Sipil
Nov1

Cara Menggunakan Mesin Gergaji Jigsaw yang Benar

Bagaimana cara menggunakan mesin gergaji jigsaw yang benar? Berkat kemajuan teknologi yang terus berkembang, kini alat pertukangan pun sudah dibuat secara modern. Kebanyakan alat-alat saat ini sudah ditanami dengan mesin sehingga proses kerjanya lebih efektif dan efisien. Jika dulu kita harus menggunakan gergaji tangan yang menguras tenaga untuk memotong kayu, maka sekarang kita bisa mengandalkan mesin gergaji jigsaw yang jauh lebih praktis.

Pada dasarnya, mesin gergaji jigsaw adalah mesin gergaji yang mempunyai mata pisau yang bergerak secara naik dan turun. Mesin ini bagus sekali digunakan untuk memotong kayu dengan pola potongan yang detail dan berlekuk-lekuk. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan mesin jigsaw untuk memotong tripleks dengan pola bundar atau bulat telur. Namun sayangnya, mesin ini kurang bagus bila diaplikasikan pada kayu yang tebal karena ukuran mata pisaunya cukup tipis.

menggunakan-mesin-gergaji-jigsaw.jpg

Walaupun begitu, mesin gergaji jigsaw memiliki pilihan mata gergaji yang bervariasi. Mulai dari mata pisau yang halus sampai dengan kasar. Mata pisau yang halus cocok sekali dipakai untuk memotong kayu dengan hasil potongan yang halus dan rapi. Tetapi waktu yang dibutuhkan pun akan lebih lama. Jika Anda ingin menggergaji dengan lebih cepat, gunakanlah mata pisau yang kasar meskipun hasil potongannya bakalan kurang rapi.

Tetapi bagaimana sih cara penggunaannya mesin gergaji jigsaw yang tepat? Simak panduan dari Arafuru sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • Mesin gergaji jigsaw
  • Penggaris siku
  • Penggores
  • Rol meter

Langkah-langkah :

  1. Kenakanlah pakaian pendukung keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya meliputi baju kerja, sarung tangan, kacamata, dan sepatu boot.
  2. Siapkan alat dan bahan pendukung kerja seperti pada poin-poin di atas.
  3. Periksa kondisi mesin gergaji jigsaw untuk memastikan bahwa mesin tersebut masih baik dan aman digunakan.
  4. Pasang mata pisau yang sesuai. Kemudian kencangkan bautnya memakai kunci L.
  5. Ukur benda kerja yang ingin dipotong memakai sketmatch. Lalu berikan tanda hasil ukuran tadi menggunakan penggores.
  6. Masukkan benda kerja ke dalam ragum. Sesuaikan ukurannya dengan mata pisau apakah sudah cocok atau belum. Posisikan bagian yang digores tepat pada mata pisau untuk memperoleh hasil potongan yang terbaik.
  7. Setelah dirasakan semuanya sudah beres, Anda bisa menjepit benda kerja yang diikatkan dengan pengunci.
  8. Pasang kabel mesin gergaji jigsaw pada stop kontak listrik. Atur kecepatan gerakan mata pisau yang sesuai pada mesin tersebut. Dekatkan mata pisau dengan benda kerja. Berikutnya tekan tombol on untuk menyalakan mesin.
  9. Selama proses pemotongan tengah berlangsung, Anda harus membawa mesin ini dengan posisi yang tegak lurus. Jangan pernah memegang mesin dengan posisi serong/miring sebab akan berdampak pada hasilnya yang tidak rapi. Selalu waspada dan hati-hati dalam menggunakan mesin gergaji jigsaw ini.
  10. Setelah benda kerja tersebut sudah berhasil dipotong dengan tepat, Anda bisa mematikan mesin dengan cara menekan tombol off. Proses finishing bisa dilaksanakan setelah menunggu selama beberapa saat agar suhu benda kerja normal kembali.