Sipil
Dec22

Cara Menggunakan Lem Perekat Granit

Bagaimana cara menggunakan lem perekat granit? Ini merupakan sebuah lem khusus untuk merekatkan granit ke permukaan bidang kerja. Bentuknya berupa bubuk kering sehingga perlu diencerkan terlebih dahulu menggunakan air sebelum dapat digunakan. Dibutuhkan penambahan air yang sesuai dengan petunjuk di kemasan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Selain bisa dipakai untuk membantu menempelkan granit, lem ini juga dapat Anda gunakan untuk memasang keramik, glass block, dan lain-lain.

Lem perekat granit paling banyak diaplikasikan pada saat memasang granit baru ke bagian lantai atau dinding bangunan serta meja dapur. Lem ini sangat berguna bagi para pekerja dalam menempelkan kepingan-kepingan granit. Bagi Anda yang ingin menyambung granit baru ke permukaan granit lama yang sudah dipasang juga bisa memanfaatkan lem ini. Pemakaian lem perekat granit harus dilakukan dengan bijaksana sebab lem ini mempunyai daya cengkeram yang kuat.

lem-perekat-granit.jpg

Anda bisa membeli bubuk lem perekat granit secara online di AlatPerabotan.com. Sebelum dapat digunakan, lem tersebut harus diencerkan memakai air terlebih dahulu. Perbandingan umumnya adalah 4 kg bubuk lem perekat granit dicampur dengan 1 liter air bersih. Air harus dituangkan ke wadah khusus untuk pertama kalinya. Barulah kemudian tambahkan bubuk lem perekat granit sedikit demi sedikit sambil terus diaduk supaya tercampur rata. Kalau mempunyai mesin pengaduk (mixer) bahan bangunan, Anda bisa menggunakannya.

Disarankan untuk mengecek terlebih dahulu kualitas campuran adukan lem perekat granit apakah sudah benar atau tidak. Pemakaian lem yang belum jadi akan menimbulkan masalah baru pada saat pemasangan granit nantinya. Jika masih ada bubuk lem yang  menggumpal atau belum tercampur sepenuhnya dengan air, maka Anda harus mengaduknya sebentar lagi sampai adonan benar-benar tercampur rata. Pastikan juga tidak ada gelembung-gelembung udara yang terjebak di dalam adukan lem sebab dapat menurunkan kualitas dan daya rekatannya.

Setelah adukan lem perekat granit sudah jadi dan siap pakai, kini Anda bisa mulai mempelajari bagaimana cara penggunaannya yang benar!

Kali ini kami akan mencontohkan langkah kerja pemakaian lem perekat untuk pemasangan granit di meja dapur dan wastafel. Lem ini akan sangat membantu Anda menempelkan kepingan-kepingan granit dengan posisi yang mantap, tidak bergeser, dan tidak terlepas lagi. Mulailah pekerjaan dengan menarik benang terlebih dahulu sebagai petunjuk dalam meletakkan granit agar hasilnya lurus dan rapi. Pastikan benang tersebut dipasang dengan posisi yang tepat, baik arah maupun ketinggiannya.

Setelah itu, aplikasikan adukan lem perekat granit pada bidang kerja. Aturlah sedemikian rupa memakai cetok sehingga adukan tersebut rapi, rata, dan sama tinggi. Kemudian secara perlahan-lahan tempelkan kepingan granit di atas lem perekat tersebut. Pastikan posisi pemasangannya sudah benar sesuai dengan benang petunjuk. Bila perlu, ketuklah permukaan atas granit beberapa kali memakai palu karet supaya terdorong lebih dalam ke adukan lem sehingga dapat merekat kuat. Terakhir Anda bisa membersihkan adukan lem yang mengenai permukaan granit dengan kain lap.