Cara Mengelas Plat yang Tipis untuk Pemula

Bagaimana cara mengelas plat yang tipis? Pekerjaan pengelasan memang membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Anda pun harus berhati-hati saat melakukannya karena bersentuhan langsung dengan alat yang berbahaya. Kerjakan dengan metode yang benar untuk mendapatkan hasil las yang rapi.

Semakin kecil ukuran plat yang akan dilas, semakin sulit pula pekerjaan untuk mengelasnya. Apalagi untuk plat tipis yang mempunyai ukuran ketebalan kurang dari 1 mm. Anda harus lebih teliti dan waspada dalam melaksanakan pengelasan sehingga hasilnya pun memuaskan. Tapi tenang, khusus untuk para pemula, kami akan memberikan panduan dasar untuk mengelas plat yang mempunyai ketebalan kurang dari 1 mm.

cara-mengelas-plat-tipis.jpg

Alat dan Bahan :

  • Plat besi yang akan dilas
  • Kawat las ukuran 2 mm
  • Mesin las
  • Pelindung mata
  • Trafo 900 watt

Langkah-langkah :

  1. Siapkan plat besi yang ingin Anda sambung menggunakan teknik las. Bersihkan permukaan plat tersebut dari debu dan kotoran. Pastikan kondisinya sudah benar-benar bersih karena kotoran dapat mengurangi daya rekat yang terbentuk dari pengelasan.
  2. Pasanglah kawat las yang berukuran 2 mm ke bagian setang pada mesin las. Kemudian atur ukuran amper pada mesin las tersebut di kisaran 30-40 A.
  3. Kini waktunya untuk menyambungkan kedua plat besi yang akan disambungkan. Hati-hati saat melakukan pengelasan. Jangan sampai Anda mengerjakannya terlalu lama sebab justru akan mengakibatkan plat tersebut meleleh atau pun berlubang.
  4. Metode yang paling baik diterapkan untuk mengelas plat tipis yaitu jangan pernah digeber, dilakukan tig saling silang, maupun ditekan terlalu kuat. Alangkah baiknya jika pengelasan dilakukan secara mengambang antara media yang akan dilas dengan kawat las.
  5. Setelah pekerjaan tig selesai, Anda bisa memeriksa hasil sambungan yang terbentuk dengan memukul tali las yang menempel. Cek apakah hasilnya sudah cukup padat atau masih ringan? Bila masih ringan tandanya pengelasan yang Anda kerjakan belum berhasil.
  6. Beberapa penyebab yang dapat merusak kualitas pengelasan plat tipis di antaranya proses tig dilakukan terlalu renggang, daya listrik yang digunakan tidak stabil, ketidakhati-hatian dalam bekerja, dan lain-lain.