Cara Menghitung Bata Hebel yang Tepat

Bagaimana cara menghitung bata hebel yang tepat? Orang pada zaman sekarang kebanyakan lebih suka menggunakan bata hebel. Alasannya material yang satu ini mempunyai bobot yang lebih ringan daripada batu bata dan batako. Kelebihan tersebut membuat bobot bangunan yang terbuat dari bata hebel tidak terlalu berat tanpa mengurangi kekuatannya sehingga anggaran biaya untuk pembuatan struktur penahan beban pun dapat dihemat.

Berdasarkan metode pembuatannya, terdapat dua macam bata hebel yaitu CLC serta AAC. Bedanya adalah proses pengeringan bata hebel CLC memakai bantuan sinar matahari. Sedangkan teknik pengeringan bata hebel AAC telah menggunakan mesin oven berteknologi tinggi. Itulah kenapa, orang-orang cenderung lebih memilih bata hebel tipe AAC karena kondisinya jauh lebih sempurna.

cara-menghitung-bata-hebel.jpg

Agar lebih efektif dalam mendirikan suatu bangunan, Anda perlu menghitung anggaran belanjanya terlebih dahulu secara matang. Termasuk menghitung berapa jumlah bata hebel yang digunakan untuk membuat bangunan tersebut. Pada dasarnya, penghitungan kebutuhan bata hebel dilakukan dengan membagi luas bidang yang ingin dibangun dengan luas penampang bata hebel yang dipakai. Banyaknya produsen bata hebel membuat ukurannya pun berbeda-beda, namun standarnya ialah lebar 10 cm x  tinggi 20 cm x panjang 60 cm.

Jadi jumlah kebutuhan bata hebel ukuran 10 x 20 x 60 cm untuk membangun dinding seluas 1 m2 adalah 1 : (0,2 x 0,6) atau 1 : 0.12 yaitu 8,33 buah. Ingat bahwa dalam menyusun bata hebel kita melakukannya dengan pola tertentu yang mengakibatkan adanya sisi bata hebel yang perlu dibuang. Adapun nilai koefisien buangan bata hebel tersebut sebesar 6 persen. Sehingga rumus untuk menghitung jumlah kebutuhan bata hebel yang tepat yaitu :

RUMUS

(i) Jumlah  = L1 : L2

(ii) Jumlah Keseluruhan = Jumlah + (6% x Jumlah)

Keterangan :

  • L1 = Luas dinding yang akan dibangun
  • L2 = Luas penampang bata hebel yang dipakai

Contoh Soal

Pak Robert ingin membangun dinding bagian belakang rumahnya menggunakan bata hebel. Setelah dilakukan pengukuran, diketahui bahwa luas dinding tersebut ialah 500 m2. Sedangkan bata hebel yang akan dipakainya berukuran 10 x 20 x 60 cm. Hitung berapa jumlah bata hebel yang harus dibeli oleh Pak Robert!

Penyelesaian

Diketahui : L1 = 500 m2 ; L2 = 0,2 x 0,6 = 0,12 m2

Ditanyakan : Jumlah keseluruhan = …..?

Jawab :

Jumlah = 500 : 0,12 = 4166,67 buah

Jumlah Keseluruhan = 4166,67 + (6% x 4166,67) = 4166,67 + 250 = 4416,67 buah; dibulatkan menjadi 4417 buah.