Cara Mengelas Plat Besi yang Tipis Sekali agar Hasilnya Kuat dan Rapi

Pengelasan perlu dilakukan untuk menyambung dua logam atau lebih menjadi satu. Las bisa diibaratkan seperti lem. Las ini akan mengikat logam-logam tersebut sehingga saling menempel atau merekat satu sama lain. Namun tidak seperti lem yang dapat dibongkar, las benar-benar mampu menyatukan logam menjadi satu kesatuan yang utuh.

mengelas-pelat-tipis.jpg

Anda dapat mengaplikasikan las pada material besi. Prosesnya tidak terlalu sulit. Apalagi kalau besi ini memiliki ukuran yang cukup tebal. Kasusnya akan berbeda kalau Anda harus mengelas pelat besi dengan ukuran yang tipis sekali. Misalnya seperti ketebalannya kurang dari 1 mm. Anda perlu trik khusus supaya hasil lasnya tetap kuat dan rapi.

Alat dan Bahan :

  • Plat besi yang akan dilas
  • Mesin las
  • Kawat las berukuran 2 mm
  • Travo 900 watt
  • Pelindung mata (protector)

cara-mengelas-pelat-tipis.jpg

Langkah Kerja :

  1. Bersihkan dulu permukaan plat besi yang akan dilas dari kotoran, debu, atau noda yang melekat. Meski nampaknya sepele, proses membersihkan ini wajib dilakukan. Gunanya supaya lapisan las bisa langsung menempel ke plat besi serta tidak terhalangi oleh kotoran.
  2. Siapkan mesin las yang akan dipakai untuk keperluan pengelasan. Pasanglah kawat las ukuran 2 mm ke stang las tersebut. Kemudian lakukan penyetelan ukuran arus listrik pada mesin las ini berkisar antara 30-40 ampere.
  3. Kini waktunya untuk menyambungkan plat besi yang hendak disatukan menggunakan las. Kami ingatkan terlebih dahulu. Hati-hatilah ketika mengelas plat besi yang tipis. Usahakan Anda tidak mengelasnya terlalu lama sebab akan membut plat tersebut meleleh dan bolong.
  4. Cara yang terbaik dalam mengelas plat besi yang tipis yaitu Anda tidak menggebernya. Alangkah lebih baik kalau Anda melakukannya secara tig saling silang serta tidak terlalu menekannya ke dalam. Bakal lebih bagus hasilnya kalau pengelasan ini dilaksanakan secara mengambang antara media plat besi dengan kawat lasnya.
  5. Lakukan proses pengelasan plat besi ini dengan cermat dan teliti. Bila sudah berhasil, Anda bisa langsung mengecek sambungan yang dihasilkannya. Cobalah memukul lapisan las yang baru saja Anda buat. Periksa apakah hasilnya padat atau kopong/ringan.
  6. Pengelasan yang baik akan menghasilkan lapisan yang padat berisi. Hal ini tandanya las tersebut berhasil diterapkan dengan benar serta mampu mengikat dengan sempurna pelat-pelat besi tersebut. Berarti Anda sudah benar-benar berhasil
  7. Kalau saat dipukul lapisan las tadi terdengar kosong, kopong, atau ringan, artinya lapisan las ini belum teraplikasi dengan baik. Meskipun pelat besi sudah berhasil disatukan, namun tidak lama kemudian pasti akan terputus lagi. Masalah ini biasanya terjadi lantaran Anda terlalu renggang saat menge-tig atau aliran listrik pada mesin las yang tidak stabil.