Sipil
Jan27

Cara Memperbaiki Acian yang Bergelombang

Bagaimana cara memperbaiki acian yang bergelombang? Cobalah perhatikan sejenak kondisi permukaan dinding di rumah Anda. Adakah salah satu bagian dari permukaan dinding tersebut yang tidak rata alias bergelombang? Salah satu penyebab tidak ratanya permukaan bidang dinding ialah proses pengacian yang kurang rapi.

Lantas bagaimana sih caranya mengatasi dinding bergelombang yang disebabkan oleh proses pengacian yang kurang rapi? Pada prinsipnya, Anda perlu mengelupas lapisan cat dan acian terlebih dahulu kemudian lakukan pengacian sekali lagi. Cuma kali ini harus menggunakan semen yang kualitasnya lebih bagus serta tukang yang memang benar-benar ahli dalam urusan ini. Namun apabila Anda tertarik untuk mengerjakannya sendiri, tidak ada salahnya kok belajar dan mencobanya.

cara-memperbaiki-acian-bergelombang.jpg

Biar lebih mudah, ikuti panduan perbaikan acian dinding yang bergelombang di bawah ini!

  1. Kupas Lapisan Cat di Dinding

Mulailah dengan mengelupas lapisan cat yang telah menghiasi permukaan dinding. Anda bisa menggunakan kape untuk melepaskan lapisan cat tersebut. Kerjakan proses ini sampai seluruh lapisan cat menghilang dan lapisan acian pun terlihat. Proses ini membutuhkan ketekunan Anda agar hasilnya rapi.

  1. Bersihkan Permukaan Dinding

Permukaan dinding perlu dibersihkan terlebih dahulu supaya sisa-sisa lapisan cat menghilang sempurna dari bidang tersebut. Jangan lupa untuk membersihkan juga debu dan kotoran yang menempel di permukaan dinding. Jika dibiarkan, adanya debu dan kotoran ini dapat mengurangi daya rekat yang dimiliki oleh adukan acian. Alhasil, penerapan lapisan acian yang baru pun tidak ada gunanya karena mudah rontok.

  1. Basahi Dinding Memakai Air

Tujuan utama langkah ketiga ini adalah mencegah terjadinya keretakan rambut pada permukaan dinding, khususnya saat dilakukan pengacian ulang. Kondisi basah pada dinding tersebut dapat membantu jalannya proses pengeringan pada lapisan acian baru secara normal. Sehingga hasilnya pun memuaskan. Sebaliknya, proses pengeringan lapisan acian yang terjadi secara tiba-tiba, mendadak, dan terlalu cepat akan mengakibatkan timbulnya keretakan rambut saat sudah kering.

  1. Pengacian Ulang Dinding

Ada banyak bahan yang dapat dipakai untuk mengaci dinding. Anda bisa mengandalkan semen yang dicampur zat aditif untuk menciptakan karakteristik tertentu. Anda pun dapat memakai semen instan atau mortar untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Lakukan proses pengacian sampai tercipta permukaan dinding yang rata. Disarankan memakai roskam yang terbuat dari logam karena mempunyai bentuk yang presisi.

  1. Penerapan Plamir di Dinding

Plamir biasa digunakan sebagai cat dasar. Lapisan ini nantinya berada di antara acian dan cat dinding. Anda bisa membeli produk plamir khusus yang kini sudah banyak dijual di toko bangunan terdekat. Sebagai alternatif lain, Anda juga dapat membuat plamir sendiri dengan mencampurkan milk (sejenis kalsium) dan lem bangunan. Plamir alternatif ini bisa dipakai jikalau Anda kesulitan untuk menemukan produk plamir khusus.

  1. Pengecatan Dinding Kembali

Setelah semua pekerjaan di atas selesai dilakukan artinya Anda telah berhasil memperbaiki permukaan dinding yang bergelombang. Hanya saja masih ada satu langkah lagi yang perlu dikerjakan untuk mengembalikan pesona keindahan dari dinding tersebut. Apalagi kalau bukan mengecat dinding kembali dengan warna yang sesuai keinginan. Gunakan produk cat dinding yang sesuai untuk kebutuhan Anda, apakah untuk interior atau eksterior.