Sipil
May26

Cara Mendempul Kayu yang Benar untuk Anda!

Bagaimana cara mendempul kayu yang benar? Dempul merupakan bahan yang terbuat dari cat air atau kapur dan berfungsi untuk menutupi lubang pada permukaan kayu. Jadi tujuan utama proses pendempulan adalah menambal permukaan kayu yang berlubang, meratakan dan menghaluskan bidang kerja, dan menjadi dasar cat. Proses ini umumnya dilaksanakan setelah pembersihan dan pengamplasan kayu telah selesai.

Proses pendempulan kayu harus dikerjakan dengan metode yang benar agar hasilnya pun memuaskan. Pendempulan yang kurang merata akan mengakibatkan munculnya pori-pori berukuran kecil pada permukaan kayu setelah dilapisi dengan cat. Malahan jika kesalahan yang dilakukan cukup fatal, maka akan terbentuk noda-noda seperti pulau yang susah dihilangkan.

cara-mendempul-kayu.jpg

Nah biar Anda tidak melakukan kesalahan dalam mengaplikasikan dempul kayu, ikuti panduannya dari Arafuru di bawah ini!

Persiapan Awal

Sebelum proses pekerjaan mendempul dimulai, Anda perlu mempersiakannya tempat dan alat kerja terlebih dahulu. Pastikan bidang kerja yang akan diberi bahan dempul sudah benar-benar bersih. Siapkan dempul dengan jumlah yang sesuai kebutuhan. Siapkan pula alat bantu untuk mendempul berupa pisau skrap.

Penerapan Dempul

Oleskan dempul yang telah dicairkan sedikit demi sedikit pada permukaan kayu yang berlubang menggunakan skrap. Lapisan yang dibentuk cukup tipis saja dan terus berlanjut supaya hasilnya kelihatan rapi dan awet. Sesudah dirasakan lubang pada kayu tersebut telah tertutupi dempul, biarkan sejenak hingga dempul mengering.

Penghalusan Kayu

Untuk menghaluskan kayu yang telah didempul, Anda bisa menggosoknya memakai kertas ampelas nomor 200. Usapkan kertas ampelas ini ke kayu terutama pada bidang yang telah dilapisi dengan dempul. Teknik pengamplasan yang benar ialah gerakannya searah dan menetap.

Pendempulan dan Pengamplasan Lanjutan

Apabila setelah diratakan hasil kerja ternyata belum sesuai dengan keinginan, lakukan proses pendempulan lanjutan. Caranya masih sama seperti metode pendempulan tahap pertama di atas. Setelah lapisan dempul sudah kering, Anda bisa mengamplasnya sekali lagi sampai permukaan kayu menjadi rata dan halus. Bidang kayu yang sudah ditambal dan diratakan ini, berikutnya bisa Anda berikan finishing.

Selamat mengerjakan!