kecil yaitu 3 m³.

Untuk menghitung kebutuhan cor beton dalam satuan truk, Anda bisa menggunakan rumus berikut ini :

KCB = V/kmt

Keterangan :

  • KCB : Kebutuhan cor beton (m³)
  • V : Volume struktur bangunan (m³)
  • Kmt : Kapasitas muatan truk (m³)

Contoh Soal

Pak Google ingin mengecor beton pada struktur pelat lantai di tingkat kedua bangunan. Karena Pak Yahoo sebelumnya sudah membangun balok-balok yang akan menyangga pelat tersebut, maka tugas Pak Google hanyalah sebatas membuat pelat lantai saja. Adapun ukuran pelat lantai yang ingin dibuat tersebut memiliki panjang 22 m, lebar 15 m, dan ketebalan 20 cm. Berapakah jumlah kebutuhan cor beton ready mix yang diperlukan?

Diketahui :

  • Pelat lantai berukuran 22 x 15 x 0,2 m
  • Kapasitas truk mixer besar adalah 7 m³
  • Kapasitas truk mixer kecil adalah 3 m³

Ditanyakan : Berapakah jumlah kebutuhan cor beton yang diperlukan?

Jawab :

(i) KCB = V / kmt besar = (22 x 15 x 0,2) / 7 = 66 / 7 = 9,xx; jadi kebutuhan truk mixer besar adalah 9 truk.

(ii) KCB = sisa V / kmt kecil = {66 – (9 x 7)} / 3 = (66 – 63) / 3 = 3 / 3 = 1; jadi kebutuhan truk mixer kecil adalah 1 truk

Kesimpulan

Dari perhitungan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Pak Google membutuhkan 7 truk mixer besar dan 1 truk mixer kecil untuk membangun pelat lantai berukuran 22 x 15 x 0,2 meter.