Cara Mengecat “Sesuatu” dengan Kombinasi 2 Warna

Setiap benda mempunyai warna. Sayangnya tidak semua warna asli benda tersebut terlihat indah. Beberapa jenis benda tampak jelek dan membosankan dengan warna aslinya. Maka dari itu, benda tersebut perlu dicat supaya kelihatan lebih menarik. Tujuan utama mengecat yaitu memberikan warna terhadap benda yang dicat. Kita dapat mewarnai permukaan suatu benda sesuka hati kita menggunakan cat dengan warna yang tepat.

Manfaat lain dari pengecatan yaitu memberikan perlindungan terhadap benda-benda yang dicat dari pengaruh luar. Lapisan cat yang menyelimuti benda tersebut akan melindunginya dari faktor-faktor eksternal yang dapat merusak strukturnya. Sebagai contoh, serangan dari rayap, jamur, kutu, semut, tikus, karat, dan sebagainya. Benda yang sudah dicat ini akan lebih awet dan tidak mudah rusak sehingga usianya mampu bertahan lebih lama.

cara-mengecat-kombinasi-2-warna.jpg

Secara prinsip, proses pengecatan dilakukan dengan mengaplikasikan cat ke permukaan suatu benda. Anda bisa menggunakan kuas atau roller untuk menerapkan cairan cat tersebut. Setiap sisi bidang biasanya hanya dihiasi dengan satu warna cat saja. Namun bila Anda menginginkan hasil yang lebih menarik, Anda bisa mengaplikasikan teknik pengecatan dengan kombinasi dua warna. Anda bisa memakai 2 warna sekaligus untuk menghiasi suatu bidang.

Aplikasikan Cat Dasar

Sebelum benar-benar mengecat dengan warna pilihan Anda, sebaiknya Anda mengaplikasikan cat dasar terlebih dulu. Fungsi cat dasar ini, menjadi landasan bagi cat utama untuk membantu merekat di permukaan dinding sehingga dapat menempel lebih kuat. Selain itu, penerapan cat dasar yang berwarna putih ini juga akan membuat hasil pengecatan mempunyai warna yang tampak lebih jelas. Anda bisa memakai cat dasar sesuai jenis material yang akan dicat. Biarkan cat ini selama 24 jam supaya mengering.

Buatlah Garis Bantuan

Bagi Anda yang belum terlalu mahir dalam menerapkan cat, kami sarankan untuk membuat garis bantu terlebih dahulu. Garis bantu ini ibarat sketsa yang akan membantu Anda dalam membentuk pola menggunakan cat dengan warna yang berbeda-beda. Gambarlah garis bantu ini di permukaan benda yang sudah diberi cat dasar sebelumnya. Anda dapat memakai pensil biasa untuk melukis garis bantuan tersebut. Jangan lupa untuk memberikan keterangan warna yang bakal digunakan menghiasi setiap bidang.

Pasang Selotip Pembatas

Proses pengecatan dengan kombinasi 2 warna atau lebih tak bisa langsung dilakukan sekaligus. Anda harus mengecatnya secara bertahap setiap bidang dengan warna yang sama. Sedangkan bidang yang menggunakan warna yang berbeda bisa dicat keesokan harinya setelah lapisan cat pertama ini sudah mengering. Bidang-bidang yang belum akan dicat tersebut perlu ditutupi memakai selotip terlebih dahulu supaya tidak terkena cat. Pasanglah selotip menutupi bidang ini dengan rapi sesuai garis bantuan yang telah dibuat.

Terapkan Warna Pertama

Anda bisa memulai dengan mengencerkan cat yang akan digunakan mengecat terlebih dahulu. Gunakan air atau thinner untuk mengencerkannya sesuai jenis cat tersebut. Setelah itu, Anda bisa mulai menggunakannya untuk mengecat. Proses pengecatan bisa dilaksanakan memakai kuas atau roller. Ambil cairan cat menggunakan kuas/roller dengan hati-hati. Usahakan jumlah cat yang diambil tidak terlalu banyak dan tidak sampai menetes.

Setelah itu, terapkan cat ini ke permukaan bidang dengan gerakan membentuk huruf M atau W. Jangan bergerak bolak-balik karena akan boros cat. Aplikasikan cat ini membentuk lapisan yang tipis saja. Anda perlu menguaskan cat tersebut hingga sebanyak 2-3 kali lapisan supaya hasilnya lebih maksimal dan warnanya pun terlihat jelas. Setelah itu, biarkan benda tersebut selama 24 jam agar lapisan cat di permukaannya mengering dengan sempurna.

Terapkan Warna Kedua

Keesokan harinya, Anda bisa mengecek hasil pengecatan memakai warna pertama yang telah dilaksanakan kemarin. Jika lapisan cat tersebut sudah mengering dengan sempurna, Anda bisa mengaplikasikan warna cat yang kedua. Lepaskan seluruh selotip yang menutupi bidang yang belum dicat. Setelah itu, gantian bidang yang sudah dicat yang perlu ditutup memakai selotip. Pasanglah selotip pada bidang tersebut dengan rapi agar tidak terkena cat warna kedua.

Sama seperti sebelumnya, Anda perlu mengencerkan cat kedua menggunakan air atau thinner terlebih dahulu sesuai jenis cat tersebut. Perlu diketahui, cat yang baru Anda beli masih terlalu kental sehingga hasilnya tidak akan rapi kalau langsung digunakan. Dengan mengencerkannya, kita bisa membuat lapisan cat yang tipis. Gunakan kuas atau roller untuk mengaplikasikan cat ini. Lakukan pengecatan membentuk 2-3 kali lapisan. Lalu biarkan cat ini minimal selama 24 jam supaya mengering dengan sempurna.